Review Dead Island – Epidemic: MOBA Versi Zombie Apocalypse!

Author
David Novan
Reading time:
January 23, 2015

Bertahan Hidup Bersama

Cara bermain Dead Island Epidemic merupakan campuran dari game bertahan hidup zombie dan MOBA seperti DoTA2 dan LoL. Bedanya, game ini menekankan kerjasama yang jauh lebih santai dibandingkan MOBA biasa. Biasanya dalam game sejenis, pemain diminta untuk berjuang menaikkan level dan mengumpulkan uang dengan mengalahkan prajurit musuh (dijalankan komputer) yang biasanya disebut Creep. Unit kecil tersebut tidak begitu kuat, tetapi mereka dapat menghabisi unit yang Anda jalankan atau disebut Hero bila dikerubuti. Pada Dead Island Epidemic, semua Creep akan menyerang siapapun, karena mereka adalah zombie!

Setiap Hero memiliki statistik dan peran unik dalam tim.
Setiap Hero memiliki statistik dan peran unik dalam tim.

Jenis zombie yang akan Anda hadapi juga beragam, sama seperti yang akan Anda temui bila memainkan seri Dead Island lain. Zombie yang termudah tidak memiliki kekuatan spesial, tidak berlari, dan mudah dikalahkan. Namun, tidak demikian dengan zombie spesial. Mereka mampu mengacaukan keharmonisan tim Anda dengan beragam cara, misalnya menarik salah satu Hero menjauh dari timnya, melemparkan racun, menerkam hingga tidak dapat bergerak, dan masih banyak lagi. Nah, nantinya Anda akan selalu diancam dengan keadaan tersebut, bahkan ketika sedang bertempur melawan pemain lain sekalipun.

Senjata dapat dibuat sendiri dan memiliki statistik acak layaknya RPG.
Senjata dapat dibuat sendiri dan memiliki statistik acak layaknya RPG.

Metode leveling pada Dead Island Epidemic jauh lebih mudah bila dibandingkan MOBA biasa. Semua Hero akan mendapatkan poin experience dari musuh yang dikalahkan, baik zombie maupun pemain lain, tidak peduli siapapun yang membunuh. Jadi, semua Hero yang ada di tim sama akan memiliki level setara. Faktor pembeda antara Hero yang ada di dalam tim sama adalah peranan Hero, perlengkapannya, dan skill yang dipilihnya. Sistem ini juga membuat tim yang anggotanya selalu bertempur berdekatan memiliki kemungkinan menang lebih besar.

Mengapa demikian? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tujuan utama dari game ini adalah mengumpulkan sumber daya. Jadi, nantinya Anda akan diminta untuk menembus daerah yang dikerumuni zombie, mengambil beragam barang, kemudian kembali ke pangkalan. Setiap Hero harus berpartisipasi dalam membawa barang tersebut, karena masing-masing hanya mampu membawa dalam jumlah terbatas. Selain itu, Hero yang membawa barang akan bergerak lebih lambat dan lebih mudah terluka. Bila salah satu anggota Anda hanya mementingkan dirinya sendiri dan meninggalkan yang lain, maka anggota yang tertinggal akan menjadi santapan mudah untuk zombie dan pemain dari tim lawan.

Untuk bertahan hidup dari serangan zombie dan pemain lain, Anda akan dilengkapi dengan dua jenis senjata, yaitu senjata melee (jarak dekat) dan senjata range (jarak jauh). Setiap jenis senjata tersebut dipecah lagi menjadi beberapa macam, misalnya pedang dan cakar untuk melee atau shotgun dan pistol untuk range. Semua tipe senjata tersebut memiliki kekuatan dan keistimewaan yang berbeda. Contohnya, sebuah pistol memiliki statistik penambahan tingkat kritikal dan kecepatan serangan. Akan tetapi, pistol dengan jenis sama bisa saja memiliki statistik berbeda, misalnya meningkatkan pertahanan dan hindaran. Variasi tersebut membuat senjata yang digunakan dalam satu tim sangat memengaruhi efisiensi peranan Hero yang menggunakannya.

Karakter tambahan dengan kemampuan menarik dapat dibeli dengan mengumpulkan point atau uang Cash.
Karakter tambahan dengan kemampuan menarik dapat dibeli dengan mengumpulkan point atau uang Cash.

Hero dalam Dead Island Epidemic memiliki peran yang mampu mendukung keberhasilan tim, bila digunakan dengan benar. Anda dapat menemukan Hero yang ahli dalam menarik perhatian musuh dan memiliki pertahanan tinggi, pemberi damage besar, support, penyembuh, dan masih banyak lagi. Mereka juga didukung oleh empat skill aktif, salah satunya adalah skill ultimate yang besar pengaruhnya ketika digunakan dalam pertempuran tetapi memiliki masa cooldown lama. Atribut karakter dan skill pasif yang unik juga  tersedia untuk tiap Hero. Setiap Hero memiliki kekuatan yang berbeda dalam hal profisiensi penggunaan senjata. Hero penyembuh termasuk yang paling lemah dalam penggunaan senjata, sedangkan pemberi serangan bisa jadi ahli dalam senjata melee atau range. Semua itu harus dipertimbangkan dalam memilih senjata yang digunakan.

Sama seperti MOBA pada umumnya, setiap kali Anda naik level maka Hero yang digunakan akan mendapatkan skill point. Poin tersebut digunakan untuk meningkatkan skill aktif yang akan digunakan. Cara menaikkannya juga seperti MOBA umumnya, yaitu cukup ditingkatkan langsung pada tanda plus di atas gambar skill pada layar bagian bawah, tanpa perlu meninggalkan permainan dan masuk ke menu baru. Setiap awal permainan, Hero akan memulai dari level 1 dan level yang didapat pada akhir permainan akan direset kembali ketika memulai game baru.

Senjata yang dibuat dapat ditambahkan kemampuan lain, seperti meningkatkan pertahanan atau  damage.
Senjata yang dibuat dapat ditambahkan kemampuan lain, seperti meningkatkan pertahanan atau  damage.

Level yang akan terus dibawa oleh Anda adalah Account Level. Ia akan terus dikumpulkan dan meningkat setiap kali selesai bermain. Senjata yang dapat digunakan, profisiensi skill, dan Blueprint adalah elemen permainan yang dipengaruhi langsung oleh penambahan level tersebut. Berbeda dengan profisiensi senjata, profisiensi skill memberikan semacam fungsi pasif terhadap skill aktif yang dimiliki. Misalnya, skill heal Anda menjadi lebih ampuh dan mampu menyembuhkan keracunan serta Stun.

Persiapan Melawan Zombie

Melalui bencana zombie bukan hal sepele yang bisa dijalankan sembarang orang. Perlu banyak persiapan matang sebelum Anda melalui daerah berisi monster yang melihat Anda sebagai makanannya. Untuk itu, Anda akan diberi kebebasan untuk membuat segala persenjataan di markas pribadi. Anda dapat mengatur banyak hal di sini, seperti memilih Hero yang akan digunakan, mengunjungi toko, membuat beragam perlengkapan tempur dari Blueprint, dan memilih senjata yang digunakan.

Ketika Hero Anda kalah, teman satu tim dapat menghidupkan kembali dengan menahan tombol X atau respawn di titik terdekat.
Ketika Hero Anda kalah, teman satu tim dapat menghidupkan kembali dengan menahan tombol X atau respawn di titik terdekat.

Modal yang dapat Anda gunakan untuk mempersiapkan diri di markas tersebut berasal dari hadiah setelah menyelesaikan misi. Setiap kali Anda kembali ke markas setelah bertarung melawan zombie, Anda akan mendapatkan bahan mentah untuk membuat perlengkapan, experience point, Gear Point, Character Point, dan terkadang Cash. Seringkali Anda juga bisa menemukan Blueprint senjata sebagai hadiah misi. Semakin banyak point yang didapatkan dari keberhasilan misi, maka hadiahnya juga akan semakin besar.

Selain melawan pemain lain, Anda juga dapat bermain mode Coop untuk mencari bahan dan Blueprint.
Selain melawan pemain lain, Anda juga dapat bermain mode Coop untuk mencari bahan dan Blueprint.

Membuat perlengkapan hanya membutuhkan Blueprint, bahan mentah, dan Gear Point. Blueprint untuk membuat senjata yang sama akan menghasilkan statistik yang beragam. Untuk itu, sangat penting untuk mengumpulkan banyak bahan dan membuat senjata hingga menemukan statistik yang tepat untuk Hero Anda. Bila Anda tidak punya kesabaran atau waktu untuk mengumpulkan bahannya, maka Cash dapat menjadi solusi untuk Anda. Cash merupakan point yang dapat digunakan di toko untuk membeli beragam benda, mulai dari Blueprint, senjata, gadget, modification, karakter, benda konsumsi, dan service. Selain Cash, pada beberapa bagian Anda juga dapat menggunakan Gear Point dan Character Point. Cash bisa dibeli dengan menggunakan feature premium, yaitu menggunakan uang asli.

Benda premium dapat Anda beli dengan uang cash untuk membantu mengejar ketinggalan.
Benda premium dapat Anda beli dengan uang cash untuk membantu mengejar ketinggalan.

Penggunaan Cash tidak hanya terbatas pada membeli senjata saja. Anda dapat menggunakannya untuk membeli segala hal di dalam toko. Bahkan, Anda juga dapat membeli service untuk meningkatkan point yang didapat ketika bermain, experience, ranking penyelesaian misi, hingga diskon pembelian di toko. Untuk pemain yang tidak memiliki banyak waktu bermain, Cash tersebut bisa menjadi sarana untuk mengejar ketinggalan dan barang yang dibeli sebenarnya bisa didapatkan dari bermain biasa. Sebab, beberapa barang dagangan di toko meminta poin begitu besar, seperti membeli karakter membutuhkan Character Point yang sangat banyak serta mengumpulkannya cukup lama.

Setelah selesai misi, Anda akan mendapatkan hadiah point dan terkadang Blueprint senjata.
Setelah selesai misi, Anda akan mendapatkan hadiah point dan terkadang Blueprint senjata.
Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…