Dev. Planetside 2: CPU Playstation 4 Bottleneck!
Ketika hadir di PC, Planetside 2 tampil begitu masif dan mampu menghadirkan visual dan gameplay yang cukup baik. Tak heran, saat dipastikan akan meluncur untuk PS4, banyak gamer yang sudah tidak sabar hal itu segera menjadi kenyataan.
Lalu, seperti apa kira-kira penampilan Planetside 2 di PS4 nanti? Dengan hardware yang kabarnya lebih bertenaga dibanding pesaing utamanya, Xbox One, gamer tentunya berharap pihak developer mampu menghadirkan sesuatu yang luar biasa, atau setidaknya sebaik versi PC.
Sayangnya, pihak developer sendiri justru mengakui bahwa PS4 bukan konsol yang sempurna. Creative Director Planetside 2, Matt Higby, menyebut CPU PS4 tergolong lemah dan menjadi penyebab bottleneck!
“Bottleneck sebenarnya ada pada CPU. Dari segi grafis, gamer akan terpesona dengan apa yang mereka lihat di PS4. Kekurangan yang kami dapatkan lebih kepada CPU dibanding GPU. Ini karena ada banyak pemain yang bergerak di layar sekaligus. Semua animasi dan audio terasosiasi dengan semua karakter tersebut. Semua itu lebih membutuhkan CPU, bukan GPU,” kata Higby.
Ia menambahkan, kekurangan tersebut bisa menyebabkan frame-rate menjadi rendah. Inilah yang belakangan coba mereka optimalkan agar Planetside 2 versi PS4 mampu memberikan frame-rate yang stabil, dan bukan sekadar menjual visual yang menawan.
“Saat ini (Planetside 2) berjalan di 1080p. Kami masih mencoba untuk memungkinkan 60fps. Kami ingin mendapatkan frame-rate yang solid. Jadi, jika nantinya kami menghadirkan 30fps itu karena kami ingin 30fps yang benar-benar solid (tidak naik-turun),” pungkas Higby.
Apapun hasilnya nanti, tentunya pihak developer tidak mau membuat gamer kecewa. Masih ada waktu bagi mereka untuk terus mengoptimalisasi agar Planetside 2 bisa berjalan dengan maksimal di konsol PS4. Kita tunggu saja!