Selamat Tinggal Flappy Bird!

Reading time:
February 10, 2014
flappy bird

Sebuah fenomena yang unik, siapa yang mengira bahwa game sesederhana Flappy Bird justru berhasil mencapai popularitas yang luar biasa di seluruh dunia. Menggerakkan seekor burung melewati rintangan pipa yang memang butuh perhitungan dan konsentrasi, Flappy Bird berhasil mencuri hati banyak pemilik smartphone berbasis sistem operasi Android dan iOS untuk menjajalnya. Kami sendiri sempat menilainya sebagai sebuah game yang unik, karena tingkat kesulitan dan mekanisme yang tidak memberikan toleransi sedikitpun pada kesalahan. Dengan puluhan juta unduhan, kesuksesan menjadi sesuatu yang pasti. Sang developer – Dong Nguyen sendiri bahkan dilaporkan berhasil mendulang lebih dari Rp 600 juta / hari lewat iklan yang terpampang di gamenya. Namun ketika gelombang kesuksesan menjadi sesuatu yang pasti, Flappy Bird justru terancam mati.

Dengan kesuksesan seperti ini, sebagian besar gamer dan media tentu saja memprediksi masa depan Flappy Bird sebagai franchise baru, yang mungkin akan sepopuler Angry Birds saat ini. Namun yang terjadi justru bertolak belakang. Lewat akun Twitter resminya – sang developer – Dong Nguyen justru hadir dengan pengumuman yang mengejutkan. Ia memutuskan untuk menarik game buatannya – Flappy Bird dari Google Play dan iTunes App Store. Alasannya? Nguyen memang tidak menjelaskan secara detail, namun ia menyatakan bahwa dirinya tidak kuat lagi berhadapan dengan popularitas yang ada. Beberapa memang sempat berspekulasi masalah lisensi karena beberapa elemen Flappy Bird yang memang mirip dengan game Mario , namun Nguyen membantah hal ini.

Setelah berhasil menjadi fenomena baru di industri game, sang developer - Dong Nguyen akhirnya secara resmi menarik Flappy Bird dari App Store? Lewat serangkaian tweet resminya, ia mengungkapkan bahwa langkah ini diambil karena ia sendiri sudah tidak berhadapan dengan ketenaran yang dicapai dalam waktu singkat.
Setelah berhasil menjadi fenomena baru di industri game, sang developer – Dong Nguyen justru secara resmi menarik Flappy Bird dari App Store. Lewat serangkaian tweet resminya, ia mengungkapkan bahwa langkah ini diambil karena ia sendiri sudah tidak kuat berhadapan dengan ketenaran yang dicapai dalam waktu singkat.

Pengumuman ini tentu saja memancing banyak reaksi di dunia maya. Tidak sedikit gamer yang mendukung keputusan Nguyen ini, karena dianggap cukup ideologis di tengah industri game yang memang terlihat sangat berorientasi pada uang. Ketika dihadapkan pada uang dalam jumlah sangat besar, Nguyen justru lebih memilih untuk hidup tenang dan puas dengan apa yang ia dapatkan sejauh ini. Namun di sisi lain, cukup banyak gamer yang justru bersyukur hal ini terjadi, karena Flappy Bird sendiri dianggap sebagai game yang lahir dari proses “menjiplak” dan bukan dari kreativitas Nguyen sendiri. Apapun alasannya, Flappy Bird akan secara resmi menarik diri dari industri game.

Selamat tinggal, burung “mabuk” aneh berbibir tebal.. Terima kasih untuk rasa frustrasi dan adiksi dalam waktu singkat ini..

Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…