343 Jelaskan Alasan Halo: Master Chief Collection Tak Mampir ke PC
Ada alasannya mengapa Halo yang digagas oleh Bungie Studios dan kini ditangani – 343 Industries mendapatkan popularitasnya yang begitu besar. Sebagian besar gamer yang sempat mencicipi beberapa seri awal game ini tentu saja setuju bahwa ia berhak mendapatkan predikat sebagai salah satu game FPS konsol terbaik yang pernah ada. Tidak hanya kuat di sisi cerita dan karakterknya yang ikonik – Master Chief, Halo juga menawarkan mode multiplayer menyenangkan dan memorable. Tidak mengherankan jika banyak gamer yang mengantisipasi kehadiran Halo: Master Chief Collection (MCC) – yang akan berisikan konten Halo 1 – 4 ke dalam satu paket yang sama untuk Xbox One. Satu pertanyaan besar tentu saja mengemuka. Mengapa Microsoft tidak ingin merilis kompilasi remaster ini untuk PC?
Berbicara dengan situs gaming Kotaku, Dan Ayoub – Executive Producer 343 Industries secara terbuka mengakui bahwa Xbox One memang berbagi arsitektur yang serupa dengan PC modern saat ini, yang tentu saja secara teknis, memudahkan proses port.
Hanya saja, Ayoub menyatakan bahwa proyek Halo: MCC ini terlalu masif bagi 343 Industries, jika mereka harus berfokus menghadirkannya di dua platform terpisah. 4 buah game terpisah, 100 map, sinematik baru, dan tentu saja – Halo 2 Anniversary menjadi proyek yang butuh koordinasi solid. Oleh karena itulah, mereka saat ini hanya berfokus ke Xbox One. Satu yang pasti, Ayoub menegaskan bahwa pasar PC gaming tetaplah sesuatu yang menarik di mata 343 Industries.
Apakah ini berarti kita akan melihat Halo: MCC di masa depan setelah rilis versi Xbox One yang direncanakan meluncur pada 11 November 2014 mendatang? Sayangnya, Ayoub sendiri tidak memberikan sebuah jawaban yang eksplisit. Namun harapan untuk melihat kembalinya Master Chief ke PC tampaknya masih terbuka cukup lebar. Fingers crossed..