Review ArcheAge: MMORPG Sandbox Dengan Segudang Aksi!

Author
David Novan
Reading time:
January 20, 2015

Segudang Aksi Seru

Begitu banyak aksi yang bisa ditemukan di dalam dunia archeage. Sifat permainannya yang dirancang untuk menjadi open world sandbox membuatnya harus menawarkan banyak kegiatan supaya tidak membosankan. Pilihan yang luas untuk pemainnya dimulai dari pembuatan karakter yang akan anda mainkan.

Musuh yang Anda hadapi tidak terbatas manusia saja.
Musuh yang Anda hadapi tidak terbatas manusia saja.

Beragam opsi menarik disediakan untuk membuat karakter yang Anda mainkan sesuai dengan keinginan. Ras yang dapat dimainkan terbagi menjadi empat dan nantinya akan diperluas hingga enam. Seperti dijelaskan pada cerita, mereka terbagi pada dua benua yang terpisah oleh lautan luas.

Tampilan untuk karakter Anda dapat langsung dipilih dari beberapa preset yang ada. Setelah Anda memilih bentuk muka yang diinginkan, beragam faktor lain kemudian dapat diubah, seperti warna kulit, rambut, dan tato. Uniknya, Anda juga dapat menggabungkan muka dari beberapa opsi yang ada untuk menjadi muka baru!

Laut di game ini benar-benar luas dan dalam.
Laut di game ini benar-benar luas dan dalam.

Bila Anda ingin lebih intim merancang karakter baru, game ini juga menyediakan feature tuning wajah yang lebih detail. Beragam aspek wajah dapat Anda ubah dengan ketelitian yang tinggi. Bahkan bila Anda cukup kreatif, wajah karakter Anda dapat dibuat menyerupai artis idola! Setelah Anda bekerja keras untuk membuat wajah tersebut, game ini menyediakan fungsi menyimpan template-nya untuk digunakan pada karakter lain yang Anda buat.

Menambang adalah salah satu cara mengumpulkan bahan untuk crafting.
Menambang adalah salah satu cara mengumpulkan bahan untuk crafting.

Kejutan lain yang disimpan ArcheAge untuk Anda adalah jumlah kelas karakternya yang begitu banyak. Setidaknya Anda dapat menemukan hingga 120 kelas di dalam game ini. Begitu banyaknya kelas tersebut sebenarnya sederhana saja. Anda akan diminta untuk memilih tiga dari 10 Skill Class yang kombinasinya akan menciptakan kelas karakter. Setiap Skill Class tersebut mengandung Skill unik yang dapat dikombinasikan dengan dua Skill Class lain. Teknik ini membuat kelas dengan fungsi sama, misalnya sebagai Tank atau Defender, akan memiliki cara bermain yang berbeda – tergantung dari Skill yang ada di dalamnya.

Jelajahi bumi, laut, dan udara.
Jelajahi bumi, laut, dan udara.

Penggabungan Skill tersebut bukan hanya berpengaruh pada nama dan cara bermain saja. Ternyata banyak skill memiliki efek tertentu ketika digunakan. Misalnya, skill Conversion Shield yang menciptakan perisai sihir dari Auramancy dapat di-combo dengan Shield Slam dari Defense untuk meningkatkan kerusakan yang dihasilkannya. Atau skill Conversion Skill dapat mengurangi waktu tunggu aktivasi skill lain dari kelas yang berbeda. Intinya, begitu banyak kombinasi yang dapat Anda gunakan untuk menemukan “jati diri” Anda di ArcheAge.

Quest yang Anda terima termasuk sederhana dan tidak membutuhkan banyak pemikiran.
Quest yang Anda terima termasuk sederhana dan tidak membutuhkan banyak pemikiran.

Bagaimana bila Anda ingin mencoba kombinasi skill lain? Apakah Anda akan tersangkut dengan skill yang sebelumnya telah dipilih saja? Ternyata Anda dapat mengubah dengan mudah susunan skill yang dipasang pada karakter Anda. Tidak seperti game online Freemium (Gratis main tetapi menjual item premium/item mall) lain yang mengikat Anda dengan membeli item premium untuk mengubah/reset skill, ArcheAge hanya meminta uang dalam game untuk mengubahnya. Baik untuk reset skill atau mengubah susunan skill, Anda hanya perlu membayar uang yang besarnya sebanding dengan level Anda. Jadi, Anda dapat bereksperimen dengan bebas untuk menemukan kombinasi yang klop.

Quest Tracker memperlihatkan arah tujuan Quest berdasarkan warna.
Quest Tracker memperlihatkan arah tujuan Quest berdasarkan warna.

Selain skill aktif yang digunakan dalam pertempuran, Anda juga dapat menemukan skill pasif untuk mendukung kekuatan karakter yang dimainkan. Kebanyakan skill semacam ini menunjang sifat kelas yang Anda gunakan, seperti memperbesar kekuatan penyembuhan untuk kelas penyembuh dan meningkatkan ketahanan armor untuk Tank. Untuk mendapatkan skill pasif, Anda harus mengambil sejumlah skill aktif yang berasal dari kelas skill yang sama. Misalnya 6 skill aktif yang diambil di cabang Defense untuk meningkatkan rasio Block dari perisai. Skill yang Anda gunakan juga akan meningkat levelnya seiring dengan level dari kelas skill yang digunakan.

Beralih ke dalam pertempuran, ArcheAge menawarkan serangan berbasis skill untuk mengalahkan musuh. Jadi, disarankan Anda mampu merangkai skill menjadi combo yang tepat supaya musuh menjadi lebih mudah dikalahkan. Itu pula sebabnya setiap skill memiliki waktu aktivasi ulang (cooldown) yang berbeda. Untuk menyeimbangkan permainan, skill dengan serangan rendah memiliki cooldown rendah sedangkan skill dahsyat diberikan cooldown yang lama, terkadang hingga beberapa menit. Jadi, Anda harus mampu memperhitungkan dan memiliki strategi ketika menggunakan skill dalam pertempuran; terutama ketika bermain bersama pemain lain dalam Party.

Jangan berenang sampai benua lain!!
Jangan berenang sampai benua lain!!

Bermain bersama pemain lain dalam ArcheAge dibagi menjadi beberapa kategori, berdasarkan jumlah pemain yang ikut serta dalam kelompok atau Party. Party kecil biasanya digunakan untuk menyelesaikan Dungeon dengan tingkat kesulitan rendah. Pada Party semacam ini, kerjasama yang dibutuhkan masih minimum, tetapi pemain harus memahami peranan karakter yang digunakannya. Biasanya, Party berisi pemain Tank yang bertugas melindungi pemain lain dengan cara menarik perhatian musuh untuk menyerangnya, Healer untuk menyembuhkan, dan penyerang (DPS) yang bertugas memberikan kerusakan pada musuh.

Lautan menyimpan banyak rahasia untuk ditemukan.
Lautan menyimpan banyak rahasia untuk ditemukan.

Skala lebih besar dapat ditemukan pada Raid atau bahkan Siege Battle. Raid melibatkan beberapa Party menjadi satu untuk mengalahkan Dungeon dengan tingkat kesulitan tinggi. Sedangkan Siege Battle pada ArcheAge melibatkan perang antarGuild yang mampu membangun istana di beberapa tempat strategis. Guild adalah kumpulan pemain yang membentuk organisasi untuk bermain dan menempuh tujuan bersama. Biasanya Guild yang menguasai istana akan mendapatkan keuntungan besar, seperti mendapatkan keuntungan dari semua penjualan yang terjadi di daerahnya.

ArcheAge menganut sistem permainan open PvP (Player versus Player), terutama pada beberapa daerah yang diperebutkan dalam perang. Bukan itu saja yang menyebabkan pemain menyerang pemain lain, terkadang ada juga pemain yang keluar dari faksinya dan menjadi penjahat atau Pirate. Mereka menyerang pemain yang lengah di tengah perjalanannya dan juga menjalankan pembajakan kapal laut dengan menggunakan kapal tempur buatan mereka.

Beragam binatang dapat Anda temukan di dalam game ini.
Beragam binatang dapat Anda temukan di dalam game ini.

Pertempuran laut merupakan salah satu hal yang menarik pada ArcheAge. Setelah Anda berhasil membuat perahu atau kapal tempur untuk mengarungi laut, maka Anda dapat ikut serta dalam beragam pertempuran yang terjadi di laut lepas. Kapal berukuran besar memang kuat, tetapi Anda membutuhkan pemain lain untuk ikut membantu menjalankan kapal laut tersebut. Selain menyerang kapal lain dengan menggunakan meriam, Anda juga dapat menarik kapal lain dengan menggunakan Harpoon dan naik ke kapal mereka!

Berdagang memiliki resiko dan keuntungannya tersendiri.
Berdagang memiliki resiko dan keuntungannya tersendiri.

ArcheAge Tidak Hanya Bertarung

Feature paling menarik dari ArcheAge justru berada di luar pertarungan. Kemampuan pemainnya untuk membangun dan mengembangkan tanah yang ada di dalam game justru memiliki pesona spesial. Itu juga sebabnya game ini digolongkan ke dalam game open world sandbox. Lalu, apa yang membuat feature ini begitu unik dan spesial bila dibandingkan dengan game online MMORPG lain? Terutama yang memberikan kesempatan pemainnya untuk memiliki rumah tinggal?

Pedagang biasanya membangun truk khusus untuk membawa barang dagangan mereka.
Pedagang biasanya membangun truk khusus untuk membawa barang dagangan mereka.

Kemampuan pemain ArcheAge untuk membuat rumah tinggal dan beragam kelengkapannya dari nol adalah yang membedakannya dari game online lain. Anda dapat membeli tanah kosong dan cetak biru rumah yang diinginkan dari tempat bernama Mirage Isle. Tempat ini juga menawarkan beragam hal lain untuk Anda bangun, mulai dari meja, peralatan crafting, interior, hingga kendaraan mobil! Namun, untuk membelinya Anda tidak menggunakan uang biasa, melainkan koin khusus yang didapat dari quest.

Bosan jalan? Anda bisa menunggu kereta di halte yang telah disediakan.
Bosan jalan? Anda bisa menunggu kereta di halte yang telah disediakan.

Selain membangun, Anda juga dapat menekuni crafting yang terbagi menjadi 18 jenis. Anda dapat menemukan beragam keahlian, mulai dari memasak, bertani, beternak, membuat baju, pandai besi, hingga tukang kayu dan percetakan. Semua bahan untuk crafting dapat ditemukan di area permainan atau menumbuhkannya sendiri. Melalui sistem ini, perekonomian dalam ArcheAge bertumbuh dengan sendirinya melalui bantuan pemainnya.

Perlengkapan tempur Anda dapat dengan mudah ditingkatkan kemampuannya.
Perlengkapan tempur Anda dapat dengan mudah ditingkatkan kemampuannya.

Lalu, apakah sistem ini ada kekurangannya? Untuk bisa mendapatkan semua itu Anda harus menjadi Patron alias membayar uang langganan. ArcheAge memang gratis untuk dimainkan, tetapi ia menawarkan beragam konten berbayar untuk melengkapi pengalaman bermainnya. Wajar saja, game sebesar ini harus menghasilkan uang dari banyak cara. Selain sistem Patron untuk mendapatkan akses membeli tanah atau singkatnya memiliki kehidupan, pemain juga dapat membeli beragam kemudahan dalam permainan, seperti membantu perkembangan poin Labor.

Crafting bisa ditemukan dengan mudah, selama Anda mampu membayar biayanya.
Crafting bisa ditemukan dengan mudah, selama Anda mampu membayar biayanya.

Poin Labor digunakan untuk beragam kegiatan di ArcheAge. Misalnya untuk membuat beragam barang dari sis tem crafting. Selain itu, Labor juga digunakan untuk membuka dompet alias Purse yang didapat ketika mengalahkan musuh. Isi purse dapat beragam, mulai dari uang hingga benda yang digunakan untuk crafting. Anda  juga membutuhkan Labor untuk mengidentifikasi armor atau senjata yang didapat dari musuh. Poin tersebut bisa didapat secara periodik, yaitu sekitar 5 Labor per 5 menit selama Anda online. Jika Anda offline, maka pengumpulan  poin dihentikan, kecuali untuk pemain yang berlangganan Patron. Patron juga mendapatkan poin lebih besar per periodiknya.

Beberapa titik teleport memudahkan Anda untuk berkelana.
Beberapa titik teleport memudahkan Anda untuk berkelana.

Apa lagi yang membuat kegiatan di ArcheAge unik? Anda dapat menjalankan perdagangan dengan mengantarkan beberapa jenis barang dari satu tempat ke tempat lain. Biasanya semakin jauh terpisah maka semakin besar pula uangnya. Namun, sebaiknya Anda jangan berdagang bila tidak ditemani oleh kendaraan khusus yang bisa dibuat di crafting. Sebab, kecepatan gerak Anda akan turun drastis ketika membawa barang dagangan tersebut. Bahkan ketika menggunakan tunggangan sekalipun, seperti kuda.

Terkadang Anda dapat menemukan kekonyolan yang dibuat oleh pemain lain.
Terkadang Anda dapat menemukan kekonyolan yang dibuat oleh pemain lain.

Apa ruginya bila Anda lambat bergerak ketika membawa barang dagangan? Pertama, Anda akan lama sampai di tujuan. Lalu, bila Anda melalui daerah yang disengketakan, pemain lain bisa dengan mudah membunuh Anda! Tingkat kriminalitas di daerah semacam ini memang bisa membuat deg-degan. Untungnya, untuk memerangi kriminal, ArcheAge memiliki sistem unik lainnya, yaitu sistem peradilan.

Jangan puas dengan kostum tempur biasa!
Jangan puas dengan kostum tempur biasa!

Pemain yang berbuat kejahatan, baik membunuh pemain lain atau mencuri, akan mendapatkan poin bounty. Bila ia berhasil dikalahkan pemain lain, maka ia otomatis akan tertangkap dan dibawa ke pengadilan. Pemain lain nantinya akan dipanggil acak untuk menjadi juri yang menentukan apakah ia bersalah atau tidak dan berapa lama hukumannya. Bila ia terbukti bersalah, pemain tersebut akan dijebloskan ke penjara selama masa hukumannya!

Temukan rumah idaman Anda di sini
Temukan rumah idaman Anda di sini.

Pemain yang dipenjara kemudian dapat menjalani hukumannya dengan mengumpulkan uang dengan bekerja di sana demi membayar uang tebusannya. Ingin cara yang lebih menarik? Anda bisa kabur dari penjara dengan beragam cara, misalnya menggali terowongan. Cara ini cukup menegangkan, mengingat Anda tidak dapat menggunakan skill sama sekali dan ada kemungkinan tertangkap!

Armor legendaris tersedia untuk pemain yang telah mencapai level tertinggi.
Armor legendaris tersedia untuk pemain yang telah mencapai level tertinggi.
Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…