Microsoft Resmi Beli Minecraft!

Reading time:
September 15, 2014

Minecraft, kata yang satu ini memang sudah tumbuh menjadi salah satu fenomena unik di industri game. Ketika game-game “pabrikan” developer raksasa berbondong-bondong mengejar kualitas visual serealistis mungkin, developer indie – Mojang di kala itu, justru berjuang untuk menciptakan sebuah game yang benar-benar unik, terutama di sisi gameplay. Dunia terbuka, aktivitas yang adiktif, dan kebebasan untuk berkreasi seoptimal mungkin akhirnya melambungkan nama Minecraft, menjadikannya game sejuta umat lintas platform. Tidak heran jika perusahaan sebesar Microsoft tertarik untuk memilikinya. Rumor yang sempat beredar beberapa hari yang lalu ini ternyata berakhir benar. Microsoft mengkonfirmasikan proses pembelian Mojang dan Minecraft!

Microsoft akhirnya secara resmi membeli Mojang dan franchise andalannya – Minecraft dengan harga yang cukup fantastis, sekitar USD 2,5 Milyar. Berita ini disampaikan oleh Microsoft dan Mojang sendiri. Phil Spencer – sang boss besar Xbox menyatakan bahwa Mojang menjadi developer potensial untuk dilewatkan oleh Microsoft, apalagi mengingat popularitasnya sebagai salah satu game yang paling sering dimainkan di Xbox Live. Minecraft dilihat sebagai franchise game yang akan memperkaya “senjata” Microsoft di masa depan. Menariknya lagi? Terlepas dari hak guna yang kini sudah jatuh ke tangan mereka, Microsoft menegaskan komitmen mereka untuk terus menelurkan Minecraft di platform lintas generasi. Game ini tetap akan bisa dinikmati oleh gamer iOS, Android, dan Playstation.

Microsoft resmi mengkonfirmasikan pembelian Mojang dan franchise andalan mereka - Minecraft. Proses pembelian ini bernilai lebih dari USD 2,5 MIlyar. Tidak hanya itu saja, ketika pemimpin utama Mojang juga resmi keluar setelah proses akuisisi ini.
Microsoft resmi mengkonfirmasikan pembelian Mojang dan franchise andalan mereka – Minecraft. Proses pembelian ini bernilai lebih dari USD 2,5 MIlyar. Tidak hanya itu saja, ketiga pemimpin utama Mojang – termasuk Notch juga resmi keluar setelah proses akuisisi ini.

Tidak hanya itu saja, rumor lain yang mengikuti proses pembelian ini juga terbukti benar. Melalui post blog resmi mereka, tiga boss besar sekaligus pencetus developer Mojang – Notch, Carl Manneh, dan Jakob Porser juga secara resmi keluar dari perusahaan ini. Mereka dipastikan tidak akan lagi terlibat dalam proyek apapun yang melibatkan nama Minecraft di masa depan. Notch sendiri beralasan bahwa ia keputusan untuk menjual Mojang dan keluar dari perusahaan yang ia bangun tersebut lebih didasarkan untuk memastikan diri tetap waras. Notch mengaku tidak siap berhadapan dengan fakta bahwa Mojang kini tumbuh menjadi sebuah perusahaan berskala global, dan semua hal yang ia utarakan komentar ternyata berujung menjadi sesuatu yang signifikan untuk memicu reaksi dari banyak gamer. Beban yang tidak lagi mampu ia pikul. Ia ingin hidup tenang dan beralih ke proyek game selanjutnya.

Lantas, apa yang akan dilakukan Microsoft dengan Mojang dan Minecraft ini? Selain konfirmasi bahwa ia tetap akan didukung sebagai proyek multiplatform, Spencer tidak banyak memberikan komentar apapun.

Bagaimana dengan Anda sendiri, terutama para penggila Minecraft? Apakah proses pembelian ini menimbulkan gelombang optimisme atau justru pesimis bagi Anda?

 

Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

January 26, 2022 - 0

Review Uncharted – Legacy of Thieves Collection: Ekstra Tenaga Berburu Harta!

Sebuah seri yang membantu Playstation 3 menemukan posisi yang lebih…
January 26, 2022 - 0

Review WD_BLACK SN850: Upgrade Playstation 5 Jadi 2TB!

Ketika pertama kali dirilis, PlayStation 5 sudah menawarkan storage internal…
January 25, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Daisuke Inoue, Jin Fujiwara, Fumihiko Yasuda (Stranger of Paradise: FF Origin)!

Sebuah proyek yang tidak pernah terprediksi, ini mungkin kalimat yang…
December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…