Dev. Payday 2 Tolak Ubah Kebijakan Microtransactions

Reading time:
October 26, 2015
payday2

Seolah dikhianati, ini mungkin perasaan yang tengah dialami oleh banyak gamer penggemar Payday 2 – game action FPS kooperatif yang memungkinkan Anda untuk berperan sebagai tokoh kriminal dalam aksi yang terorganisir. Tidak heran jika banyak orang yang jatuh hati dengan konsep dan tema uniknya dan memutuskan untuk mendukungnya dengan secara konsisten membeli serangkaian DLC yang diluncurkan oleh sang developer – Overkill. Namun sayangnya, kepercayaan tersebut harus runtuh di awal event Crimefest yang baru berakhir beberapa waktu lalu. Overkill meluncurkan sistem microtransactions serupa dengan CS: GO, lengkap dengan item yang tak lagi sekedar kosmetik.

Kemarahan para fans Payday 2 tercermin jelas lewat respon terhadap event ini di beragam situs gaming serta komunitas terbesarnya di Reddit. Cukup untuk membuat sang produser – Almir Listo turun tangan untuk mendengar keluhan ini secara langsung via sesi AMA (Ask Me Anything). Intensi Almir tentu saja jelas, memberikan argumen yang lebih solid untuk menenangkan fans yang sudah mulai muak dengan sikap Overkill. Developer ini juga sempat berusaha memberikan sedikit “keringanan” dengan memungkinkan Drills (kunci) untuk brankas item yang selama ini harus dibeli dengan uang nyata, muncul sebagai random drop setelah pertempuran. Namun hal ini tak cukup.

Seperti yang bisa diprediksi, intensi Almir ini justru kembali berujung bumerang. Keluhan para fans setia yang tak ragu untuk membeli DLC-DLC Payday 2 di masa lalu ternyata berakhir dengan jawaban yang tidak memuaskan.

Alih-alih mengubah kebijakan untuk menenangkan para fans yang marah, Almir - producer Payday 2 justru berharap agar gamer bisa mengerti bahwa microtransactions ini esensial untuk kelangsungan Overkill sebagai developer dan Payday 2 itu sendiri.
Alih-alih mengubah kebijakan untuk menenangkan para fans yang marah, Almir – producer Payday 2 justru berharap agar gamer bisa mengerti bahwa microtransactions ini esensial untuk kelangsungan Overkill sebagai developer dan Payday 2 itu sendiri.

Inti dari AMA ini? Almir tidak akan mengubah apapun sementara ini. Ia masih bersikukuh bahwa sistem microtransactions Payday 2 saat ini adalah format terbaik. Ia beralasan bahwa ekstra uang yang mereka dapatkan sangat esensial untuk membuat Payday 2 lebih baik di masa depan, dan tentu mendukung tim mereka yang kini 3 kali lipat lebih besar daripada hari pertama rilis Payday 2. Almir juga mengaku bahwa ia sempat menolak microtransactions 2 tahun lalu, namun situasi membuat segala sesuatu berubah. Parahnya lagi? Almir juga mengklaim bahwa dari segi statistik, update Black Market ini berjalan sesuai dengan apa yang mereka inginkan terlepas dari ragam protes dan kemarahan di dunia maya.

Sebagai kata penutup, Almir hanya berharap agar ke depannya Overkill bisa meyakinkan pihak yang marah dan kecewa dengan update ini bahwa pilihan ini adalah yang terbaik untuk membuat Overkill bisa bertahan sebagai developer independen dan tentu saja, pertumbuhan Payday 2 itu sendiri.  Bahwa jelas niat sang producer, untuk tidak mengubah apapun yang jadi sumber keluhan komunitas setianya saat ini.

What a trainwreck..

Source:
AMA (Reddit)
VG247

Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…