Hideo Kojima Puji Kemampuan Playstation 4
Kojima akhirnya beralih ke konsol generasi terbaru, ini tentu saja menjadi momen yang pantas untuk diantisipasi oleh sebagian besar gamer yang sempat mencicipi karyanya di masa lalu. Lewat dua proyek – MGS V: Ground Zeroes dan MGS V: Phantom Pain yang akan menuju Playstation 4 dan Xbox One, Kojima akhirnya memiliki kesempatan untuk membuktikan ketangguhan Fox Engine – engine next-gen yang sudah ia racik untuk waktu yang cukup lama. Tidak hanya sekedar memperlihatkan kualitas visual yang jauh lebih realistis, Kojima juga menawarkan perubahan mekanik gameplay yang cukup signifikan dibandingkan seri-seri sebelumnya. Lantas di antara empat platform yang ia tuju – Playstation 4, Playstation 3, Xbox 360, dan Xbox One, dimana MGS V: GZ akan tampil dalam format terbaik? Kojima secara gamblang memilih.
Dalam wawancara terbarunya dengan majalah game Jepang – Famitsu, Kojima secara terbuka memuji kemampuan perangkat keras yang disematkan oleh Sony di Playstation 4. Sebegitu kuatnya, hingga MGS V: Ground Zeroes mampu berjalan dalam resolusi 1080p 60fps, dengan masih menyisakan begitu banyak ruang untuk dimanfaatkan lebih jauh.
“Saya kira, dari semua konsol gaming yang tersedia di pasaran saat ini, Playstation 4 adalah yang terbaik. Dengan kemampuan yang lebih baik, kualitas grafis di Playstation 4 menjadi yang paling memanjakan mata. Ia menawarkan level realistis yang kami inginkan selama ini,” Kojima menjelaskan. Pernyataan ini juga kian mendukung beberapa pernyataan media yang mengungkapkan hal serupa setelah ikut dalam event preview MGS V: Ground Zeroes di Jepang.
Sayangnya, belum jelas dalam resolusi dan framerate seperti apa yang akan diusung MGS V: Ground Zeroes di Xbox One sehingga Kojima bisa secara terbuka mengungkapkan informasi, yang mungkin saja berujung pada kontroversi yang satu ini. MGS V: Ground Zeroes sendiri siap meluncur pada bulan Maret 2014 mendatang.