Review Grand Theft Auto Online: Ambisius, Potensial, Kurang Optimal!

Reading time:
October 23, 2013
GTA Online (3)

Sebuah mimpi menjadi kenyataan, itulah kalimat yang kami pilih untuk menggambarkan kesan pertama yang ditawarkan oleh proyek ambisius terbaru Rockstar – GTA V. Sebagian besar gamer yang sempat mencicipi salah satu seri GTA tentu saja mengharapkan satu hal, menikmati pengalaman ini bersama dengan jutaan gamer lainnya di seluruh dunia. Dukungan multiplayer yang mumpuni memang menjadi salah satu hal yang paling diinginkan, apalagi dengan skema open-world dan beragam aktivitas yang bisa dilakukan di genre open-world seperti ini. Memenuhi keinginan tersebut, Rockstar akhirnya mengintegrasikan sebuah kejutan di GTA V – sebuah mode multiplayer terpisah yang dinamakan “GTA Online”.

Sayangnya, antusipasi tinggi dari banyak gamer menjadi bumerang yang mematikan bagi Rockstar. Seperti yang sempat mereka prediksi, peluncuran awal GTA Online memang bukan sesuatu yang bisa dibanggakan. Jutaan gamer yang berusaha masuk meluluhlantakkan server Rockstar, menihilkan kesempatan untuk mencicipi game ini secepat mungkin sejak rilis. Penambahan server dan serangkaian patch dirilis untuk mengorganisasi antrian masuk sekaligus menjamin gameplay yang jauh lebih stabil. Setelah rilis patch 1.03, JagatPlay akhirnya berhasil mendapatkan sedikit gambaran akan dunia GTA Online ini.

Lantas apa yang sebenarnya ia tawarkan? Mengapa kami menyebutnya sebagai proyek ambisius potensial yang sayangnya, belum optimal? Review ini akan mengupasnya lebih dalam.

Selamat Datang di GTA Online!

Welcome to Los Santos!
Welcome to Los Santos!

Sebagai sebuah proyek yang dikembangkan sebagai satu kesatuan, GTA Online tetap mengakar pada jalinan cerita yang mengalir di mode single player GTA V. Hadir sebagai pendatang baru di Los Santos, Anda akan bertemu dengan begitu banyak karakter yang sempat Anda temukan di mode single player. Hal yang tidak aneh, mengingat GTA Online diposisikan pada timeline sebelum GTA V yang memuat kisah tiga karakter utama – Michael, Trevor, dan Franklin. Karakter yang Anda gunakan akan diposisikan sebagai pendatang baru di Los Santos, seorang kriminal kelas bawah yang ditemukan Lamar dan terus menemukan jalan untuk menempuh posisi yang lebih signifikan di dunia kriminal Los Santos.

Anda tidak diberikan kebebasan untuk mengatur setiap fitur wajah yang ada seperti yang Anda inginkan.
Anda tidak diberikan kebebasan untuk mengatur setiap fitur wajah yang ada seperti yang Anda inginkan. Sistem keturunan dan gaya rambut cukup bisa membuat perbedaan yang kentara.
Proyek selanjutnya adalah menghiasi diri Anda sendiri dengan pakaian dan aksesoris untuk menciptakan karakteristik Anda sendiri. Tidak hanya karakter, Anda juga melakukan hal yang sama dengan kendaraan Anda.
Proyek selanjutnya adalah menghiasi diri Anda sendiri dengan pakaian dan aksesoris untuk menciptakan karakteristik Anda sendiri. Tidak hanya karakter, Anda juga melakukan hal yang sama dengan kendaraan Anda.

 

Seperti kebanyakan game online, Anda berkesempatan untuk menciptakan karakter unik Anda sendiri. Namun tidak sebebas untuk memodifikasi setiap fitur muka yang Anda inginkan, Anda hanya diminta untuk memilih garis keturunan yang diinginkan, sehingga opsi yang ditelurkan masih terbatas. Beragam aksesoris dan pakaian yang bisa Anda kenakan untuk menghasilkan karakteristik unik juga baru akan muncul setelah Anda terlibat jauh di dunia yang satu ini. Seiring dengan progress permainan, opsi modifikasi visual ini akan terbuka semakin lebar.

Melewati proses sederhana ini, maka Anda berkesempatan untuk mulai masuk ke dalam sebuah Los Santos yang berbeda.

Berjuang Menjadi yang Terbaik di Los Santos!

Tidak lagi sendiri, Anda kini akan menjelajahi Los Santos bersama dengan 15 player lainnya.
Tidak lagi sendiri, Anda kini akan menjelajahi Los Santos bersama dengan 15 player lainnya.

Selamat datang di GTA Online, dimana Anda kini tidak akan lagi mengarungi luasnya Los Santos sendiri. Mengadaptasikan sebuah konsep MMO di dalamnya, Anda kini harus hidup bersama dengan player GTA V lainnya. Namun jangan bermimpi Anda akan bertemu dengan ratusan pemain dalam satu server layaknya sebuah game MMORPG, Rockstar sudah melimitasi hanya 16 pemain untuk setiap dunia yang Anda masuki. Namun seperti yang dijanjikan, Anda bisa bertemu dengan setiap pemain ini ketika sedang melakukan free-roam di Los Santos. Posisi dan pergerakan dari setiap player ini terlihat jelas di map lewat indikator bulat berwarna putih yang cukup jelas. Selanjutnya, terserah cara Anda untuk memulai interaksi dengan setiap dari mereka.

“Everyone is Trevor”, kalimat inilah yang sering dilontarkan oleh para pemain GTA Online ketika fitur baru ini dirilis awal Oktober silam. Kesempatan untuk menjelajahi Los Santos telah melahirkan “monster-monster” baru, yang entah memang mencari kesenangan di atas penderitaan orang lain atau sekedar memenuhi rasa penasaran dengan membunuh setiap player yang mereka temui. Namun seiring dengan stabilnya server dan komunitas yang tumbuh lebih masif, generasi player yang lebih kooperatif mulai lahir. Player yang lebih kondusif akhirnya menjamin alur permainan yang lebih bebas, setidaknya untuk memastikan Anda memiliki opsi untuk berinteraksi dengan lebih sehat.

Anda bisa memantau pergerakan setiap player lewat map yang ada. Sebuah indikator bulat berwarna putih yang bergerak secara real-time memperlihatkan posisi tersebut.
Anda bisa memantau pergerakan setiap player lewat map yang ada. Sebuah indikator bulat berwarna putih yang bergerak secara real-time memperlihatkan posisi tersebut.
Jangan berharap semua pemain ini akan tampil
Jangan berharap semua pemain ini akan tampil “bersahabat”. Walaupun sudah lebih kondusif dibandingkan awal rilis, masih banyak pemain yang tidak akan segan membunuh Anda karena iseng belaka. Banyak yang tertarik untuk menampilkan kepribadian tak ubahnya Trevor.
Kami sendiri menempuh kebijakan
Kami sendiri menempuh kebijakan “Swiss”, netral. Tidak akan mengganggu, sebelum diganggu. Fist on fist fight, c’mon bring it on!

Ini tentu saja memberikan kesempatan Anda untuk menjelajahi tiga opsi gaya bermain, ketika terlibat bersama 15 player lainnya: kooperatif, kompetitif, atau masa bodoh. Anda bisa memuaskan rasa penasaran Anda dan memburu setiap player yang lain di dalam peta, untuk sekedar kesenangan atau merebut uang yang mereka miliki. Namun bersiaplah, karena mereka tentu tidak akan diam saja dibunuh. Atau Anda bisa berjalan lebih kompetitif, bergerak bersama dan membantu mereka menempuh beragam misi yang ingin Anda atau mereka selesaikan. Atau pilihan yang jauh lebih baik, masa bodoh. Anda bisa sibuk sendiri menyelesaikan setiap misi yang Anda inginkan dan hanya bereaksi ketika player lain mulai memancing aksi Anda.

Namun GTA Online bukanlah sekedar soal berpetualang di Los Santos bersama dengan player yang lain. Ada segudang misi menanti Anda, sebagai salah satu gerbang terbaik untuk mendulang lebih banyak uang dan tentu saja – experience. Ada empat jenis misi yang bisa Anda lakukan di sini: Story yang melibatkan karakter-karakter familiar dari GTA V, aktivitas bersama dengan player lain, kompetitif, dan berbagai side-mission kooperatif. Masing-masing menawarkan pesona uniknya sendiri, terutama ketika Anda terlibat dengan misi side-mission besar dan kompetitif. Siapa yang bisa menolak adrenalin yang ada ketika Anda terlibat baku tembak seru dengan player yang lain atau menyelesaikan sebuah misi bersama dengan player yang lain.

Ada segudang misi kooperatif dan kompetitif yang bisa Anda akses di GTA Online ini.
Ada segudang misi kooperatif dan kompetitif yang bisa Anda akses di GTA Online ini.
Dari yang mematikan sekelas Team Deathmatch, atau sekedar melakukan aktivitas yang kini berubah menjadi ajang
Dari yang mematikan sekelas Team Deathmatch, atau sekedar melakukan aktivitas yang kini berubah menjadi ajang “balap”.
Ada alasan ekstra untuk menempuh gameplay kooperatif bersama gamer lain. Salah satunya? Karena tingkat kesulitan AI yang cukup untuk membunuh Anda dalam hitungan detik.
Ada alasan ekstra untuk menempuh gameplay kooperatif bersama gamer lain. Salah satunya? Karena tingkat kesulitan AI yang cukup untuk membunuh Anda dalam hitungan detik.

Tingkat kesulitan yang lebih tinggi, ini mungkin kesan pertama yang Anda dapatkan ketika menempuh beragam misi Story atau side-mission kooperatif yang ada. Musuh yang lebih baik secara kualitas dan kuantitas akan menghadirkan tantangan yang boleh terbilang sulit untuk ditaklukkan jika Anda memaksakan diri sebagai solo player. Hal inilah yang akan mendorong Anda untuk bersikap lebih baik di mode penjelajahan bebas, setidaknya untuk memastikan Anda dapat mengajak player lain untuk menempuh misi yang sama dan membantu Anda. Semakin sulit, semakin besar pula imbalan uang dan experience yang Anda dapatkan. Beberapa misi besar bahkan membutuhkan kesabaran. Anda tidak bisa menyelesaikan misi-misi ini dengan gaya permainan ala GTA V begitu saja.

Selain misi-misi besar kooperatif ini, Anda juga bisa bertarung dengan user yang lain di beragam mode kompetitif yang tersedia. Anda bisa terlibat dalam beragam aktivitas yang kini dijadikan kompetisi, seperti racing untuk mencari seperti yang tercepat, atau terjun payung untuk mengukur waktu dan efektivitas Anda jatuh bebas. Berbeda dengan sensasi single player, Rockstar memungkinkan user untuk bermain “kasar” demi kemenangan. Sabotase jalur atau berusaha menjatuhkan player akan menghasilkan keuntungan tertentu dalam lomba. Bagian terbaiknya? Mode Team Deathmatch yang memecahkan Anda ke dalam dua kubu yang saling membunuh. Walaupun efek auto-aim masih aktif di sini, Anda bisa bergerak secara stealth atau bekerja sama erat untuk tetap memenangkan pertempuran ini.

Untungnya, Rockstar juga menyematkan sistem yang memungkinkan Anda untuk melompat ke misi multiplayer ini secara instan. Tidak perlu lagi mengemudikan mobil Anda melintasi Los Santos, Anda tinggal menekan tombol menu dan menuju ke opsi Online, tidak hanya untuk melihat job apa yang tersedia dan bergabung secara langsung, tetapi juga melihat siapa saja yang tengah bergabung di server yang sama. Atau jika Anda tidak ingin repot, tinggal mengeluarkan smartphone dan mengakses menu kecil untuk segera tergabung. Proses selanjutnya? Kembali menunggu dan menunggu, hingga beberapa orang tertarik dan bergabung dengan game Anda ini. Proses yang terhitung menyebalkan memang, seolah mengaburkan ilusi bahwa Anda tengah melewati semua misi ini di Los Santos. Seolah Anda diteleportasi secara instan ke belahan dunia yang lain untuk menempuh setiap misi yang satu ini.

Lewat smartphone, Anda juga bisa bergabung dengan beragam misi yang ada secara instan. Tanpa perlu bergerak melewati Los Santos terlebih dahulu.
Lewat smartphone, Anda juga bisa bergabung dengan beragam misi yang ada secara instan. Tanpa perlu bergerak melewati Los Santos terlebih dahulu.
Proses penantian yang lama mengaburkan ilusi GTA Online sendiri. Seolah Anda diteleportasi menuju dunia yang berbeda untuk mengakses misi-misi ini.
Proses penantian yang lama mengaburkan ilusi GTA Online sendiri. Seolah Anda diteleportasi menuju dunia yang berbeda untuk mengakses misi-misi ini.

Mengapa menjalani misi? Karena ini akan menjadi cara terbaik bagi Anda untuk mengumpulkan experience dan uang, karena pada dasarnya, ini  akan akan menjadi elemen krusial untuk memperkuat karakter Anda. Semakin tinggi level karakter, semakin terbuka pula opsi beragam modifikasi yang bisa dibeli di Los Santos, khususnya senjata. Menyelesaikan misi-misi utama juga membuka lebih banyak ruang untuk aksesoris mobil dan tentu saja pakaian untuk para karakter. Uang adalah media untuk mengakses semua hal ini. Persenjataan dan pertahanan yang kuat, dan beragam mobil yang keren tidak hanya menjadi ajang pamer, tetapi juga melindungi Anda dari potensi kegagalan misi, dan tentu saja – player yang lain. Membeli apartemen sebagai tempat hangout bersama? Amazing!

Tidak tertarik dengan misi yang ada? Rob all the store!
Tidak tertarik dengan misi yang ada? Rob all the store!

Sayangnya, variasi misi yang ditawarkan memang tidak terlalu banyak dan sangat bergantung pada misi yang tengah dihadapi oleh player yang lain, jika Anda memang ingin mencicipi level misi yang lebih tinggi. Namun selalu ada cara lain untuk mendapatkan sedikit ekstra uang. Anda bisa merampok beragam toko kecil yang tersebar di Los Santos bergiliran untuk mendapatkan hal ini, atau menyelesaikan beberapa misi kecil. Melakukan ini berulang kali tanpa hambatan, Anda setidaknya sudah dapat mengakses senjata yang cukup kuat untuk menempuh misi yang lebih besar.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…