Preview Knack: Penerus Crash Bandicoot untuk Playstation 4?
Apa yang paling Anda harapkan dari sebuah game rilis perdana next-gen? Sebagian besar gamer tentu akan menunjuk game-game yang memang didesain untuk memperlihatkan kemampuan sang platform dan tentu saja potensi visual yang bisa mereka di masa depan, seperti yang yang dilakukan Killzone: Shadow Fall untuk Playstation 4. Terlepas dari mekanik gameplay yang memang terhitung standar, Killzone berhasil menjalankan tugas tersebut dengan sangat baik. Namun siapa yang menyangka, salah satu produk yang ditawarkan Sony sebagai rilis eksklusif awal Playstation 4 justru tidak menjadikan hal tersebut sebagai fokus. Dari tangan SCE Jepang, sebuah game action platformer teranyar bernama – Knack diperkenalkan.
Kesan pertama
Dengan desain yang terlihat begitu kartun, banyak gamer yang percaya ia akan menjadi maskot terbaru Playstation 4, menggantikan posisi Crash Bandicoot dan Little Big Planet di masa lalu. Walaupun kualitas visual-nya tidak mengejar level realisme seperti Killzone: Shadow Fall, namun Anda bisa melihat kualitas grafis, terutama dari efek tata cahaya, particle, dan detail karakter yang membuatnya cukup pantas untuk disebut sebagai proyek next-gen. Memilih gaya visual seperti halnya film-film animasi tiga dimensi dari Pixar dan sejenisnya, Knack memang terlihat sebagai sebuah proyek yang ditujukan bagi anak-anak sebagai pasar utama. Namun benarkah demikian? Begitu Anda menjajalnya, Anda bisa menyimpulkan, bahwa game ini sama sekali tidak menawarkan cita rasa Crash Bandicoot di dalamnya.
Alih-alih disebut sebagai game action platformer, Knack lebih pantas disebut sebagai sebuah game action hack and slash sekelas God of War. Makhluk unik yang mampu menyerap relic, membuat ukuran dan kekuatannya semkain besar ini, memang akan dihadapkan pada situasi yang mengharuskannya menghancurkan setiap halangan yang ada sebelum bisa bergerak ke area selanjutnya. Menariknya lagi? Jangan pernah tertipu dengan tampilannya yang terlihat remeh-temeh, karena Knack memberikan kesan pertama yang cukup kuat bahwa ia bukanlah game yang didesain untuk pasar anak-anak. Mengapa? Karena tingkat kesulitan yang ia tawarkan bahkan akan cukup untuk membuat Anda frustrasi, terutama di level-level awal permainan. Tidak bisa sekedar beraksi membabi-buta, Knack membutuhkan strategi bertahan dan menyerang yang tepat. Lalai sedikit? Dengan hanya satu atau dua pukulan, Anda akan hancur berkeping-keping.
Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review yang lebih mendalam tentang Knack, izinkan kami menyediakan segudang screenshot fresh from oven untuk membantu Anda mendapatkan sedikit gambaran apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Knack yang satu ini. Sebuah maskot baru untuk Playstation 4? Sejauh mata memandang,masih terlalu awal untuk menyimpulkan bahwa eksistensi game ini sebagai game rilis perdana memang ditujukan hal tersebut. Let’s go knock them out, Knack!