Review Dragon Fin Soup: RPG Untuk Gamer Hardcore!

Author
David Novan
Reading time:
November 18, 2015

Turn-Based Bersamaan

Gameplay dari game ini terkesan unik dan tidak biasa ditemukan belakangan ini. Biasanya, RPG akan mengambil gameplay Turn Based alias bergantian jalan tergantung dari kecepatan karakter yang dimainkan melawan musuhnya atau langsung full action. Pada game ini, Anda akan bergerak bersamaan dengan musuh. Bila Anda mengambil satu langkah, maka musuh juga mengambil satu langkah!

Taktik adalah segalanya dalam game ini
Taktik adalah segalanya dalam game ini

Itu sebabnya Anda dapat dengan santai mengambil langkah tanpa perlu khawatir diserang musuh ketika Anda berpikir. Sebab, ketika Anda tidak melakukan apapun, maka musuh juga akan diam. Semua aksi yang Anda lakukan, seperti melangkah dan menyerang, akan dianggap sebagai satu turn. Bila Anda diam saja tetapi memukul tanpa ada sasaran, maka musuh akan melangkah mendekati Anda. Taktik tersebut merupakan cara yang tepat untuk mengambil inisiatif memukul musuh dibandingkan Anda yang bergerak dan masuk ke dalam aksi memukul musuh!

Tidak semua peti berisi harta, bisa jadi ia adalah monster yang menyamar!
Tidak semua peti berisi harta, bisa jadi ia adalah monster yang menyamar!

Hanya dari segelintir contoh itu saja langsung terlihat kentalnya taktik dan strategi yang harus Anda lancarkan ketika memainkan game ini. Terlebih lagi bila ditambahkan pentingnya menjaga sisi dan punggung Anda dari serangan musuh. Posisi tersebut sangat merugikan Anda, karena setiap serangan dari sudut lemah tersebut akan memberikan Damage yang besar! Akan tetapi, cara ini juga bisa Anda gunakan ketika melawan musuh! Jadi, Anda harus selalu memperkirakan gerakan musuh dan mengincar mereka dari titik yang lemah.

Anda dapat menemukan beragam puzzle berisi hadiah yang menarik
Anda dapat menemukan beragam puzzle berisi hadiah yang menarik

Gerakan yang bisa Anda ambil tidak hanya terbatas garis lurus saja. Ketika melakukan manuver, Anda juga dapat bergerak secara diagonal. Melalui gerakan tersebut, Anda dapat bergerak ke posisi yang tepat di sisi musuh hanya dengan satu aksi tanpa harus membuang dua langkah untuk sampai ke posisi yang sama. Sayangnya, hal ini tidak berlaku untuk serangan. Pukulan yang dapat dilancarkan Robin hanya garis lurus saja. Artinya, ia hanya dapat menyerang musuh di depan dan kedua sisinya saja, tidak bisa diagonal. Pengecualiannya hanya terdapat pada senjata tertentu yang mampu memukul dengan sudut lebar serta senjata Shotgun yang pelurunya menyebar.

Selain serangan jarak dekat, Anda juga dapat menggunakan serangan senjata api
Selain serangan jarak dekat, Anda juga dapat menggunakan serangan senjata api

Fitur Crafting

Salah satu kelebihan terbesar dari game ini adalah adanya fitur Crafting. Melalui fitur tersebut, Anda dapat membuat sendiri beragam benda, mulai dari papan kayu, pelat besi, hingga armor dan senjata. Untuk dapat membuat sesuatu, Anda perlu menemukan resepnya terlebih dahulu. Buku resep tersebut sama sekali tidak mudah untuk ditemukan, sebab ia tersebar di penjuru dunia. Resep tersebut hanya dapat ditemukan ketika Anda menghancurkan peti kayu yang ada di daerah permainan.

Temukan resepnya dan buat sendiri beragam senjata dan armor!
Temukan resepnya dan buat sendiri beragam senjata dan armor!

Menemukan resep hanyalah satu langkah saja dalam Crafting. Setelah itu Anda harus menemukan bahan baku untuk membuatnya! Untuk itu hanya ada satu cara, yaitu berpetualang di alam liar yang dipenuhi monster dan menghancurkan semua obyek yang ditemukan! Mulai dari pohon, batu nisan, jamur raksasa, hingga kaktus dapat Anda hancurkan dengan memukulnya. Setelah mereka hancur, barulah bahan baku yang sesuai dengan obyek yang dihancurkan akan muncul. Misalnya Anda menghancurkan pohon, maka potongan kayu dapat Anda ambil.

Resep dapat ditemukan di dalam kotak kayu yang tersebar di penjuru dunia
Resep dapat ditemukan di dalam kotak kayu yang tersebar di penjuru dunia

Akan tetapi, bahan yang Anda dapatkan tidak serta merta sesuai dengan permintaan resep. Sebab, kayu yang muncul dari pohon tidak hanya satu jenis saja. Kondisi ini menyebabkan Anda perlu sering mengulang tempat yang sama untuk mendapatkan bahan yang tepat. Ketika Anda kembali ke tempat yang sama, daerah tersebut akan dibuat ulang dan bentuknya akan berbeda! Begitu juga dengan monster serta beragam benda yang dapat ditemukan di dalamnya. Tingginya tingkat acak tersebut membuat game ini selalu dapat tampil segar dan tidak akan membosankan.

Bukan hanya bahan baku Crafting saja yang dapat ditemukan, jebakan mematikan juga menunggu
Bukan hanya bahan baku Crafting saja yang dapat ditemukan, jebakan mematikan juga menunggu

Meskipun demikian, bukan berarti semua benda yang Anda lihat dapat begitu saja dihancurkan. Pada daerah dengan tingkat disiplin yang tinggi, seperti pedesaan dan kota, menghancurkan benda di sana akan membuat Anda terkena denda uang! Hancurkan peti di sana maka Anda harus membayar dendanya! Begitu juga dengan menghancurkan bangku, tempat tidur, atau membunuh domba! Bila Anda tidak hati-hati, bisa jadi uang Anda akan menjadi minus dan Anda tidak dapat membeli apapun dari toko!

Menghancurkan benda di kota dan desa akan memberikan Anda denda uang!
Menghancurkan benda di kota dan desa akan memberikan Anda denda uang!

Pet, Teman Setia dalam Pertarungan

Bertarung sendirian dalam game ini sangat berbahaya. Bukan hanya Anda akan memberikan kesempatan bagi beberapa musuh untuk menghajar Anda dari banyak sisi, tetapi juga Anda akan dibuat tak berdaya bila terkena penalti status, seperti buta, racun, dan tidur. Musuh dalam game ini begitu brutal ketika menyerang, sehingga bantuan dalam bentuk apapun akan mempermudah perjuangan Anda untuk bertahan hidup.

Beragam jenis Pet dapat ditemukan, termasuk yang bentuknya aneh dan menyeramkan
Beragam jenis Pet dapat ditemukan, termasuk yang bentuknya aneh dan menyeramkan

Itu sebabnya Anda dapat menggunakan bantuan Pet ketika bertarung. Pet tersebut dapat beragam bentuknya, mulai dari serigala, laba-laba raksasa, hingga Pet super aneh, seperti potongan telapak tangan yang merangkak mengikuti Anda! Namun, mereka semua ada di sana untuk membantu Anda dan mereka terbukti sangat berguna. Untuk mendapatkan Pet baru, Anda harus menemukannya ketika berpetualang.

Memiliki banyak Pet akan sangat membantu ketika Anda melawan banyak musuh
Memiliki banyak Pet akan sangat membantu ketika Anda melawan banyak musuh

Pet tersebut juga akan berkembang bersama Anda. Setiap Pet memiliki statistik tersendiri dan kekuatan serta kelemahannya berbeda untuk setiap jenis Pet. Namun, mereka semua dapat diperkuat dengan menaikkan levelnya. Setiap kenaikan level akan memperkuat Pet itu sendiri dan secara bersamaan akan meningkatkan kegunaannya ketika bertarung. Bahkan ada kalanya Pet dapat menang sendirian tanpa bantuan Anda ketika melawan musuh yang levelnya ada di bawahnya!

Musuh level tinggi mampu memberikan serangan dengan penalti status
Musuh level tinggi mampu memberikan serangan dengan penalti status

Namun, Pet tidak selamanya dapat menang melawan musuh, terutama bila ia bertarung melawan musuh dengan level jauh lebih besar. Setiap kali Pet dihajar musuh, HP-nya akan berkurang dan dapat berakhir dengan kematiannya. Untungnya, Pet yang dikalahkan musuh dapat dibangkitkan kembali dengan bantuan dokter hewan yang dapat ditemukan di kota. Pet yang dapat dibawa juga tidak terbatas satu saja. Nantinya, Anda dapat membawa beberapa Pet bersamaan dan secara otomatis akan menambah kekuatan tempur Anda beberapa kali lipat. Hal ini sangat penting ketika Anda bertarung melawan beberapa monster sekaligus.

Selalu perhatikan level gear berbanding level Anda, supaya Anda tidak salah beli
Selalu perhatikan level gear berbanding level Anda, supaya Anda tidak salah beli
Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…