Preview Grand Theft Auto V: Lebih Masif, Lebih Keren!

Reading time:
September 17, 2013
GTA V (7)

Mimpi yang seolah menjadi kenyataan. Setelah berjuang untuk menahan rasa penasaran yang begitu menggebu-gebu untuk menjajal seri teranyar Rockstar – Grand Theft Auto V, akhirnya kesempatan tersebut tiba juga. Ada begitu banyak alasan yang akhirnya mendorong perilaku ini, terutama lewat efektivitas promosi Rockstar yang memang pantas untuk diacungi jempol. Lewat beragam screenshot dan trailer yang mereka rilis, Rockstar berhasil “menjual” GTA  V  lewat beragam inovasi, visualisasi, dan standar gameplay yang seolah diciptakan untuk mendefinisikan kembali sebuah game open-world. Dirilis untuk Playstation 3 dan Xbox 360, bagaimana kesan pertama game yang akan membuat para gamer PC gigit jari ini?

Kesan Pertama

Luar biasa! Tidak ada kata yang lebih tepat untuk menggambarkan kesan pertama yang ditawarkan oleh GTA V selain yang satu ini. Tidak perlu tenggelam lebih jauh, Anda bahkan sudah dapat menangkap sensasi ini dari permukaan, dari sejak awal Anda melihat game ini muncul di layar televisi Anda untuk pertama kalinya. Untuk sebuah game yang dirilis di konsol dengan teknologi tujuh tahun yang lalu, Rockstar berhasil membangun kualitas detail yang pantas untuk diacungi jempol. Anda bisa melihat ekspresi wajah yang lebih kaya, lingkungan laut dan tata cahaya yang memanjakan mata, diperkuat dengan desain karakter dan dunia yang begitu indah. Kami bahkan sempat terpukau dengan beberapa detail kecil yang selama ini mungkin tidak terlihat signifikan. Sebagai contoh? Petir yang menyambar indah ketika badai datang.

Terpesona dengan sisi visual, GTA V bahkan menawarkan lebih banyak pesona di mekanik gameplay yang ada. Inovasi tiga karakter mengalir dengan sangat mulus, memenuhi ekspektasi yang selama ini didengungkan oleh Rockstar. Ia menjadi inovasi yang mengubah bagaimana cara Anda berhadapan dengan setiap skenario dan misi yang ada. Satu yang pasti, dunia yang ditawarkan GTA V memang benar-benar masif. Dunia yang jauh lebih luas tidak hanya menarik di sisi kosmetik, tetapi juga menawarkan begitu banyak aktivitas yang bisa dijajal, dari yang sederhana seperti Yoga atau bersepeda, hingga yang lebih kompleks seperti menyelundupkan senjata lewat jalur udara atau bahkan terjun payung. Semua ini bisa Anda lakukan di Grand Theft Auto V.

Satu kesan yang menarik adalah fakta bahwa Anda kini diposisikan sebagai penjahat veteran, berbeda dengan karakter di GTA seri lalu yang menceritakan usaha Anda untuk bergerak dari bagian dasar dunia kriminal.  Karena hal inilah, Rockstar memungkinkan masuknya aktivitas kriminal dalam skala yang lebih besar. Lupakan tentang usaha mencuri kendaraan atau mendapatkan bayaran dari kekuatan kriminal yang lebih besar. Beberapa misi akan menuntut Anda untuk merencakan perampokan atau bahkan invasi ke basis militer untuk mendapatkan sesuatu. Anda harus merekrut kru, menyiapkan setiap sumber daya, bahkan memilih gaya penyergapan yang Anda inginkan. Sebuah fitur baru yang kian memperkuat identitas GTA V sendiri.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review ini secara menyeluruh, apalagi mengingat waktu gameplay yang tampaknya akan sangat menyita perhatian, izinkan kami untuk meluncurkan screenshot fresh from oven ini untuk membantu Anda mendapatkan sedikit gambaran. One thing for sure, you gonna freaking love Trevor – the most badass GTA character we’ve ever seen..

GTA V (35) GTA V (79) GTA V (86) GTA V (93) GTA V (162) GTA V (179) GTA V (206) GTA V (237) GTA V (239) GTA V (242) GTA V (258) GTA V (259)
Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…