Review ASUS ROG Whetstone: Mousepad Gaming Andalan nan Keren!

Author
David Novan
Reading time:
March 24, 2015
Whetstone, batu asah untuk mempertajam permainan Anda!
Whetstone, batu asah untuk mempertajam permainan Anda!

Mousepad; sama seperti perangkat gaming lainnya, adalah satu elemen yang mampu menentukan kemenangan dan kekalahan. Ketika Anda memainkan game untuk rekreasional saja, pentingnya perangkat gaming ini tidak begitu terasa. Namun, lain masalahnya bila Anda mulai meningkatkan level permainan ke tingkat pertandingan, E-Sports, atau setidaknya bermain multiplayer melawan orang lain. Pada momen tersebut, peningkatan sesedikit apapun akan menentukan hasil dari pertandingan yang Anda ikuti.

Tingkatan kinerja mousepad sendiri beragam, bahkan ketika berbicara untuk grade gaming saja. Berbeda dengan mousepad biasa, kelas gaming memiliki peningkatan yang didukung teknologi canggih dalam pembuatannya, terutama ketika menyangkut bentuk permukaan atas, bahan pembuatan, dan kemampuan mencengkram dari karet yang ada di permukaan bawahnya. Ketiga hal inilah yang perlu diperhatikan dengan seksama ketika Anda memilih mousepad untuk menemani sesi bermain.

Sebagai salah satu produsen terkemuka di bidang perangkat gaming, ASUS Republic of Gaming (ROG) tidak mau kalah bila menyangkut mousepad gaming andalan. ASUS ROG Whetstone merupakan mousepad gaming dengan beragam elemen yang pas, baik dari sisi bahannya maupun fungsi ketika digunakan untuk bermain game. Wajar saja, selain ROG memang diciptakan sebagai jajaran perangkat Premium Gaming, mousepad ini juga dirancang dengan melibatkan tim E-Sports Taipei Assassins!

Desain Suku Maya

Satu hal yang langsung menarik perhatian ketika berbicara mengenai tampilan Whetstone adalah bentuk permukaannya. Alih-alih menggunakan permukaan halus layaknya mousepad gaming lain, Whetstone membubuhkan ukiran khas suku Maya kuno di sana. Desain ini sangat berani dan harus diakui langsung membuat siapapun yang melihatnya tertarik.

Ukiran tribal suku Maya pada mousepad ini mampu menarik perhatian gamer lain
Ukiran tribal suku Maya pada mousepad ini mampu menarik perhatian gamer lain

Keberadaan ukiran tersebut sebenarnya bukan konsep sembarangan. Sebab, semenjak ASUS mengumumkan jajaran perangkat Premium Gaming ROG pada CES 2015 awal tahun ini, pola Maya kuno tersebut telah terlihat pada produk terbarunya yang diumumkan di sana, seperti mouse gaming ROG Sica. Anda juga dapat menemukan pola tersebut pada badan PC kelas Premium ROG G20.

Hal menarik yang ditawarkan oleh Whetstone tidak terbatas pada kosmetiknya saja. Bahan yang digunakan untuk membuat mousepad ini sendiri juga berasal dari kelas atas, yaitu silikon. Mengapa tidak menggunakan bahan karet atau kain biasa? Ternyata silikon mampu memberikan dua kelebihan pada Whetstone bila dibandingkan mousepad biasa, yaitu kekuatan dan kelenturan.

Fakta yang telah menjadi rahasia umum bagi produsen perangkat gaming  adalah gamer bisa jadi sangat kasar ketika bermain game, terutama ketika berada di titik paling menentukan dalam permainan. Itulah sebabnya kekuatan perangkat gaming menjadi perhatian utama dalam pembuatannya. Anda tentu pernah melihat atau mengalami sendiri tendensi kasar gamer tersebut, misalnya membanting mouse ke meja atau menggebrak keyboard.

Mousepad juga tidak luput dari perangai tersebut. Seringkali gamer menarik mousepad dengan kasar bila ia bergeser ketika sedang berada di tengah pertempuran panas. Kekuatan yang diberikan oleh bahan berbasis silikon dalam Whetstone membuatnya mampu menahan siksaan gamer tersebut. Selain itu, bahan ini membuat pangkal lengan Anda lebih nyaman ketika menggunakannya.

Karet di bawah mousepad mampu mencengkram beragam jenis permukaan meja
Karet di bawah mousepad mampu mencengkram beragam jenis permukaan meja

Rasa sakit pada pangkal lengan kanan ketika menggunakan mousepad merupakan masalah yang selalu diderita gamer. Biasanya, rasa sakit itu disebabkan oleh gesekan pangkal lengan dengan sudut tajam di tepian mousepad. Hal ini sering terjadi pada mousepad gaming berbasis bahan keras. Penggunaan silikon pada Whetstone mencegah terjadinya masalah tersebut. Berkat bahan tersebut, tebal mousepad dapat ditekan hingga 2 mm saja dan pada saat bersamaan masih mampu mempertahankan keempukannya. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menemukan tepian luar yang dimodifikasi supaya tidak tajam.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…