Produsen Konsol Paksa Developer Turunkan Kualitas Game Versi PC!

Reading time:
October 15, 2014
gabe newell steam

Baru-baru ini Ubisoft menugaskan beberapa karyawannya untuk melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah. Misinya adalah menjelaskan apa yang mereka kerjakan di perusahaan gaming tersebut. Yang menarik, ternyata pihak Ubisoft yang hadir justru mendapatkan pertanyaan-pertanyaan yang boleh dibilang, cukup tajam.

Seseorang menanyakan tentang ‘apa yang terjadi dengan Watch Dogs’. Seperti diketahui, ketika resmi dirilis Watch Dogs terlihat berbeda dari penampilan pertamanya di ajang E3 2012 lalu. Lalu, apa jawaban dari pihak Ubisoft?

Salah satu karyawan yang mengaku bekerja sebagai Online Programmer menyebutkan bahwa sebelum Watch Dogs diluncurkan, Ubisoft harus mengirim copy dari game tersebut ke produsen konsol. Nantinya, para produsen konsol akan menyebutkan apa saja yang harus tetap dihadirkan dalam game, dan apa saja yang harus dibuang.

Serunya lagi, seorang Game Architect di Ubisoft mengatakan mereka selalu berusaha membuat game berjalan di 60fps. Sayangnya, karena ada ‘batasan’ tertentu, mereka harus membuat game tersebut berjalan ‘hanya’ di 30fps. Ia menambahkan, produsen konsol selalu menekan dan memaksa mereka untuk melakukan hal yang sama di PC!

Salah satu game architect dari Ubisoft mengaku bahwa produsen konsol memaksa  mereka mengunci framerate game versi PC di 30fps.
Salah satu game architect dari Ubisoft mengaku bahwa produsen konsol memaksa mereka mengunci framerate game versi PC di 30fps.

Pertanyaan menarik lainnya yang diajukan kepada Ubisoft adalah tentang ‘apakah mereka menyadari berbagai respon negatif terkait keputusan mengunci game di 30fps’. Sang Game Architect lalu menjawab: untuk konsol, khususnya game seperti Assassin’s Creed: Unity, mereka harus memilih antara kualitas grafis dengan mulus atau tidak game tersebut untuk dimainkan. Ia lalu menyebut perusahaan dengan nama ‘MS’ sebagai biang keladi yang membuat mereka harus mengunci framerate di PC juga.

Seperti diketahui, perdebatan antara kualitas visual sebuah game yang berjalan di PC dan konsol belakangan memang semakin memanas. Resolusi dan fps yang mampu dihadirkan selalu menjadi tolak ukur dari kekuatan sebuah platform. Yang membuat banyak gamer PC berkoar-koar di dunia maya adalah karena di beberapa game tertentu mereka harus mendapatkan kualitas yang sama hanya karena adanya keterbatasan hardware pada konsol. Dengan berbagai jawaban yang telah diungkapkan oleh Ubisoft di atas, bagaimana menurut Anda sendiri?

Source: Tweaktown

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…