Microsoft Jelaskan Alasan Minimnya Game PC di E3 2014

Reading time:
June 19, 2014
xbox one e3 2014

Perhatian yang mungkin terlihat timpang, sebuah ketakutan yang memang cukup beralasan jika melihat fokus Microsoft di industri game selama ini. Terlepas dari fakta bahwa ia merupakan salah satu ujung tombak perkembangan industri game di PC berkat popularitas Windows sebagai sistem operasi, Microsoft tampaknya tidak ambil pusing untuk membesakan pasar yang kian terlihat potensial ini. Mereka justru secara terang-terangan terus mendorong posisi Xbox One sebagai produk yang lebih diandalkan, lewat serangkaian game eksklusif yang terus meluncur. E3 2014 kemarin juga tidak banyak membantu menetralisir pandangan ini, atau bahkan justru terbilang, memperkuatnya. Mengapa Microsoft tidak memperlihatkan lebih banyak game PC di event tersebut?

Pertanyaan itulah yang sempat meluncur di sesi wawancara situs gaming – Polygon dengan salah satu ujung tombak Microsoft – Phil Spencer. Dengan posisi PC Gaming dan Xbox One yang berdiri di bawah bendera mereka, dimana sebenarnya posisi Microsoft saat ini?

Setidaknya untuk di E3 2014, pilihan tersebut memang jatuh ke Xbox One. Alasannya? Karena Spencer selalu memandang E3 sebagai sebuah event yang ditujukan untuk pasar konsol, sehingga akan terasa canggung jika Microsoft membicarakan Windows dan PC di dalamnya. Ia juga secara terbuka mengaku bahwa Xbox adalah brand utama gaming mereka. Oleh karena itu, perhatian jutaan gamer di seluruh dunia yang tertuju pada E3 menjadi sesuatu yang krusial bagi Xbox, apalagi mengingat ia menjadi merk yang lebih dikenal banyak orang.

Phil Spencer secara beralasan bahwa E3 selalu dilihat Microsoft sebagai sebuah event untuk konsol. Oleh karena itu, akan terasa canggung jika mereka membicarakan game PC atau Windows di dalamnya.
Phil Spencer secara beralasan bahwa E3 selalu dilihat Microsoft sebagai sebuah event untuk konsol. Oleh karena itu, akan terasa canggung jika mereka membicarakan game PC atau Windows di dalamnya.

Walaupun demikian, Spencer juga menegaskan bahwa pasar gaming PC adalah sesuatu yang tetap krusial bagi kesuksesan Microsoft sendiri. Ia juga mengaku bahagia melihat perkembangan platform yang disebutnya semakin terlihat sehat ini, apalagi dengan bukti keberhasilan sistem monetisasi game sekelas World of Tanks dan League of Legends yang dapat dengan mudah menundukkan pasar konsol.

Jadi untuk Anda gamer PC yang mungkin sempat kecewa dengan minimnya fokus perhatian pada platform gaming andalan di E3 2014 kemarin, apakah alasan Spencer terdengar masuk akal untuk Anda sendiri?

 

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…