Developer Bioshock: Jangan Pernah Sensor Kekerasan dalam Game!

Reading time:
December 5, 2013
Bioshock Infinite - PART 2 (62)

Video game memang menelurkan begitu banyak kontroversi selama menjalankan perannya sebagai  salah satu media hiburan mainstream di masa modern ini. Ada begitu banyak hal yang ternyata menarik perhatian mereka yang awam terhadap industri ini, dengan berfokus pada hal-hal negatif yang bisa ia hasilkan. Tidak jarang, tuduhan bahwa ia adalah sumber dari gaya hidup anti-sosial bahkan tindak kriminal dilontarkan. Alasannya? Karena video game selalu menjadikan kekerasan sebagai bagian daya tarik yang tidak terpisahkan. Namun bertolak belakang dari apa yang dipersepsi orang awam ini, sang otak jenius di balik franchise Bioshock – Ken Levine justru menyatakan bahwa para developer dan publisher seharusnya tidak menahan diri mengeksploitasi konten kekerasan ini.

Dalam wawancaranya dengan Boston Magazine, Ken Levine menyatakan bahwa video game harus dengan gamblang memperlihatkan efek dan konsekuensi dari sebuah tindak kekerasan, sekejam dan sebrutal apapun itu. Melihat video game sebagai sebuah seni, ia harus berani menawarkan sesuatu yang tidak berani dieskpos oleh media mainstream yang lain. Menjadi tanggung jawab video game untuk memperlihatkan secara nyata apa yang akan terjadi jika seseorang ditembak senapan api, karena efeknya tidak akan dapat dideskripsikan dengan hanya kata-kata. Ini soal memicu emosi para gamer hingga level yang terdalam.

Ken Levine menyatakan bahwa industri game seharusnya terus memperlihatkan konten kekerasan secara eksplisit, untuk memperlihatkan efek nyata yang bisa terjadi.
Ken Levine menyatakan bahwa industri game seharusnya terus memperlihatkan konten kekerasan secara eksplisit, untuk memperlihatkan efek nyata yang bisa terjadi.

Brutalitas memang menjadi bagian yang tidak pernah bisa terpisahkan dari industri game. Kematian, darah, mutilasi, hingga lebih banyak adegan yang jauh lebih mengerikan justru menjadi sesuatu yang “diidolakan” oleh banyak gamer. Apakah ini membuat kita semua menjadi seorang psikopat yang dengan mudah membunuh siapapun yang kita temui? Tentu tidak. Apa yang dikatakan Levine mungkin bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi dengan kita sendiri. Bisa jadi, semua efek visual yang kita temui di video game justru menahan kita melakukannya di dunia nyata. Mengapa? Karena kita tahu seperti efek yang akan kita hasilkan.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah Anda setuju dengan apa yang disampaikan oleh Levine ini? Atau Anda justru termasuk gamer yang berharap agar industri ini lebih menekan konten kekerasan yang ditawarkan?

Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…