Selamat Tinggal, World Cyber Games?

Reading time:
February 6, 2014
world cyber games

Tidak hanya lagi dilihat sebagai sebuah media permainan, aura kompetisi yang ditawarkan video game akhirnya melahirkan e-Sports, olahraga berbasis elektronik. Layaknya sebuah olahraga konvensional, setiap pertandingan membutuhkan dedikasi, kerjasama, dan tentu saja strategi untuk dapat dimenangkan, terlepas dari minimnya kebutuhan fisik yang harus ditempa. Arah untuk mengubah citra video game ini sendiri bukan perkara mudah. Berkat beragam kompetisi di tingkat nasional hingga internasional, industri game bergerak menuju arah yang lebih dewasa. Event-event seperti World Cyber Games tidak hanya mengumpulkan gamer-gamer terbaik di seluruh dunia, tetapi menjadi sebuah “pesta besar”untuk merayakan video game itu sendiri. Namun sayangnya, ini semua terancam di tahun 2014 ini.

World Cyber Games atau yang lebih dikenal sebagai WCG, tentu saja dikenal sebagai salah satu poros roda yang mendorong tumbuhnya e-Sports di seluruh dunia. Lewat beragam perwakilan cabang di setiap benua, WCG mempertandingkan gamer terbaik dunia dari franchise game kompetitif yang populer. Namun alih-alih harus bersemangat untuk melihat apa yang ditawarkan WCG di tahun 2014 ini, industri game justru harus kedatangan berita buruk. World Cyber Games dikabarkan akan dihentikan.

Tidak ada lagi turnamen atau event apapun dengan menggunakan nama “WCG” tahun ini. Konfirmasi ini meluncur setelah email sang CEO – Brad Lee bocor di dunia maya, dan dilaporkan pertama kali oleh situs OnGamers. Di email yang ditujukan untuk semua partner WCG tersebut, Brad Lee mengucapkan salam perpisahan untuk WCG sekaligus ucapan terima kasih untuk semua pihak yang sudah mendukung event ini selama 14 tahun terakhir.

Informasi soal dihentikannya semua kegiatan WCG di masa mendatang berasal dari email yang dikirimkan sang CEO - Brad Lee kepada semua partner WCG. Di email tersebut, Brad Lee mengumumkan pemberhentian WCG, permintaan maaf, serta ucapan terima kasih untuk semua pihak yang sudah mendukung kegiatan ini selama 13 tahun terakhir.
Informasi soal dihentikannya semua kegiatan WCG di masa mendatang berasal dari email yang dikirimkan sang CEO – Brad Lee kepada semua partner WCG. Di email tersebut, Brad Lee mengumumkan pemberhentian WCG, permintaan maaf, serta ucapan terima kasih untuk semua pihak yang sudah mendukung kegiatan ini selama 13 tahun terakhir.
Konfirmasi itu juga dikeluarkan oleh salah satu partner WCG di Indonesia - IGS yang membenarkan hal tersebut.
Konfirmasi itu juga dikeluarkan oleh salah satu partner WCG di Indonesia – IGS yang membenarkan hal tersebut.
Namun terlepas dari informasi yang mulai menyebar, situs resmi WCG sendiri belum berubah, masih mengindikasikan sinyal hadirnya WCG 2014.
Namun terlepas dari informasi yang mulai menyebar, situs resmi WCG sendiri belum berubah, masih mengindikasikan sinyal hadirnya WCG 2014. Pernyataan terbuka dan resmi dari badan WCG Korea memang belum meluncur.

Berita mendadak ini tentu saja mengejutkan banyak media dan gamer professional di seluruh dunia. Dengan tidak adanya WCG, berarti ajang e-Sports kehilangan salah satu roda pendorong paling efektif, terlepas dari popularitasnya yang harus diakui, cenderung menurun. Apakah ini memang kenyataan? Ataukah sebuah rumor “iseng” yang digelontorkan orang-orang tidak bertanggung jawab? Melihat reaksi para partner WGS, termasuk di Indonesia, memang besar kemungkinan bahwa berita ini memang benar adanya. Seperti yang bisa Anda lihat di fanpage IGS (Indonesia Game Show) yang menjadi perwakilan resmi WCG. Namun anehnya, sang badan utama yang berbasis di Korea sendiri belum memberikan pernyataan resmi secara terbuka soal kasus ini, atau bahkan sekedar melakukan update terbaru di situs resmi mereka sendiri.

Hingga World Cyber Games atau Brad Lee – sang CEO memberikan pernyataan resmi terbuka, kepastian memang belum bisa didapatkan, apakah kita masih akan terus melihat WCG di tahun mendatang atau tidak. Namun jika email ini memang benar adanya, ini tentu akan menjadi pukulan tersendiri.

Goodbye, WCG. You will be missed..  

Source: Ongamers

WCG mati? So suddenly??!
WCG mati? So suddenly??!
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…