10 Skenario Kolaborasi Franchise Game Impian!

Reading time:
January 20, 2014
kolaborasi-feat-image

Ketidaksempurnaan menjadi sesuatu yang mutlak terjadi, dan menjadi sesuatu yang hampir tidak masuk akal jika kita harus sebuah kesempurnaan dari apapun yang tengah dikerjakan oleh manusia. Kalimat yang satu ini tampaknya juga sangat mencerminkan industri game sendiri, sebagai salah satu ujung tombak industri hiburan saat ini. Dengan puluhan genre, developer, dan ratusan franchise game yang berhasil mereka telurkan, memang bukan perkara mudah untuk menemukan sebuah game yang benar-benar mampu memenuhi ekspektasi gamer yang ada. Perbedaan selera dan proses pengembangan yang super kompleks membuat banyak developer harus memilih satu di antara elemen yang lain sebagai fokus. Hasilnya? Tidak sedikit yang justru melenceng dari harapan yang ada.

Hampir sebagian besar gamer tentu pernah berimajinasi akan skenario seperti apa yang akan terjadi, jika dua nama besar di industri game akhirnya memutuskan untuk menjalin kerjasama erat dan melahirkan sebuah produk bersama. Proses crossover lah yang kemudian menjadi jawabannya. Menggabungkan dua franchise yang berbeda ke dalam satu permainan, kita tidak hanya sekedar membicarakan sekedar kombinasi karakter atau dunia, tetapi juga usaha untuk menyempurnakan mekanik permainan yang ditawarkan. Crossover menjadi salah satu jembatan terbaik untuk menawarkan pengalaman gaming yang lebih unik dan inovatif, sekaligus menutupi kekurangan dari masing-masing franchise. Saling melengkapi, tentunya.

Dari semua potensi crossover yang mungkin saja terjadi di industri game, inilah 10 skenario impian versi kami – JagatPlay. Apa saja?

10. Skyrim X Final Fantasy

lightning skyrim

JRPG dan WRPG memang menawarkan pengalaman RPG dengan daya tarik yang jauh berbeda satu sama lain. JRPG seringkali hadir dengan cerita fantasi dengan bumbu desain karakter dan dunia yang indah, sekaligus sistem pertarungan dan plot yang tertutup. Sementara WRPG menawarkan kebebasan aksi, eksplorasi, bahkan menentukan cerita yang diinginkan, namun di sisi yang lain, sebuah dunia medieval “kelam” yang tidak terlalu memanjakan mata. Oleh karena itu, menjadi sebuah impian tersendiri untuk melihat kedua genre ini berkolaborasi. Bayangkan sebuah game Final Fantasy dengan visualisasi identik Final Fantasy yang mengadaptasikan elemen kebebasan Skyrim di dalamnya. Tidak hanya sekedar mengikuti garis lurus cerita yang ada, Anda punya kebebasan untuk menjelajahi seluruh dunia yang ada, berhadapan dengan segudang sub-quest, loot item dan dungeon yang muncul secara acak, dan kesempatan kustomisasi Job yang hampir mutlak. Imagine..

9. Mortal Kombat x Street Fighter

street fighter x mortal kombat

Ini tentu menjadi salah satu proyek impian sebagian besar penggemar genre fighting di seluruh dunia. Dua buah franchise game fighting raksasa yang selama ini sudah membantu mendefinisikan genre ini sendiri berkolaborasi dalam satu dunia yang menarik. Bayangkan sebuah game fighting yang mempertemukan si ikon brutal – Mortal Kombat dan si raksasa – Street Fighter dalam satu dunia yang sama. Gameplay ditawarkan dalam gaya 2.5D yang diusung oleh Street Fighter IV dengan gaya tombol eksekusi yang sama, tetapi kali ini, dengan tingkat brutalitas yang setara dengan Mortal Kombat, termasuk Fatality di dalamnya. Pakaian Chun-Li yang hancur karena serangan Kitana, atau Scorpion yang harus menelan mentah-mentah Shoryuken dari Ken, atau Shiku Hadouken dari Ryu yang menghancurkan tubuh Baraka hingga berkeping-keping dengan penuh potongan darah dan tubuh ke seluruh bagian level. Salah satu crossover yang paling kami inginkan.

8. The Walking Dead X Mass Effect

Mass Effect 3 (90)

Telltale Games saat ini memang menjadi salah satu developer papan atas yang tengah menangani segudang proyek papan atas. Berhasil mencuri hati gamer lewat adaptasi The Walking Dead yang luar biasa, Telltale saat ini juga mengembangkan sebuah seri spin-off Borderlands dan Game of Thrones. Namun dari semua proyek ini, kami masih memimpikan bahwa proses interactive story yang serupa juga akan terjadi dengan franchise andalan Bioware – Mass Effect. Mengapa? Karena potensinya yang luar biasa. Dengan semesta yang luas, segudang ras, konflik, romansa, hingga berbagai keputusan yang harus Anda ambil selama trilogi Mass Effect, daya tarik game action RPG yang satu ini memang “haus” akan sentuhan Telltale. Menjadikan cerita sebagai nilai jual utama, game ini hanya akan menuntut Anda untuk melewati serangkaian proses pilihan yang akan menentukan nasib masa depan semesta di depan mata. Pilihan-pilihan sulit dan menggelitik moral, menentukan siapa yang hidup dan siapa yang mati, atau planet mana yang harus diselamatkan. Tidak hanya sekedar bertempur melawan The Reaper.

7. Shadow of Colossus X God of War

cronos

Hampir sebagian besar gamer yang sempat mencicipi Shadow of Colossus di era Playstation 2 sudah pasti akan jatuh hati padanya. Tidak seperti game lain yang bertele-tele, seperti nama yang ia usung, Shadow of Colossus akan meminta Anda untuk membasmi setiap Colossus yang ada, tidak hanya dengan otot, tetapi juga otak. Bayangkan jika konsep seperti ini juga disuntikkan di God of War. Cerita hanya sebagai pemanis dan QTE dinihilkan sama sekali. Yang harus dilakukan Kratos saat ini hanyalah mencari para Dewa dan Titan dalam sebuah skema open-world yang luas, berhadapan satu lawan satu, dan mencari cara untuk menumbangkan setiap dari mereka. Bayangkan Gaia berada di depan mata Anda, dengan kaki yang tak ubahnya sebuah gunung yang menjulang tinggi. Bermodalkan Blade of Chaos yang juga berfungsi sebagai alat pemanjat, Anda harus mencari cara untuk membunuh Gaia ini, tanpa clue, tanpa QTE. Imagine the epicness..

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…