Keuntungan Square Enix Naik Dua Kali Lipat

Reading time:
February 5, 2015
square enix3

Square Enix, nama yang satu ini memang sempat menjadi lambang dari begitu banyak game JRPG berkualitas di masa lalu. Sayangnya, seiring waktu, ia kini lebih pantas disebut sebagai bukti nyata dari begitu  banyak keputusan dan langkah yang berakhir menjadi kekecewaan bagi gamer. Berapa banyak gamer yang mengantisipasi gembar-gembor “Project Z” yang sempat mereka luncurkan beberapa waktu lalu, dan terpaksa menelan pil pahit karena ia berakhir menjadi game yang tidak terasa signifikan sama sekali. Salah satu kebijakan Square Enix yang paling menyebalkan adalah keputusan untuk merilis game-game andalan mereka dengan smartphone sebagai prioritas utama. Namun, laporan keuangan terbaru mereka tampaknya bisa membantu kita mendapatkan sedikit gambaran mengapa mereka menempuh langkah seperti ini.

Berita baik untuk Square Enix, keuntungan mereka berhasil naik dua kali lipat dari periode yang sama tahun lalu. Lantas produk apa yang berkontribusi pada peningkatan signifikan ini? Selain keberhasilan Kingdom hearts HD 2.5 ReMIX untuk Playstation 3, Square Enix juga memberikan tribut besar untuk produk smartphone dan PC populer mereka. Smartphone tetap jadi primadona dan kontributor terbesar, dengan game game seperti Schoolgirl Strike, Final Fantasy Record Keeper, dan Kairi-Sei Million Arthur yang berhasil tampil gemilang. Tidak hanya itu saja, Sengoku IXA dan Dragon Quest Monster Super Light juga masuk ke dalam list game yang membantu Square Enix mencapai peningkatan ini.

Kontribusi keuntungan Square Enix masih didominasi oleh game smartphone populer mereka. Sementara dari game konsol, KH 2.5 HD Remix, jadi andalan.
Kontribusi keuntungan Square Enix masih didominasi oleh game smartphone populer mereka. Sementara dari game konsol, KH 2.5 HD Remix, jadi andalan.

Lantas, bagaimana dengan Final Fantasy XIV? Ia dan Dragon Quest X memperlihatkan progress positif, namun tidak sesignifikan proyek yang lain. Sekarang Anda tahu mengapa Square Enix begitu tergila-gila dengan pasar smartphone, terutama di Jepang..

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…