Preview Watch Dogs: Uji Ketangguhan PC!

Reading time:
May 28, 2014
Watch Dogs - jagatplay (2)

Sebuah proyek yang sudah lama diantisipasi, kalimat ini memang menggambarkan Watch Dogs dengan sangat tepat. Setelah pengumuman yang luar biasa di ajang E3 2012 silam, kombinasi konsep hacker yang unik dan dunia open-world yang memanjakan mata memang membuat banyak gamer jatuh hati. Hype ini terbangun kian kuat di tahun 2013 silam, namun sayangnya harus dibayar dengan penundaan yang tidak pernah diprediksikan sebelumnya. Ubisoft memang beralasan bahwa penundaan ini esensial untuk menghadirkan pengalaman gameplay yang lebih baik, walaupun beragam spekulasi meyakininya sebagai strategi untuk tidak bersaing langsung dengan GTA V yang fenomenal. Setelah penantian lebih dari setengah tahun, hari yang dinanti akhirnya tiba. Ubisoft akhirnya secara resmi merilis Watch Dogs ke pasaran.

Kesan Pertama

Bicara tentang masalah visual, pertanyaan besarnya tentu saja satu: apakah Watch Dogs versi final ini mampu menghadirkan kualitas grafis sekelas trailer perdana E3 2012 yang lalu? Berbagai trailer terakhir yang dirilis memang terlihat meragukan, bahkan sempat memicu rumor downgrade visual yang signifikan. Namun nyatanya, tidak demikian. Kualitas visual next-gen yang selama ini diharapkan memang bisa dicapai selama Anda memiliki PC dengan spesifikasi dan performa yang mencukupi. Dan untuk pertama kalinya, setelah sekian lama, Watch Dogs menjadi game multiplatform setelah generasi platform next-gen yang benar-benar mengoptimalkan kemampuan PC untuk menghasilkan pengalaman kosmetik yang jauh lebih mumpuni. Tentu saja, kualitasnya berada cukup signifikan di atas kualitas yang mampu ditawarkan Playstation 4 dan Xbox One, yang keduanya bahkan tidak cukup untuk menjalankan game ini di resolusi penuh. Salah satu yang kentara juga perbedaan tekstur yang ditawarkan.

Menariknya lagi, Ubisoft sendiri mengunci opsi untuk mendapatkan settingan terbaik Watch Dogs di PC jika spesifikasi Anda tidak memadai. Anda membutuhkan sebuah kartu grafis dengan VRAM 3 GB untuk membuka opsi mendapatkan tekstur “Ultra” dan menghasilkan pengalaman next-gen yang lebih baik. Alasan sama yang akhirnya membuat kami mengandalkan salah satu kartu grafis single GPU terkuat di dunia – NVIDIA GeForce GTX 780 Ti sebagai senjata utama. Kesempatan untuk mendapatkan teknologi anti-aliasing TXAA juga menjadi salah satu bahan pertimbangan utama. Hasilnya? Kami berhasil menjalankan Watch Dogs di setting “Ultra” mentok kanan. Tujuannya tentu saja, untuk mendapatkan sensasi E3 2012 silam secara real-time. Pengorbanan yang terbayarkan dengan cukup manis. Detail cahaya nan dramatis ketika hujan dengan sinar matahari yang terasa halus membuat Watch Dogs tampil memanjakan mata. Beragam efek visual seperti physics pada pakaian, efek ledakan, hingga detail jalanan juga menjadi nilai jual yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kami bahkan harus menggunakan kartu grafis single GPU terkuat - GeForce GTX 780ti untuk memastikan setting kami rata kanan.
Kami bahkan harus menggunakan kartu grafis single GPU terkuat – GeForce GTX 780 Ti untuk memastikan setting kami rata kanan.

Jika visual terlihat memesona di versi PC, lantas bagaimana dengan mekanik gameplaynya sendiri? Tema hacker yang ia usung memang melahirkan mekanik gameplay yang unik dan berbeda dengan game-game open world pada umumnya. Dengan smartphone andalan, Anda bisa memerintahkan Aiden untuk meretas sebagian besar teknologi yang ada, untuk sekedar mencuri ekstra uang, mendapatkan feed kamera secara real-time, mengendalikan kereta, hingga mencicipi dunia augmented reality yang cukup memesona. Intisari open worldnya sendiri masih mengakar pada tipikal game Ubisoft pada umumnya – menghancurkan satu tower utama untuk membuka objektif utama dan sampingan yang tersebar di dalam peta. Variasi misi yang ditawarkan cukup banyak, yang masing-masing berkontribusi untuk mempertebal pundi uang dan experience Anda. Sisi aksi lewat metode stealth dan perang frontal dengan senjata api juga bisa Anda nikmati di dalamnya.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review dan menangkap lebih banyak pesona yang berusaha ditawarkan Ubisoft di game yang sangat diantisipasi ini, izinkan kami menawarkan segudang screenshot fresh from oven Watch Dogs di bawah ini. Semua screenshot ini diambil dari engine in-game, dengan setting “Ultra” mentok kanan. Anda bisa melihat bagaimana kualitas grafis E3 2012 ternyata tidak dihilangkan begitu saja di PC, tentu saja, selama Anda memiliki spesifikasi yang memadai untuk hal tersebut. Anda bisa memperbesar setiap gambar di bawah untuk melihat detail yang ditawarkan lebih jauh.

PS: Klik Gambar untuk Memperbesar!

 

Watch Dogs - jagatplay (4) Watch Dogs - jagatplay (221) Watch Dogs - jagatplay (43) Watch Dogs - jagatplay (188) Watch Dogs - jagatplay (69) Watch Dogs - jagatplay (77) Watch Dogs - jagatplay (104) Watch Dogs - jagatplay (112) Watch Dogs - jagatplay (118) Watch Dogs - jagatplay (149) Watch Dogs - jagatplay (173) Watch Dogs - jagatplay (176) Watch Dogs - jagatplay (209) Watch Dogs - jagatplay (226)

 

Watch Dogs - jagatplay (235)
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…