Preview Resident Evil – Revelations 2: Tanda Tanya Besar!

Reading time:
February 26, 2015
Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (1)

Berapa banyak dari Anda yang masih jatuh hati dengan pengalaman yang ditawarkan oleh Resident Evil HD Remaster belum lama ini? Pilihan untuk mempertahankan elemen gameplay klasik di atas kualitas visualisasi yang pantas disandingkan dengan game-game keluaran generasi terbaru membuatnya tampil luar biasa. Seolah semua rasa rindu untuk mencicipi sensasi klasik Resident Evil yang sudah terbangun selama ini akhirnya terbayarkan manis.

Di tengah seri utama yang kian cenderung jatuh ke sensasi sebuah game action, Capcom sebenarnya masih punya satu seri Resident Evil lain yang mampu mengkombinasikan cita rasa modern dan klasiknya dengan cukup seimbang. Benar sekali, kita tengah membicarakan Resident Evil Revelations yang akhirnya, merilis sebuah seri baru ke pasaran. Lantas, bagaimana kesan pertama yang ditawarkan oleh Resident Evil Revelations 2 ini?

Kesan Pertama

Ada sedikit kelegaan, tidak bisa dipungkiri, untuk melihat karakter-karakter ikonik Resident Evil yang seolah diabaikan begitu saja selama beberapa tahun terakhir ini akhirnya berkesempatan untuk beraksi kembali dengan cerita mereka sendiri. Melihat kembali Claire Redfield yang kini terlihat lebih dewasa dan Barry Burton yang bahkan sudah memiliki anak remaja yang beranjak dewasa seolah membuat semua memori menyenangkan soal franchise ini di masa lalu kembali. Sayangnya, mereka tidak lantas tampil dalam  detail yang bisa dibandingkan dengan game-game generasi terbaru saat ini. Secara visual, tidak ada yang istimewa dengan Resident Evil: Revelations 2.

Pendekatan yang dilakukan Capcom di Resident Evil: Revelations dan Revelations 2 sendiri boleh terbilang berbeda, terlepas dari fakta keduanya merupakan game third person shooter dengan kamera yang mengikuti dari pundak karakter yang Anda gunakan. Di Resident Evil Revelations 2, Anda akan disuguhkan dua skenario dari kacamata Claire dan Barry secara bergiliran. Masing-masing karakter ini ditemani karakter pendukung dengan karakteristik fungsi mereka masing-masing. Claire ditemani oleh Moira Burton sementara Barry oleh sosok anak perempuan misterius bernama Natalia. Anda akan berbagi tempat yang sama, namun dengan timeline dan alur gerak yang berbeda. Dan tentu saja, segudang musuh untuk ditundukkan.

Sayangnya, kesan pertama yang ia tawarkan tidaklah sekuat Resident Evil Revelations. Formula yang diracik Capcom di seri pertamanya melebur konsep modern dan klasik sebuah survival horror yang pantas untuk diacungi jempol. Ada aksi di sana, namun ada banyak momen yang cukup untuk membuat Anda panik. Di seri kedua ini? Lagi-lagi Capcom membuatnya tidak seimbang, dengan sisi action lebih kentara di tingkat kesulitan Normal sekalipun. Alternatif senjata, segudang peluru, musuh yang mudah ditundukkan. Tidak ada sensasi bahwa Anda berada di dalam situasi yang benar-benar mengancam, di luar satu atau dua kali momen jump scare yang terasa tidak signifikan.  Ditambah dengan begitu banyak herb yang ada? Sejauh ini, terasa mudah.

Namun tanda tanya terbesar kami mengarah pada keputusan Capcom untuk  merilis Resident Evil Revelations 2 ini dalam format episodik, dengan jarak rilis hanya satu minggu untuk setiap episode yang ada. Mengapa? Karena sejauh ini, format seperti ini tidak memberikan kontribusi apapun pada pengalaman yang kami dapatkan. Berbeda dengan game seperti Telltale atau Life is Strange yang cukup membuat Anda penasaran seperti apa konsekuensi dari aksi Anda di episode satu berpengaruh ke yang lainnya, Resident Evil bergerak linear tanpa cabang cerita, sehingga tidak mampu menawarkan sensasi tersebut. Untuk membuat cerita lebih intense layaknya sebuah film seri Barat? Tidak berhasil juga, karena jalinan cerita di episode 1 ini seolah bisa Anda prediksi arahnya, walaupun masih penuh misteri di sana sini. Mengapa episodik? Kami sendiri belum menemukan jawaban yang pasti dari sisi gameplay.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporisonnal untuk melakukan review, izinkan kami melemparkan segudang screenshot di bawah ini untuk membantu Anda mendapatkan sedikit gambaran apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Resident Evil Revelations 2 ini. Besar kemungkinan kami baru akan melakukan review setelah mencicipi episode 2 minggu depan untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih penuh, setidaknya untuk memahami apa yang sebenarnya ingin dicapai Capcom dengan format episodiknya. Satu yang pasti, kami akan bersenang-senang dengan mode Raid yang akhirnya kembali!

PS: Klik Gambar untuk Memperbesar!

Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (3) Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (13) Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (16) Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (33) Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (222) Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (214) Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (191) Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (173) Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (164) Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (119) Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (103) Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (94) Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (78) Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (64) Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (51) Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (29) Resident Evil Revelations 2 - episode 1 jagatplay (21)
Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…