NVIDIA GeForce GTX 970: Ujung Tombak Gaming PC Generasi Terbaru!

Author
Jagat Play
Reading time:
January 4, 2015

GeForce GTX 970

5

Debut perdana GeForce GTX 970 menjadi fenomena tersendiri di dunia komponen graphics card. Bagaimana tidak?! GeForce GTX 970 mampu menawarkan performa gaming hampir mendekati GeForce GTX 980 dengan kisaran harga jual $220 lebih murah. Graphics card dengan kisaran harga $330 tersebut juga membuat kejutan lainnya dimana performanya mampu mengimbangi graphics card single-GPU terkencang milik kompetitor mereka, tentu dengan harga lebih ekonomis dan dibarengi dengan temperatur kerja beserta konsumsi daya lebih rendah. Menariknya, diluar performa, GeForce GTX 970 tetap mendukung sejumlah teknologi grafis serupa dengan GeForce GTX 980 seperti DSR (Dynamic Super Resolution), MFAA, VXGI, TXAA, G-Sync, PhysX, dan masih banyak lagi.

6

Rahasia dibalik kemampuan GeForce GTX 970 tidak lain adalah penggunaan arsitektur GPU teranyar milik NVIDIA, Maxwell generasi dua. Arsitektur GPU tersebut mampu menawarkan performa lebih tinggi tetapi mampu beroperasi dengan daya listrik lebih rendah dibandingkan arsitektur GPU generasi sebelumnya, Kepler. NVIDIA juga melengkapi GeForce GTX 970 dengan kapasitas memori sebesar 4GB sehingga siap menghadapai game next-gen “rakus memori” dan siap menangani resolusi gambar masa depan di atas Full HD (1920 x 1080 piksel).

7

Untuk spesifikasi sendiri, GeForce GTX 970 ditenagai chip GPU GM204 dimana di dalamnya terdapat 1664 CUDA Cores, 104 Texture Units, dan 64 ROP Units. GeForce GTX 970 dilengkapi memori tipe GDDR5 dengan kapasitas 4096 MB dan ukuran bandwidth memory sebesar 256-bit. Chip GPU pada GeForce GTX 970 bekerja pada clock speed 1050 MHz dan berkat teknologi GPU Boost 2.0, clock speed dapat ditingkatkan lebih tinggi lagi menjadi 1178 MHz. Sementara itu untuk chip memori bekerja pada clock speed 7000 MHz dan menjadi clock speed memori graphics card tertinggi untuk saat ini. Menariknya, GeForce GTX 970 hanya membutuhkan power supply dengan keluaran daya sebesar 500 Watt sehingga pengguna tidak perlu mengeluarkan dana berlebih untuk membeli power supply dengan keluaran daya besar.

The Technology

Selain menawarkan keunggulan tersebut, NVIDIA juga menambahkan sejumlah teknologi grafis terbaru pada GeForce GTX 970 untuk membuat tampilan pada game semakin realistis. Sejumlah teknologi tersebut adalah:

DSR (Dynamic Super Resolution)

8

Secara sederhana, teknologi DSR memungkinkan sebuah game untuk diolah pada resolusi gambar sangat tinggi, untuk kemudian dikecilkan dan ditampilkan sesuai dengan resolusi gambar monitor dengan menggunakan alogaritma khusus. Sebagai contoh grafis sebuah game dapat diolah pada resolusi 4K (3840 x 2160 piksel) dan ditampilkan pada monitor dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel). Alhasil pengguna mendapatkan kualitas tampilan game seperti saat menggunakan resolusi 4K tetapi cukup dengan menggunakan monitor Full HD.

MFAA (Multi-Frame sampled Anti-Aliasing)

9

MFAA merupakan teknik anti-aliasing baru dari NVIDIA yang mampu menghasilkan kualitas gambar serupa dengan menggunkan teknik anti-aliasing MSAA.

10

MFAA menawarkan keunggulan dimana frame rate yang didapat 30% lebih tinggi dibandingkan saat menggunakan MSAA tetapi dengan kualitas gambar serupa. Alhasil pengguna mendapatkan kenyamanan bermain lebih baik dengan kualitas tampilan tetap sama.

VXGI (Voxel Global Illumination)

11

VXGI merupakan teknik pencahayaan terbaru dari NVIDIA yang memungkinkan developer game untuk menciptakan kualitas pencahayan mendekati kualitas saat menggunakan teknik ray tracing, cukup dengan menggukan graphics card kelas gaming. Untuk mendapatkan kualitas pencahayaan dengan teknik ray tracing, biasanya dibutuhkan graphics card kelas profesional.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…