Review Bound By Flame: RPG Penuh Masalah!

Reading time:
May 20, 2014
Bound by Flame jagatplay (1)

RPG, mendengar satu kata ini saja sudah cukup untuk membuat kami mengantisipasi setiap game yang menawarkan genre ini sebagai nilai jual utama. Uniknya lagi, setelah cukup mengalami masa paceklik selama beberapa tahun terakhir, tahun 2014 boleh terbilang menjadi tahun keemasan tersendiri untuk genre kompleks yang satu ini. Beberapa judul, baik dari developer Barat maupun Jepang menawarkan game teranyar mereka dalam format ini, tentu saja dengan nilai jual dan identitas unik mereka sendiri. Kita membicarakan nama-nama besar seperti Child of Light, Transistor, dan Dragon Age: Inquisition yang memang terlihat menjanjikan. Namun dari semua proyek ini, ada satu judul ekstra lain yang sulit untuk dikesampingkan begitu saja. Benar sekali, kita tengah membicarakan Bound by Flame!

Dikembangkan oleh Spiders dan dirilis oleh Focus Home Interactive, agak sedikit sulit bagi para penggemar RPG Barat untuk tidak melirik game yang satu ini. Bagaimana tidak? Sejak ia diperkenalkan untuk pertama kalinya, Spiders mengklaim Bound by Flame akan mengintegrasikan elemen gameplay RPG Barat terbaik untuk memperkuat game yang satu ini. Kebebasan menentukan cerita, gameplay action RPG yang butuh implementasi strategi, hingga modifikasi beragam senjata untuk memperkuat sang karakter utama. Antisipasi tersebut kian membesar setelah ia juga dirilis untuk Playstation 4 dengan kualitas visual yang memang terlihat memesona di trailer.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bound by Flame ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah game RPG penuh masalah? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda!

Plot

Vertiel berada di ujung tanduk setelah invasi tak berujung dari pasukan Undead - Deadwalkers yang terus membanjiri. Ras misterius dari utara - Ice Lord menjadi sumber masalah.
Vertiel berada di ujung tanduk setelah invasi tak berujung dari pasukan Undead – Deadwalkers yang terus membanjiri. Ras misterius dari utara – Ice Lord menjadi sumber masalah.

Vertiel – sebuah dunia fantasi yang indah kini berada di ujung kehancuran setelah invasi besar-besaran dari pasukan mayat hidup bernama Deadwalkers. Mayat ini tidak hanya sekedar eksis, mereka merupakan pasukan yang dibentuk oleh ras penyihir kuat di masa lalu – Ice Lords yang datang dari utara yang dingin, secara konsisten berusaha menguasai daerah di selatan yang dihuni oleh beragam ras, termasuk manusia dan para elf. Namun perangn yang sudah berlangsung selama tahunan ini, kini berada di puncaknya.

Anda akan berperan sebagai Vulcan, seorang pasukan bayaran yang bernaung di bawah Pure-Blades. Mengklaim dirinya menemukan cara untuk mengalahkan Ice Lords dan mengembalikan kedamaian Vertiel, Pure-Blades diminta untuk mengawasi proses ritual yang dilakukan oleh kelompok penyihir manusia – Red Scribes. Namun apa daya, serangan tiba-tiba dari Deadwalkers tidak kuasa dihadang oleh Vulcan dan teman-teman. Terjebak di dalam ruang ritual yang sama, Vulcan jatuh pada takdir yang tidak pernah ia inginkan. Proses ritual Red Scribe justru menyuntikkan sesosok makhluk iblis misterius ke dalam tubuh Vulcan. Menjadikannya tidak lagi “hanya” sekedar seorang pasukan bayaran.

Anda berperan sebagai seorang pasukan bayaran bernama Vulcan.
Anda berperan sebagai seorang pasukan bayaran bernama Vulcan.
Berusaha melindungi organisasi penyihir - Red Scribe yang tengah melakukan ritual untuk memanggil kekuatan yang dianggap bisa mengalahkan Ice Lord, Vulcan justru kerasukan sang iblis utama tersebut.
Berusaha melindungi organisasi penyihir – Red Scribe yang tengah melakukan ritual untuk memanggil kekuatan yang dianggap bisa mengalahkan Ice Lord, Vulcan justru kerasukan sang iblis utama tersebut.
Menetap dalam dirinya, sang iblis misterius ini memberikan kekuatan baru di luar manusia normal bagi Vulcan.
Menetap dalam dirinya, sang iblis misterius ini memberikan kekuatan baru di luar manusia normal bagi Vulcan.

Kunci untuk mengalahkan Ice Lords, invasi sang iblis ke dalam tubuh Vulcan membuatnya mampu mengakses kekuatan di luar manusia biasa. Sang iblis berelemen api ini memberikan ruang bagi Vulcan untuk memanfaatkan dan mengintegrasikan elemen tersebut di serangannya, menghasilkan kemampuan bertarung dan bertahan yang jauh lebih mumpuni. Berbekal makhluk yang entah menjadi kutukan atau anugerah ini, Vulcan mulai berpacu menuju Worldheart – pusat semua kehidupan di Vertiel untuk menghancurkan Ice Lords untuk selama-lamanya. Di tengah perjalanan, ia akan bertemu dengan begitu banyak konflik, termasuk dari arus Deadwalkers yang seolah tidak pernah habis.

Mampukah Vulcan mengatasi ancaman ini?
Mampukah Vulcan mengatasi ancaman ini?

Lantas, mampukah Vulcan menghancurkan Ice Lords dan menyelamatkan Vertiel? Siapa sebenarnya iblis di dalam tubuh Vulcan dan apa yang ia inginkan? Rintangan seperti apa saja yang harus ia hadapi? Semua pertanyaan tersebut bisa Anda jawab dengan memainkan Bound by Flame ini.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…