Banyak Detail Terbaru MGS V: Phantom Pain Muncul

Reading time:
June 5, 2015
mgs v phantom pain e3 2014

Sangat disayangkan memang, melihat nama Metal Gear Solid saat ini justru lebih melekat kuat pada konflik antara Hideo Kojima dan Konami yang sampai saat ini, belum menemukan titik terang sama sekali. Padahal, Kojima saat ini tengah sibuk mempersiapkan proyek Metal Gear Solid-nya yang paling ambisius – The Phantom Pain yang akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan. Berbeda dengan seri MGS lain yang linear, Phantom Pain hadir dengan open-world sebagai genre gameplay utama. Dengan sepak terjang Kojima yang sudah terbukti selama ini, ia akan tampil sebagai judul yang menyegarkan untuk gamer yang familiar ataupun belum pernah menjajal franchise raksasa ini sebelumnya.

Metal Gear Solid V: The Phantom Pain memang baru akan dirilis beberapa bulan ke depan, namun beberapa media gaming ternama – ternyata sudah berkesempatan untuk menjajal game ini secara langsung. Tercatat dua media cetak – Xbox Magazine dan Official UK PS Magazine bahkan sudah melemparkan impresi mereka kepada publik, membuka banyak detail terbaru soal mekanisme gameplay seperti apa yang pantas kita antisipasi. Apa saja detail tersebut? Kami merangkumnya untuk Anda:

mgs v tpp2 mgs v tpp1 mgs v tpp
  • Impresi jam-jam awal permainan merupakan salah satu yang terbaik yang pernah mereka cicipi. Alih-alih game action, sensasi horror justru terasa lebih kuat. Trailer awal Phantom Pain yang dirilis beberapa waktu lalu? Tidak cukup untuk menggambarkan apa yang tengah dipersiapkan Kojima.
  • Snake tidak mengerti bahasa asing, sehingga interogasi terhadap musuh dari negara lain akan berakhir sia-sia. Namun jika ia berhasil merekrut seorang penerjemah, kemampuan mengerti bahasa asing tersebut akan terbuka.
  • Sistem fast-travel dikonfirmasikan.
  • Baterai Night-Vision googles bisa habis. Anda bisa melakukan upgrade untuk membuatnya lebih tahan lama.
  • Jumlah pasukan akan di pagi dan malam hari akan berbeda.
  • Akan ada layar untuk memodifikasi “Loadout” Anda sendiri. Anda bisa memilih waktu memulai misi, senjata, perlengkapan, efek lengan mekanik, jenis peledak, teman, jenis kardus, kendaraan ketika memulai, hingga karakter yang digunakan.
  • Beberapa “teman” perjalanan Snake terkonfirmasi. Selain sang kuda, anjing, dan tentu saja – Quiet, perlengkapan lain bernama Mech-Walker juga dipastikan hadir. Anda bahkan bisa memperkuat Mech-Walker Anda dengan ragam variasi serangan dan senjata.
  • Anjing bisa digunakan untuk menyerang musuh atau mencari objek yang terlihat di iDroid.
  • Kuda tidak bisa dibunuh. Anda bisa meletakkan tawanan Anda di kuda seperti di Red Dead Redemption.
  • Kehadiran Quiet di Motherbase justru membuat moral pasukan lebih rendah.
  • Alarm di markas besar musuh akan mengudang bala bantuan dari markas kecil pendukungnya yang terletak di sekitar. Player punya kebebasan untuk menghancurkan markas kecil ini terlebih dahulu, atau langsung menghancurkan komunikasi antar markas kecil ini langsung di markas besar.
  • Anda bisa menggunakan kardus untuk melakukan sliding.
  • Ada lebih dari 14 markas raksasa untuk wilayah Afghanistan, dengan lebih dari dua lusin markas kecil untuk mendukungnya.
  • Ada kelompok musuh bernama “Skulls” yang mampu berlari lebih cepat dari kuda yang ditunggangi oleh Snake, memiliki mata hijau, dan sulit untuk dibunuh.
  • Setiap misi terasa seperti sebuah episode dalam film televisi, dengan layar pembuka dan penutup.
  • Setiap misi akan memiliki quest sampingan yang lebih kecil untuk ekstra reward.
  • Fulton (balon) harus diupgrade untuk membawa benda yang lebih berat. Apapun yang ia bawa akan hilang selamanya dari map, sehingga tidak ada kesempatan untuk melakukan farming.
  • Struktur gameplay berlangsung terbuka. Ini berarti akan ada banyak misi dibuka sekaligus dan Anda bisa menyelesaikan mereka tanpa harus kembali ke Mother Base.
  • Sistem multiplayer mirip dengan Dark Souls, dimana Anda bisa diinvasi atau menginvasi Mother Base player lain. Tenang saja, fitur ini bisa dimatikan.
  • Moral di Mother Base akan turun jika Snake tidak sering mengunjunginya.
  • Varian senjata lebih banyak bisa dibuka dengan mencari blueprint yang tersebar di sepanjang map.
  • Anda bisa melihat Mother Base Anda tumbuh besar secara fisik, dengan tambahan tingkat dan penghuni. Snake juga bisa melakukan beragam hal di sini, dari sekedar mandi hingga berlatih dengan anggota pasukan baru.
  • Tidak semua anggota baru Anda akan tampil sebagai orang baik. Tiap dari mereka memiliki sifat uniknya sendiri, termasuk yang senang berkelahi dengan sesama pasukan yang lain.
  • Masih ingat dengan helm ayam yang sempat diperkenalkan Kojima?  Helm ini akan membuat Anda bisa terlihat tiga kali tanpa memicu status Alert.
  • Salah satu misi akan meminta Anda untuk menangkap seekor beruang.
mgs v tpp6 mgs v tpp5 mgs v tpp4 mgs v tpp3

Keduanya juga setuju bahwa Metal Gear Solid V: The Phantom Pain terasa seperti Peace Walker 2 karena banyaknya kesamaan elemen gameplay yang ditawarkan. Kerennya lagi? Keduanya juga berakhir dengan impresi yang sangat positif dan menantikan aksinya di rilis mendatang.

Metal Gear Solid V: Phantom Pain akan dirilis pada 1 September 2015 mendatang, untuk Playstation 3, Playstation 4, Xbox 360 dan Xbox One. Sementara untuk versi PC, ia akan datang terlambat 2 minggu – tepatnya 15 September 2015. Can’t wait to taste it myself!

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…