Review SteelSeries APEX Gaming FNATIC Edition: Keyboard Membran Berdesain Apik!

Author
Denho
Reading time:
February 3, 2015

Bagian Dalam

Demi mengoptimalkan penggunaan SteelSeries, brand ini memberikan driver yang andal, yaitu SteelSeries Engine 3. Driver tersebut dapat digunakan secara universal untuk memaksimalkan kinerja produk SteelSeries lain. Keyboard SteelSeries APEX Gaming FNATIC Edition termasuk di dalamnya.

SteelSeries Engine3 langsung mengenali keyboard
SteelSeries Engine3 langsung mengenali keyboard
LED yang elegan
LED yang elegan

Feature MACRO GALORE menggunakan sistem layer dan mempengaruhi tampilan SteelSeries Engine3. Pada SteelSeries APEX Gaming FNATIC Edition, driver akan menampilkan pengaturan sesuai dengan layer yang digunakan. Anda diberikan kebebasan untuk mengatur hingga empat layer sesuai keinginan. Jadi, Anda dapat mengatur keempat layer tersebut untuk menjalankan empat game yang berbeda.

Pengaturan pada SteelSeries Engine3 tidak terbatas pada makro semata. Anda juga dapat mengatur warna yang diinginkan dalam profile. Variasi warna yang bisa digunakan tidak tanggung-tanggung, hingga 16 juta warna! Anda dapat menemukan pengaturan warna keyboard berubah-ubah dengan memberikan efek Colorshift. Pengaturan warna di SteelSeries APEX Gaming FNATIC Edition juga dipengaruhi oleh Layer yang disediakan. Bahkan pada pengaturan default, keyboard ini telah menyediakan warna yang berbeda untuk membedakan setiap layernya.

layer default animation

Anda ingin menggunakan keyboard ini pada komputer lain atau digunakan untuk kompetisi tetapi tidak ingin mengatur semua dari awal? SteelSeries memberikan fitur tambahan yang membantu, yaitu SteelSeries CloudSync. Sistem cloud ini membantu Anda untuk menggunakan pengaturan yang telah dibuat sebelumnya pada komputer pribadi. Cukup dengan melakukan registrasi mudah pada SteelSeries Engine 3, Anda sudah bisa langsung menerapkan pengaturan sebelumnya kapanpun dan di manapun, selama Anda memiliki akses ke Internet.

SteelSeries merupakan produk yang tersebar global, maka sudah sewajarnya penggunanya menggunakan sistem keyboard berbeda untuk negaranya. Steelseries Engine3 memberikan feature yang cukup menarik, yaitu keyboard region. Feature ini memungkinkan Anda untuk menggunakan susunan tombol sesuai dengan negara asal Anda yang tidak menggunakan keyboard berbasis “QWERTY,” seperti China, Jepang, dan negara lain yang tidak menggunakan huruf latin.

driver animation

Bagaimana dengan Kenyamanannya?

SteelSeries APEX Gaming FNATIC Edition adalah keyboard yang diciptakan untuk bermain game. Berbeda dengan keyboard biasa, ia harus mampu memenuhi kebutuhan gamer yang jauh lebih intens dibanding mengetik saja. Oleh karena itu, kami gunakan pada saat memainkan game MOBA, seperti DOTA2, MMORPG Aura Kingdom, dan FPS Counter Strike 1.6.

Ketika kami memainkan game DOTA2, SteelSeries APEX Gaming FNATIC Edition membuat kami tidak mengalami kesulitan dalam bermain, bahkan bisa dibilang mampu memberikan respon baik ketika menggunakan skill. Hal ini disebabkan desain tuts keyboard yang rendah sehingga membran lebih cepat aktif ketika ditekan.

Sedangkan pada game MMORPG: Aura Kingdom, keyboard ini mampu mempermudah permainan berkat bantuan makro yang tersedia. Dalam game, kami menguji pada 4 karakter dan masing-masing hanya membutuhkan 3 makro saja dalam 1 layer. Fakta ini membuat kami bertanya –  game apa yang perlu menggunakan 22 makro?

Pengujian pada game FPS seperti Counter Strike 1.6, kami menemukan bahwa Anda dapat lebih mudah membeli 2 item sekaligus. Kejadian ini berkat bantuan feature Anti-ghosting yang terdapat pada SteelSeries APEX Gaming FNATIC Edition. Equipment dapat dibeli secara bersamaan dengan syarat tombol untuk membelinya bersebelahan. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk mempersingkat waktu pembelian senjata. Lebih cepat lagi bila Anda menggunakan macro yang disediakan keyboard ini.

Bagimana jika SteelSeries APEX Gaming FNATIC Edition digunakan untuk kebutuhan sehari-hari? Bila Anda terbiasa menggunakan keyboard standar, Anda mungkin akan menemui kesulitan ketika pertama kali menggunakannya. Kesulitan tersebut akibat desain dari permukaan tuts yang rata dan ukuran tuts lebih besar dibandingkan keyboard standar.

Kesimpulan

Salah satu produk keyboard membran yang baik
Salah satu produk keyboard membran yang baik

Seolah sudah menjadi sebuah persepsi yang diterima bersama, keyboard gaming selalu identik dengan switch mekanikal. Ia dilihat sebagai produk yang mampu menawarkan kinerja dan kenyamanan terbaik. Padahal jika ingin ditelusuri lebih jauh, tidak sedikit keyboard membran yang mampu menawarkan fungsi sama atau bahkan lebih. Salah satunya adalah SteelSeries APEX Gaming FNATIC Edition.

Keyboard ini mampu memberikan kenyamanan bagi gamer ketika bermain. Usaha yang dikeluarkan SteelSeries dalam penelitiannya terbayarkan, dengan menyimpulkan bahwa sebagian besar gamer menggunakan 20 tuts keyboard. Feature Superior Anti-Ghosting pada tuts tersebut membuat SteelSeries APEX Gaming FNATIC Edition mampu bersaing dengan keyboard switch mekanikal dan memiliki kinerja lebih baik dibandingkan keyboard membran gaming lainnya.

Kosmetik yang ditawarkan SteelSeries APEX Gaming FNATIC Edition cukup elegan. Permainan warna yang bisa ditampilkannya memiliki spektrum warna yang luas, sekitar 16 juta warna yang dapat diatur menggunakan driver SteelSeries. Ditambah lagi Anda dapat mengaturnya ke dalam empat layer yang berbeda. Keyboard ini dapat Anda bawa pulang dengan kisaran harga Rp. 1.490.000,- (per tanggal 21 januari 2015).

Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…

PlayStation

December 28, 2020 - 0

Review Cyberpunk 2077: Terjebak Ilusi Korporasi!

Game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini, tidak ada…
December 15, 2020 - 0

Preview Cyberpunk 2077: Berandal Masa Depan!

Menyebutnya sebagai game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini…
December 4, 2020 - 0

Review Assassin’s Creed Valhalla: Saga Sang Penjarah!

Tidak lagi mengusung sistem rilis tahunan dan memberikan sedikit ruang…
December 3, 2020 - 0

Preview Immortals Fenyx Rising: Dewa dan Monster!

Perhatian untuk proyek yang satu ini memang terhitung besar ketika…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…