Review Ratchet & Clank – Into the Nexus: Pesona Klasik!

Reading time:
November 27, 2013
Ratchet & Clank - Into the Nexus (20)

Terlepas dari semua kesuksesan yang berhasil diraih oleh Playstation 2 di masa keemasannya, platform ini masih memiliki celah yang cukup disayangkan. Benar sekali, kita tengah membicarakan kosongnya sebuah maskot yang mampu merepresentasikan kualitas Playstation 2 sebagai platform. Di era Playstation pertama, tugas ini berhasil diemban dengan sangat baik oleh Crash Bandicoot, yang menjadikannya sebagai salah satu karakter paling ikonik di industri game. Tidak heran jika banyak developer yang berjuang untuk mengisi kekosongan ini. Hasilnya? Lebih banyak game platformer menyenangkan dengan desain karakter yang luar biasa bertebaran di era Playstation 2. Salah satu yang terbaik? Tentu saja, Ratchet & Clank!

Game action platformer dari Insomiac Games ini memang menawarkan pesona yang sulit ditolak. Mekanik permainan yang menyenangkan, adiktif, dengan dukungan karakter yang kuat, serta humor-humor ringan yang bertebaran di sepanjang permainan, Ratchet & Clank selalu menyediakan pengalaman bermain yang luar biasa. Sayangnya, seiring dengan progress franchise ini sendiri, ada begitu banyak inovasi yang ternyata membuatnya kini melenceng dari pesona utama ini. Terus membenahi diri, Insomniac akhirnya  berusaha menebus kekecewaan tersebut dengan seri game baru untuk Playstation 3 – Ratchet & Clank: Into the Nexus. Hasilnya? Anda yang sempat merindukan sensasi klasiknya akan dengan mudah mencintai game yang satu ini. Sementara buat Anda yang belum pernah merasakannya? It’s even better..

Lantas apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ratchet & Clank: Into the Nexus ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah seri dengan pesona klasik?

Plot

Anda tentu akan berperan sebagai dua serangkai - Ratchet and Clank di petualangan yang baru ini.
Anda tentu akan berperan sebagai dua serangkai – Ratchet and Clank di petualangan yang baru ini.

Tentu saja , seperti nama yang mereka usung, Ratchet & Clank adalah dua karakter utama di Into the Nexus ini. Perjalanan mereka kini berada dalam skala yang jauh lebih masif, dan tentu saja berkisar pada usaha untuk menyelamatkan semesta dari beragam ancaman yang mematikan.

Pihak berwenang akhirnya berhasil menangkap – Vendra Prog, seorang penjahat wanita yang sempat mendapat julukan sebagai “penyihir” karena kehebatan dan kemampuannya sendiri. Setelah aksinya menyerang Pollyx Industries dan menculik sang CEO gagal, Vendra akhirnya divonis untuk  menjalani hukuman seumur hidup di Vartax Detention Center. Dan seperti biasa, Ratchet & Clank lah yang ditunjuk sebagai pihak yang akan mengawal Vendra menuju ke tempat “peristirahatannya” ini. Namun siapa yang menyangka, perjalanan ini ternyata berujung pada mimpi buruk yang lain.

Misi sederhana untuk sekear mengirimkan Vendra ke Vartax Detention Center ternyata tidak berjalan semulus yang dibayangkan.
Misi sederhana untuk sekear mengirimkan Vendra ke Vartax Detention Center ternyata tidak berjalan semulus yang dibayangkan.
Vendra berhasil melarikan diri dengan bantuan sang saudara kembar - Neftlis.
Vendra berhasil melarikan diri dengan bantuan sang saudara kembar – Neftin.
Usaha untuk menangkap kembali Vendra dan Neftin kini menjadi prioritas utama. Ratchet pun harus mengunjungi beberapa dunia untuk menempuh misi ini.
Usaha untuk menangkap kembali Vendra dan Neftin kini menjadi prioritas utama. Ratchet pun harus mengunjungi beberapa dunia untuk menempuh misi ini.

Kapal yang dinaiki oleh Ratchet & Clank secara tiba-tiba diserang oleh Neftin Prog – saudara kembar dari Vendra Prog yang ternyata tidak kalah jahat. Ratchet pun kini memiliki misi baru. Dengan kapal utama yang sudah hancur, Ratchet kini harus menangkap kembali Vendro dan berhadapan dengan Neftin. Perjalanan ini sendiri tidak akan mudah. Selain dilindungi oleh kelompok prajurit bayaran – Thugs4Less, Ratchet juga harus bertarung melawan sejumlah makhluk yang menyeberang dari dimensi lain. Makhluk-makhluk ganas yang disebut sebagai Nethers.

Apa yang sebenarnya direncanakan oleh Prog bersaudara ini?
Apa yang sebenarnya direncanakan oleh Prog bersaudara ini?

Lantas apa yang sebenarnya direncanakan oleh Vendra dan Neftin Prog? Mampukah Ratchet & Clank menangkap mereka kembali dan menggagalkan rencana jahat keduanya? Jawaban dari pertanyaan ini tentu saja bisa Anda dapatkan dengan dengan memainkan Ratchet & Clank: Into the Nexus ini!

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…