Review Galactic Civilizations III: Menguasai Galaksi Tanpa Ribet!

Author
David Novan
Reading time:
June 12, 2015

Pondasi Awal Kerajaan Galaksi

Spesies yang bisa Anda gunakan dalam game ini beragam jenis dan kekuatannya. Manusia hanya satu dari delapan spesies yang telah bertualang di angkasa luar dan mengembangkan sayapnya untuk menjadi penguasa dominan. Namun, kekuatan yang terdapat pada setiap spesiesnya juga diikuti oleh kelemahan. Hal ini nantinya akan memengaruhi gaya permainan Anda ketika membangun kerajaan terbaik.

Langkah awal membangun kerajaan galaksi, memilih spesies untuk dimainkan
Langkah awal membangun kerajaan galaksi, memilih spesies untuk dimainkan

Bila dilihat dalam garis besarnya, semua spesies dalam game ini dapat dibagi menjadi beberapa aspek kekuatan. Spesies dapat mengembangkan kekuatannya di bidang militer, ekonomi, ekspansi, kebudayaan, pengetahuan, dan politik. Semua itu dapat dilihat ketika Anda memilih salah satu dari spesies yang ada. Meskipun spesies dengan kemampuan militer misalnya dapat beralih ke dalam bidang politik, tetapi akan cukup sulit untuk menandingi spesies yang memang ditakdirkan untuk berjalan di bidang tersebut. Apalagi seringkali kekurangan dari spesies tersebut memang membuat kekuatan di bidang lain menjadi berkurang.

Tidak puas dengan spesies yang ada? Silakan buat sendiri!
Tidak puas dengan spesies yang ada? Silakan buat sendiri!

Untungnya, Anda dapat dengan mudah membuat sendiri spesies yang sesuai dengan gaya bermain. Selain membuat nama spesies baru serta penampilannya, Anda juga dapat lebih dalam menentukan kemampuan serta sifatnya. Namun, hal ini bukan berarti Anda dapat membuat spesies superior yang bisa segala hal. Sebab, setiap kelebihan yang Anda pilih akan menghabiskan poin yang disediakan dan hal ini membuat Anda hanya dapat mengambil beberapa kekuatan saja. Bila anda ingin lebih banyak mengambil kekuatan, maka Anda dapat menambahkan kekurangan demi mendapatkan poin tambahan!

Sebelum memulai permainan, Anda dapat menentukan beragam setting permainan
Sebelum memulai permainan, Anda dapat menentukan beragam setting permainan

Ekspansi Galaksi

Hal terpenting yang menjadi langkah awal dalam membangun kerajaan galaksi adalah mengenal daerah yang akan menjadi taman bermain Anda. Itulah sebabnya Anda akan banyak menjelajah menggunakan kapal Scout yang cepat gerakannya tetapi tidak dapat bertarung. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, game ini menggunakan gameplay Turn Based. Jadi, setiap langkah yang diambil oleh unit yang Anda miliki akan terbatas setiap gilirannya.

Gunakan unit koloni untuk menempati planet
Gunakan unit koloni untuk menempati planet

Pengaruh apa yang akan Anda temukan akibat gameplay tersebut? Pertama tentu saja permainan akan menjadi sangat strategis dibandingkan action. Berbeda dengan gameplay Real Time, Turn Based memberikan Anda waktu tanpa batas untuk menentukan langkah apa yang akan diambil setiap Turn-nya. Hal ini juga membuat keputusan untuk menggerakkan satu unit ke satu titik akan sangat berpengaruh pada posisi Anda dibandingkan kerajaan lain. Apalagi setiap unit hanya dapat berjalan beberapa petak hexagon saja setiap turn-nya, tergantung dari jenis mesin apa yang dimilikinya. Ya, Anda nantinya dapat memengaruhi beragam kekuatan unit, bukan hanya pergerakannya saja, hanya dengan mengganti perangkat yang digunakannya!

Mencari planet yang bisa dihuni tidak mudah
Mencari planet yang bisa dihuni tidak mudah

Namun, menemukan planet yang bisa dihuni dalam galaksi ini bukanlah hal yang mudah. Apalagi bila Anda menggunakan setting normal ketika akan memulai permainan. Setiap tata surya yang nantinya akan ditemui oleh unit Scout belum tentu memiliki planet yang “hidup”. Oleh sebab itu, balapan untuk menemukan dan mengkolonisasi planet menjadi pertimbangan penting dalam setiap turn. Semakin banyak planet yang Anda miliki, semakin besar keuntungan yang akan dimiliki kerajaan Anda.

Anda dapat menemukan cuplikan film ketika melakukan sesuatu di kali pertama
Anda dapat menemukan cuplikan film ketika melakukan sesuatu di kali pertama

Akan tetapi, mengirim kapal koloni ke planet yang bisa dihuni bukan satu-satunya jalan untuk memperluas kerajaan Anda. Sebab, Anda dapat menggunakan cara lain untuk mengambil planet yang saat ini dimiliki kerajaan lain, baik secara kasar maupun halus! Kekuatan militer dan invasi planet merupakan cara yang kasar untuk merebut planet. Uniknya, Anda juga dapat menggunakan cara halus untuk merebut hati populasi planet tersebut dan secara sukarela pindah ke kerajaan Anda, yaitu dengan cara politik dan pengaruh kebudayaan!

Antariksa menyimpan banyak rahasia, seperti artifak dengan beragam isi yang menarik
Antariksa menyimpan banyak rahasia, seperti artifak dengan beragam isi yang menarik

Banyaknya cara untuk menang membuat game ini tidak terpatok pada satu gaya bermain saja. Selama Anda dapat menggarap kekuatan yang dimiliki spesies dengan maksimal, maka bangsa yang agresif sekalipun dapat ditaklukan tanpa menggunakan kekuatan militer! Contoh yang paling menarik adalah dengan menggunakan kekuatan ideologi dan politik.

Semua unit memiliki batas jarak tempuh, tergantung dari mesin yang digunakan
Semua unit memiliki batas jarak tempuh, tergantung dari mesin yang digunakan

Ideologi dan Politik

Setiap kerajaan yang berkompetisi untuk menjadi penguasa galaksi dalam game ini memiliki ideologi. Fitur ini menandakan pola pikirnya dalam menjalankan bangsanya. Ada tiga ideologi yang dapat Anda pilih dengan bebas, yaitu Benevolent, Pragmatic, dan Malevolent. Benevolent dan Malevolent merupakan dua kutub yang bertolak belakang, satu menjunjung kedamaian dan lainnya kekerasan. Sedangkan Pragmatic mendukung damai, tetapi tidak ada salahnya bersiap jikalau suatu saat Anda membutuhkan kekuatan militer.

 

012 013 014

Ideologi tersebut nantinya memengaruhi bagaimana kerajaan lain melihat Anda. Bila ideologinya sama dengan mereka, maka hal itu akan menjadi nilai tambah dari sikap mereka terhadap Anda. Begitu juga sebaliknya, mereka akan membenci Anda bila memiliki ideologi yang berbeda. Bahkan, seringkali hal ini dapat menyebabkan gesekan yang berbahaya antara kedua kekuatan di galaksi.

Setiap bangsa asing memiliki pendapat tersendiri mengenai bangsa Anda
Setiap bangsa asing memiliki pendapat tersendiri mengenai bangsa Anda

 

Terkadang Anda akan bertemu event dengan opsi yang dapat memberikan poin ideologi
Terkadang Anda akan bertemu event dengan opsi yang dapat memberikan poin ideologi

Setiap ideologi tersebut akan memberikan keuntungan tersendiri untuk kerajaan Anda. Setiap kali Anda mendapatkan poin ideologi melalui beberapa kesempatan, biasanya berupa event yang dapat Anda pilih sendiri hasilnya dari beberapa opsi, maka Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan kekuatan ideologi baru. Kekuatan tersebut beragam bentuknya, mulai dari menemukan planet baru, memberikan fasilitas baru dengan kemampuan spesial, hingga membuat semua kerajaan lain di galaksi berperang dengan bangsa yang menyerang Anda!

Beragam opsi politik dan negosiasi akan muncul setelah Anda menelitinya
Beragam opsi politik dan negosiasi akan muncul setelah Anda menelitinya
Posisi hubungan politik dengan bangsa lain dapat dilihat dengan mudah
Posisi hubungan politik dengan bangsa lain dapat dilihat dengan mudah

Kekuatan untuk berperang tanpa kekuatan militer sendiri bukan hanya terbatas pada penggunaan ideologi saja. Anda juga dapat menggunakan kekuatan politik untuk memanipulasi bangsa lain. Semakin dalam Anda menggarap beragam teknologi yang berhubungan dengan politik dan pengaruh kebudayaan, maka bangsa lain akan semakin mudah dipengaruhi keputusannya. Pengaruhnya bukan hanya terbatas pada militer saja, tetapi juga meluas ke bidang ekonomi dan teknologi!

Terkadang, bangsa asing meminta bantuan Anda
Terkadang, bangsa asing meminta bantuan Anda
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…