Mirror’s Edge 2 Haruskan Gamer Terus Terkoneksi Internet?

Reading time:
March 13, 2014
mirror edge 21

Sebuah genre yang unik, kalimat yang satu ini tampaknya sudah cukup menggambarkan Mirror’s Edge – salah satu ujung tombak EA di masa lalu. Berbeda dengan game first person lain yang selalu berkutat dengan perang, darah, dan senjata api berkekuatan besar, Mirror’s Edge justru mengambil konsep gameplay yang begitu berbeda dan sederhana. Terlepas dari kacamata orang pertama yang ia gunakan, game ini “hanya” menuntut Anda untuk melakukan gerakan parkour sulit untuk mencapai tujuan utama secepat dan seefektif mungkin. Daya tarik inilah yang membuat Mirror’s Edge begitu populer, apalagi dengan desain karakter utama wanita yang pantas untuk diacungi jempol. Tidak heran, antisipasi terhadap Mirror’s Edge 2 begitu besar.

Setelah penantian yang cukup lama serta seruan yang terus berkumandang di dunia maya, EA akhirnya mengkonfirmasikan eksistensi Mirror’s Edge 2 di ajang E3 2013 yang lalu. Sebuah teaser video pendek memperlihatkan kembalinya Faith sebagai karakter utama, namun dengan kualitas detail yang lebih baik berkat penggunaan engine Frostbite 3.0 yang akan menjadi dasarnya. Sayangnya, selepas teaser pendek tersebut, EA seolah bungkam seribu bahasa terkait proyek yang sangat diantisipasi ini. Spekulasi-spekulasi yang diklaim valid pun mulai menyebar, termasuk yang terbaru dari situs komunitas gaming populer – NeoGaf.

Salah satu admin dari NeoGafEvilChildren, mengklaim bahwa ia sendiri sudah melihat sebuah konten video terbaru yang memperlihatkan progress pengembangan Mirror’s Edge 2 sendiri. Dari sana ia mulai menyebarkan beberapa informasi esensial bagaimana EA akan “mendefinisikan” seri terbaru ini dan membuatnya berbeda dibandingkan seri pertama. Beberapa rumor tersebut adalah:

Beberapa detail gameplay Mirror's Edge 2 yang diklaim valid menyebar di dunia maya - menyebut konsep gameplay yang kini akan difokuskan pada dua kata; open-world dan online. EA sendiri masih belum memberikan konfirmasi apapun terkait benar atau tidaknya semua rumor ini.
Beberapa detail gameplay Mirror’s Edge 2 yang diklaim valid menyebar di dunia maya – menyebut konsep gameplay yang kini akan difokuskan pada dua kata; open-world dan online. EA sendiri masih belum memberikan konfirmasi apapun terkait benar atau tidaknya semua rumor ini.
  • Mirror’s Edge 2 akan dirilis pada tahun 2016 mendatang untuk PC, Playstation 4, Xbox One, dan juga Mac
  • Teaser yang sempat dirilis di E3 2013 bukanlah video sinematik, melainkan gameplay dari Mirror’s Edge 2 yang berjalan secara real-time tanpa script
  • EA tidak akan sekedar “melanjutkan” seri pertamanya, tetapi lebih tepat disebut melakukan proses reboot di seri kedua ini
  • Misi EA di Mirror’s Edge 2 adalah menciptakan sebuah kota yang hidup dengan genre open world, dimana gamer diberikan kebebasan penuh untuk menjelajahinya
  • Mirror’s Edge 2 akan mengusung mekanisme yang serupa dengan yang diterapkan di Dark Souls. Anda bisa masuk dan keluar dari dunia gameplay user lain dengan bebas. Anda juga bisa memilih level interaksi dengan pemain yang lain.
  • Karena fitur inilah, Mirror’s Edge 2 kabarnya akan hadir dengan sistem always online. Ini berarti, Anda membutuhkan koneksi internet secara terus menerus untuk menikmatinya.
  • Anda bisa menjalani misi secara kooperatif maupun kompetitif dengan gamer lain.
  • Kemampuan AI musuh juga kini disesuaikan dengan aksi Faith. Ada tiga jenis musuh yang akan Anda temui: Protectors dengan senjata biasa, Sentinels yang bergantung pada melee, dan Enforcers dengan armor kuat.
  • Faith tetap tidak bisa menggunakan senjata
  • Faith kini kabarnya dibekali dengan aksi yang lebih cepat dan mengalir. Tidak lagi sekedar melakukan aksi satu tombol, Anda kini bisa mendorong, meninju, atau bahkan menendang musuh secara instan dari tepi gedung, meja, dan objek yang lain.
  • Mode third person akan muncul ketika Anda mengeksekusi musuh yang tengah sekarat.
  • Kecepatan dan gameplay yang mengalir adalah ambisi Mirror’s Edge 2.

Seberapa valid semua informasi yang tengah gencar tersebar di dunia maya ini? Tidak ada yang bisa dipastikan hingga EA membuka mulut dan mengkonfirmasi semua informasi ini dari mulut mereka sendiri. Hingga hal tersebut terjadi, semua detail di atas ini bisa dilihat sebagai sekedar rumor atau spekulasi.

Bagaimana jika semua detail di atas adalah benar? Apakah Anda akan tertarik mencicipi sebuah game Mirror’s Edge berbasis multiplayer?

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…