Steam Machine versi Alienware Akan Dirilis Setiap Tahun!

Reading time:
January 22, 2014
steam machine

Steam Machine memang terlihat sebagai sebuah platform yang menjanjikan. Kemampuan Valve selama sepak terjang perangkat lunaknya di masa lalu dan saat ini, seolah menjadi jaminan bahwa ekosistem baru yang akan dibangun dari tiga pilar bersama SteamOS dan Steam Controller ini akan tampil revolusioner. Mendefinisikan ulang PC sebagai sebuah platform gaming, konsep ini bahkan sudah berhasil menarik lebih dari 14 produsen besar untuk ikut bergabung di dalamnya. Keputusan Valve untuk membuka pasar Steam Machine memang membuatnya berbeda dibandingkan konsol, apalagi dengan sejumlah varian spesifikasi dan tingkat harga yang diusung. Salah satu versi yang menarik untuk diantisipasi? Tentu saja – Alienware.

Tampil sebagai salah satu Steam Machine terpopuler dan paling misterius di ajang CES 2014 yang lalu, Alienware memang belum membagikan informasi yang lebih dalam selain waktu rilis yang direncanakan akan meluncur September 2014 ini. Namun hal baru yang disampaikan oleh sang General Manager – Frank Azor dalam wawancaranya dengan TrustedRevies, mungkin akan membuat Anda bertanya-tanya tentang apa sebenarnya yang menjadi keunggulan Steam Machine. Apa pasal? Terlepas dari keterbukaan yang menjadi salah satu misi Valve, Alienware justru akan mendorong Steam Machine mereka ke cita rasa konsol.

Alienware mengkonfirmasikan bahwa produk Steam Machine mereka akan sangat tertutup. User tidak akan diperkenankan untuk mengubah komponen apapun. Satu-satunya cara untuk mendapatkan perangkat yang lebih keras adalah membeli Steam Machine Alienware baru yang rencananya akan dirilis setiap tahun.
Alienware mengkonfirmasikan bahwa produk Steam Machine mereka akan sangat tertutup. User tidak akan diperkenankan untuk mengubah komponen apapun. Satu-satunya cara untuk mendapatkan perangkat yang lebih keras adalah membeli Steam Machine Alienware baru yang rencananya akan dirilis setiap tahun.

Azor mengkonfirmasikan bahwa seperti konsol yang dihasilkan Sony dan Microsoft, Steam Machine dari Alienware akan bersifat sangat tertutup. Tidak seperti PC, Steam Machine Alienware ini tidak akan memungkinkan proses modifikasi sama sekali, yang berarti Anda tidak diperkenankan untuk mengubah komponen apapun di dalamnya. Parahnya lagi? Alienware berambisi untuk meluncurkan satu produk Steam Machine terbaru setiap tahun, untuk mengikuti perkembangan game itu sendiri. Jadi untuk bisa memainkan game-game baru secara optimal, gamer harus membeli sistem baru setiap tahun. Azor juga menegaskan, jika proses modifikasi yang dicari oleh gamer, mereka punya alternatif lain – Alienware X51 untuk itu.

Sebagai salah satu gamer yang percaya dengan “masa depan” Steam Machine yang dirancang oleh Valve, apa yang dilakukan oleh Alienware ini tentu saja mencederai harapan bahwa platform ini akan tampil revolusioner. Ini justru terlihat sebagai upaya untuk mengubah “PC” menjadi semacam perangkat sekelas iPhone atau iPad yang dirilis hampir setiap tahun, tanpa kesempatan modifikasi, tertutup, dan terus menuntut Anda membeli perangkat baru untuk mengikuti perkembangan perangkat lunak yang ada. Belum dipastikan apakah produsen Steam Machine yang lain juga mengambil kebijakan yang sama atau tidak.

Now, i’m sad.. so very very sad.. 

Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…