Review NBA 2K15: Paduan Visual dan Gameplay Keren!

Reading time:
October 21, 2014
NBA 2K15 - 06

Untuk para gamer yang menggunakan PC sebagai media utama bermain game dan menggemari game olahraga, NBA 2K15 tampaknya merupakan game yang sudah ditunggu sejak awal tahun 2014 ini. Hal tersebut tentunya tidak lain disebabkan oleh keputusan Visual Concept, developer dari NBA 2K Series, dan 2K Sports menghadirkan sebuah game NBA 2K14 “baru” untuk menyambut PlayStation 4 dan Xbox One, yang ternyata memiliki kualitas berbeda dari yang ada di PC, Xbox 360, dan PlayStation 3. Harapan akan hadirnya sebuah game dengan kualitas yang menyamai, atau bahkan melebihi versi PlayStation 4 dan Xbox One itulah yang pastinya menjadi dasar para PC gamer menantikan game yang satu ini.

NBA 2K15 - 0099
Seperti biasa.. Mari kita membuka review game NBA 2K Series ini dengan sebuah tip off..

NBA 2K15 sendiri akhirnya dirilis pada tanggal 7 Oktober 2014 lalu. Kami mendapatkan kesempatan mencoba game tersebut, tentu saja untuk versi PC, beberapa hari setelah game tersebut dirilis. Kesan pertama kami terhadap game tersebut akhirnya mampu menghapus rasa kecewa kami atas kualitas NBA 2K14 versi PC, yang sebenarnya sudah cukup baik menurut penilaian kami, yang sayangnya dihancurkan sendiri oleh versi console next-generation. Ya, game tersebut tampil lebih sempurna dari versi console next-generation dan mampu memberikan pengalaman yang rata-rata bisa dikatakan menyenangkan. Kami akan mencoba membahasnya dalam review berikut ini!

Pengalaman Baru yang Menyenangkan

Segudang pengalaman baru yang akan didapatkan dari game ini benar-benar terlihat sejak menu utama dari game ini tampil. Menu tersebut berbeda dari menu utama di NBA 2K14, baik versi console next-generation maupun versi lama. Anda akan mendapati menu yang lebih interaktif, di mana bila Anda diam beberapa saat di menu tersebut, sebuah video yang menjelaskan bagaimana Visual Concept menggarap NBA 2K15 akan diputar.

NBA 2K15 - 05
Desain baru untuk menu utama dari NBA 2K15. Terdapat dua versi menu, yang pertama adalah versi ketika Anda tidak terhubung ke Internet.
NBA 2K15 - 277
Kedua adalah menu utama saat Anda terhubung ke Internet. Perbedaan terlihat pada Quick Game yang berubah menjadi NBA Today, MyPark, MyTeam, dan 2KTV.

Di menu utama tersebut, Anda akan mendapatkan gambaran seperti apa isi dari game NBA 2K15 ini. Visual Concept dan 2K Sports menghadirkan beberapa mode baru, seperti MyTeam, MyPark, dan MyGM ke dalam game baru ini. Mode-mode tersebut melengkapi mode permainan lain yang sudah ada sebelumnya tetapi dihadirkan kembali dengan nama baru, yaitu MyLeague dan MyCareer. Kami akan membahas lebih lanjut mode-mode tersebut di bagian lain dari review ini.

Terkait mode permainan yang ada, Anda mungkin tidak mendapatkan akses ke semua mode tersebut tergantung dari koneksi game tersebut ke Internet.

NBA 2K15 - 198
Kontrol di game ini tidak banyak berubah dari NBA 2K14. Anda tetap dapat memanfaatkan analog kanan untuk melakukan gerakan tipu atau layup dan dunk..

Beralih ke sistem kontrol, pihak pengembang tidak terlalu banyak melakukan perubahan terhadap kontrol di game ini. Mereka mempertahankan Pro Stick yang diperkenalkan di NBA 2K14 dan hanya membuat perubahan minor untuk menyempurnakan kontrol tersebut. Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mempelajari sistem kontrol Pro Stick yang sedikit diperbaiki tersebut.

NBA 2K15 - 0096
Sebelum pertandingan dimulai, lebih tepatnya saat loading screen, akan ada “2K Sports Pre-Game Show” yang dipersembahkan oleh Sprite.
NBA 2K15 - 377
Di jeda antara kuartal ketiga dengan keempat, akan ada sesi “Assist of The Game” yang dipersembahkan oleh State Farm. Kedua fitur baru ini melengkapi “Halftime Report” dari Sprint yang sudah ada sejak beberapa edisi terakhir game NBA 2K Series.

Pihak pengembang juga kembali menghadirkan tim-tim dari Euroleague Basketball ke dalam NBA 2K15 ini. Namun, jumlah dari tim yang hadir tahun ini jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya. Mereka juga menyertakan beberapa tim klasik dan juga dua tim All Star berdasarkan dengan NBA All Star Weekend tahun 2014 ini.

Tampilan Visual yang Makin Memukau

Hal pertama yang terlintas di kepala kami begitu mendengar bahwa Visual Concepts akan menggunakan engine baru untuk versi PC dari game ini adalah peningkatan kualitas visual dari game ini. Ya, NBA 2K15 untuk PC ini jauh terlihat lebih baik dibandingkan dengan NBA 2K14, yang sebenarnya juga telah terlihat memukau. Anda bahkan bisa merasakan perbedaan tersebut begitu Anda mulai memainkan pertandingan pertama Anda dalam game ini!

NBA 2K15 - 0019
Suasana stadion yang ramai dan meriah benar-benar terasa di game NBA 2K15 ini.

Bila Anda terbiasa dengan tampilan dari NBA 2K14 versi PlayStation 4 dan Xbox One, mungkin kualitas visual dari NBA 2K15 ini akan terlihat biasa saja, karena Anda telah merasakan kejutan kualitas tampilan tersebut saat memainkan game terdahulu di console “next-generation”. Namun, untuk gamer yang menggunakan PC, perubahan tampilan yang ada di game ini akan terasa luar biasa. Anda akan mendapati wajah-wajah pemain yang kian mendekati rupa asli dari sang pemain, efek ekspresi wajah pemain di lapangan yang menggambarkan kondisi mereka, serta keringat yang akan membasahi tubuh pemain saat mereka telah berada di lapangan selama beberapa saat.

NBA 2K15 - 45 NBA 2K15 - 0101
NBA 2K15 - 276
Jordan hadir dengan membawa serta gaya khasnya, dunk sambil menjulurkan lidah. 🙂
NBA 2K15 - 201 NBA 2K15 - 0116

Sayangnya, untuk elemen-elemen selain pemain dan pelatih, Visual Concept tampaknya tidak terlalu memperhatikannya. Anda akan menemukan beberapa elemen pendukung di sekitar lapangan dengan kualitas detail tampilan yang berada cukup jauh di bawah pemain dan pelatih, seperti petugas kebersihan dan juga penonton di pinggir lapangan. Perbedaan kualitas detail tersebut memang tidak akan mengubah serunya game basket ini. Terlebih lagi, tampilan untuk elemen-elemen pendukung tersebut sudah jauh lebih baik bila dibandingkan dengan di NBA 2K14 versi non-console next generation yang benar-benar terkesan asal.

NBA 2K15 - 307
Detail pemain di lapangan dan pinggir lapangan terlihat berbeda cukup jauh dari staf dan penonton di dalam stadion.
NBA 2K15 - 0065
Sexy dancer, selingan di tengah pertandingan yang sayangnya mudah membuat Anda bosan.

Elemen lain yang sayangnya kurang diperhatikan oleh pengembang game ini adalah hiburan di jeda pertandingan. Saat awal memainkan game ini, Anda memang akan menemukan beberapa sexy dancer dengan tampilan yang jauh lebih baik dari sebelumnya yang mungkin akan menghibur Anda. Sayangnya, setelah beberapa pertandingan, Anda akan mulai menyadari kekurangan mendasar yang mungkin membuat Anda bosan. Kekurangan apakah tersebut? Lebih baik Anda mencoba merasakannya sendiri. 🙂

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

June 29, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yoko Taro (NieR Series)!

Menyebutnya sebagai salah satu developer paling eksentrik di industri game…
June 24, 2021 - 0

Preview Scarlet Nexus: Bak Menikmati Anime Aksi Berkualitas!

Komitmen Bandai Namco untuk menawarkan game-game dengan cita rasa anime…
June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…