Sony Berbohong Soal Resolusi Killzone: Shadow Fall?

Reading time:
March 4, 2014
Killzone - Shadow Fall SP (118)

Resolusi memang menjadi standar yang cukup unik di industri saat ini, terutama ketika kita membahas dua buah konsol next-gen yang tengah bersaing – Playstation 4 dan Xbox One. Perbedaan jeroan yang disematkan di kedua konsol ini memang diklaim menawarkan perbedaan performa yang cukup signifikan, yang seringkali direpresentasikan oleh framerate dan resolusi game yang ditawarkan. Xbox One memang terlihat tersengal-sengal, apalagi dengan beberapa judul game yang hanya mampu berjalan di resolusi 720p – 900p. Sementara di sisi lain, Playstation 4 secara konsisten menawarkan resolusi dan framerate tertinggi. Walaupun demikian, Sony – sang empunya tampaknya juga melemparkan informasi yang terbukti salah.

Sejak pertama kali diperkenalkan, Sony memang sudah mengklaim bahwa terlepas dari mode single player Killzone: Shadow Fall yang berjalan dengan framerate lebih rendah, mode multiplayer game ini akan bergerak di resolusi native 1080p / 60 fps. Namun sayangnya, klaim ini ternyata bohong.

“1080p” yang diusung oleh mode multiplayer Killzone: Shadow Fall terbukti palsu. Digital Foundry dari Eurogamer membuktikan resolusi yang diusung tidak normal 1920×1080, tetapi 960×1080, yang sebenarnya tidak berbeda dengan 720p.

 

Melalui pengujian teknis Digital Foundry yang dilakukan oleh Eurogamer, diketahui bahwa mode MP Killzone: Shadow Fall ternyata memuat resolusi 1080p “bayangan”. Alih-alih berjalan di 1920×1080, mode MP ini ternyata mengusung resolusi aneh – 960×1080. Hasilnya? Terlepas dari angka 1080 yang tertera di dalamnya, kualitas resolusi ini sendiri sebenarnya tidak banyak berbeda dengan 720p.

Sayangnya, baik Sony ataupun si developer Killzone: Shadow Fall – Guerrilla Games sendiri belum memberikan konfirmasi apapun terkait resolusi yang diusung ini. Quite dissapointing..

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…