Konami Unjuk 12 Menit Gameplay Metal Gear Solid V

Reading time:
September 20, 2013
mgs v

Ajang Tokyo Game Show 2013 memang menjadi kiblat terbaik untuk melihat perkembangan game terbaru yang tengah ditangani oleh developer-developer Jepang. Walaupun agenda utamanya tidak berbeda dengan event yang lain, termasuk memperkenalkan progress game atau bahkan sebuah judul baru begitu saja, TGS tetap menjadi media terbaik untuk melihat tren yang tengah marak di negeri matahari tersebut. Para developer dan publisher pun tidak lagi menahan diri, termasuk salah satu di antaranya –  Konami. Dengan tangan dingin Hideo Kojima yang berada di belakangnya, Konami akhirnya memperlihatkan 12 menit demo gameplay Metal Gear Solid V.

Diperkuat dengan Fox Engine, Kojima memang sempat mengemukakan keinginan untuk mengubah mekanik yang selama ini melekat kuat dengan MGS di seri kelima ini. Berfokuskan pada dunia yang lebih luas, Kojima akhirnya memperlihatkan inovasi seperti apa yang ia maksud di TGS 2013 ini. Demo gameplay memperlihatkan aksi Snake di episode awal – Ground Zeroes. Membuka ruang yang bebas bagi gamer untuk mencari jalan dan cara untuk mencapai objektif, Snake ternyata memiliki beberapa ekstra kemampuan yang lain. Ada sedikit mekanik yang berubah, dengan kebutuhan bagi Snake untuk mengenali posisi musuh dengan mark, menghilangkan teknologi radar yang selama ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari MGS.

Kojima memperlihatkan 12 menit demo gameplay MGS Vd i TGS 2013. Ada begitu banyak inovasi yang memperlihatkan cita rasa MGS yang berbeda dibandingkan seri sebelumnya.
Kojima memperlihatkan 12 menit demo gameplay MGS Vd i TGS 2013. Ada begitu banyak inovasi yang memperlihatkan cita rasa MGS yang berbeda dibandingkan seri sebelumnya.

Kebebasan untuk bermain secara stealth atau perang frontal juga masih terbuka. Menariknya, Anda kini bisa mengumpulkan informasi dari musuh yang Anda sandera, tidak hanya sekedar melumpuhkannya. Snake juga kini dapat mengendarai beragam kendaraan secara real-time untuk bergerak ke area yang lain. Salah satu yang paling mengejutkan? Seolah jatuh dengan tren game action mainstream saat ini, Snake juga dapat masuk dalam mode bullet-time, melambatkan waktu untuk menghabisi musuh yang mungkin mengetahui keberadaannya. Sementara di sisi kosmetik, Fox Engine memang memperlihatkan kualitas detail yang luar biasa.

Sayangnya, Konami sendiri belum memberikan tanggal rilis resmi, selain kepastian rilis untuk platform Playstation 3, Playstation 4, Xbox 360, dan Xbox One. Bagaimana dengan Anda para penggemar berat franchise MGS? Apakah perubahan “ekstrim” MGS V ini terlihat menjanjikan atau menjadi mimpi buruk tersendiri?

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…