Review Kholat: Horor Murni yang Mencekam!

Author
David Novan
Reading time:
June 24, 2015
Kholat Jagatplay (1)
Kholat tidak memanjakan Anda dengan bantuan visual apapun

Dahulu kala, saat dunia tidak memiliki teknologi untuk menghasilkan grafik 3D dalam film, cerita horor dibawakan dengan cara yang sangat sederhana. Hanya berbekal suasana, cerita, dan lagu latar belaka ternyata berhasil membuat penontonnya tidak bisa tidur di malam hari nan gelap. Namun tidak demikian dengan cerita horor masa kini. Penonton dan penikmat cerita horor kini disuguhkan efek kaget dan deg-degan saja, tetapi tidak meninggalkan kesan yang dalam sehingga mampu membuat Anda mimpi buruk.

Kholat merupakan game horor yang cukup unik bila dibandingkan dengan game sejenis saat ini. Ternyata, game ini memutuskan untuk menggunakan trik horor klasik untuk meninggalkan kesan dalam bagi pemainnya, yaitu dengan mengandalkan cerita nan begitu mengerikan dibalut dalam suasana lingkungan mencekam dan lagu serta efek suara yang tidak kalah seramnya! Lupakan pengalaman bermain game horor yang hanya mengandalkan grafik dan efek kaget belaka, sebab Kholat akan menempelkan rasa seram di dalam ingatan Anda!

Narasi utama diperlihatkan dalam animasi yang sederhana
Narasi utama diperlihatkan dalam animasi yang sederhana

Namun, Kholat tidak hanya berbekal cerita horor belaka. Tampilan grafis dalam game ini juga tidak dapat dianggap sepele. Sebab, game ini menggunakan dukungan Unreal Engine 4 untuk menghasilkan lingkungan nan realistik serta efek visual yang begitu meyakinkan! Hal ini pula yang membuatnya menjadi cukup berat untuk dimainkan dari sisi permintaan spesifikasi Hardware.

Kualitas grafisnya begitu indah
Kualitas grafisnya begitu indah

Berlatar Kisah Dunia Nyata

Cerita Kholat berkisar pada kisah yang benar-benar terjadi pada tahun 1959 di pegunungan Ural, Rusia. Kejadian yang dinamakan Dyatlov Pass Incident merupakan salah satu dari misteri paling mengerikan di dunia hingga saat ini. Bahkan, sampai sekarang apa yang terjadi di sana belum dapat dipecahkan, hingga peneliti merumuskan penyebabnya adalah kejadian gaib atau supernatural!

Tidak ada penanda yang menunjukkan Anda harus pergi ke mana
Tidak ada penanda yang menunjukkan Anda harus pergi ke mana

Kejadian ini bermula dari berangkatnya sepuluh pendaki gunung dari Ural Polytechnical Institute. Tim yang dipimpin oleh Igor Dyatlov (asal muasal dari nama insiden ini) rencananya akan mendaki gunung Otorten, sekitar 10 Km dari tempat insiden. Salah satu anggota tim tersebut mengundurkan diri di tengah jalan akibat sakit. Jadi, tim tersebut beranggotakan 9 orang ketika mereka tiba di puncak Kholat Syakhl, dalam bahasa setempat artinya gunung kematian.

Sebenarnya mereka tidak berencana tiba di puncak Kholat. Namun, akibat diterpa badai salju, mereka kehilangan arah dan terpaksa bermalam dengan cara mendirikan tenda di sana. Ketika tim tersebut tidak memberikan kabar sekitar seminggu dari tanggal yang direncanakan, akhirnya keluarga korban mendesak diadakannya pencarian di puncak pegunungan tersebut. Apa yang mereka temukan di sana ternyata begitu mengejutkan dan penuh misteri.

Keterbatasan penglihatan membuat game ini semakin mencekam
Keterbatasan penglihatan membuat game ini semakin mencekam

Tenda yang digunakan tim untuk berlindung dari salju terlihat dirobek dari dalam, bukan dari luar, dan terdapat jejak kaki tanpa menggunakan sepatu sebanyak sembilan orang menjauh dari tenda menuju hutan di dekat lokasi tenda. Tim penyelamat kemudian mulai menemukan mayat korban dalam jarak yang bervariasi serta mereka hanya menggunakan baju dalam saja. Keadaan badan bagian dalam korban remuk seperti dihantam mobil dan tidak ada luka luar sama sekali!

Cerita tersebut merupakan pengantar dari misteri besar yang akan Anda temukan ketika memainkan game ini. Horor yang membuat semua korban dalam insiden tersebut melarikan diri tanpa memerdulikan perlindungan tubuh dari dinginnya salju akan Anda temukan di sana. Semuanya dibawakan dalam narasi apik dan dunia non-linear yang bebas dijelajahi sesuka hati!

Cerita dibawakan dalam beragam catatan yang ditemukan
Cerita dibawakan dalam beragam catatan yang ditemukan
Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…