PlayTest: Gaming dengan ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti!

Author
David Novan
Reading time:
December 21, 2015
PlayTest ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti (1)

Produk yang dikeluarkan oleh Republic of Gaming selalu menjadi primadona dari ASUS, terutama bila membicarakan mengenai perangkat gaming premium. Demikian pula halnya dengan graphics card kelas atas terbarunya, ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti yang mampu memperlihatkan kekuatan super besar. Sebagai produk kartu grafis kelas paling atas saat ini, tentunya siapapun yang membelinya hanya punya satu tujuan saja; bermain game terbaru dengan menggunakan setting maksimum tanpa adanya halangan. Hal itulah yang pada sesi PlayTest kali ini kami lakukan untuk Anda!

Kemampuan yang besar tentunya dibarengi pula dengan harga tinggi. Fakta tersebut juga terjadi pada graphics card ini. Demi membawa pulang kartu grafis ini, Anda harus siap untuk berkorban uang hingga 13 jutaan dan juga menyiapkan sistem PC gaming yang mampu menyamai kemampuannya. Nah, seperti yang dikatakan sebelumnya, Anda tentu akan menggunakannya untuk bermain game, tetapi mencobanya dalam game guna melihat kemampuannya sebelum membeli pastinya tidak mungkin terjadi. Itu sebabnya kami membantu Anda pada sesi kali ini, setidaknya memberikan gambaran mengenai kualitas grafis seperti apa yang bisa Anda temukan pada produk tersebut.

Berkat tingginya kemampuan graphics card ini, kami juga harus mengimbanginya dengan rig PC gaming yang tepat. Itu sebabnya kami menggunakan sistem PC gaming dengan kualitas prima pula, dibantu oleh beragam perangkat kelas atas. Pada kesempatan ini kami juga beruntung dapat menggunakan layar monitor resolusi 4K untuk melihat kemampuan dari kartu grafis ini secara maksimal. Berikut sistem PC gaming yang kami gunakan untuk memainkan sesi PlayTest kali ini:

  • Motherboard: Gigabyte X99 SOC Force
  • Prosesor: Intel Core i7 5960X @3.00 GHz
  • RAM: Kingston HyperX 16 GB DDR4
  • Graphics Card: ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti GDDR5 6144 MB
  • SSD: Kingston HyperX Fury 240 GB

Guna menarik kemampuan besar yang terkandung di dalam graphics card ini, kami telah menyiapkan lima game kelas atas terbaru. Bukan hanya game tersebut mampu memperlihatkan tampilan grafis kelas atas, tetapi yang terpenting adalah mereka merupakan game dalam Wishlist banyak kalangan gamer saat ini. Ketika Anda ingin membeli sistem gaming, tentunya mereka akan digunakan untuk memainkan game yang Anda inginkan. Melalui rasional tersebut, kami memutuskan untuk menggunakan Assassin’s Creed Syndicate, Call of Duty Black Ops 3, Fallout 4, The Witcher 3, dan Grand Theft Auto V pada sesi kali ini. Besar harapan kami PlayTest kali ini mampu memberikan gambaran mengenai kinerja kartu grafis ini dan membantu Anda memutuskan daftar belanja untuk PC gaming Anda.

Assassin’s Creed Syndicate

Game ini dapat berjalan dengan cukup baik ketika kami menggunakan setting tinggi. Meskipun game ini tidak memiliki permintaan monster seperti Assassin’s Creed Unity, tetapi tidak berarti ia mudah dijalankan. Hal ini terbukti dengan cukup banyak kartu grafis lain yang tidak mampu menjalankannya di setting tinggi. Sebelum melihat lebih detail mengenai kinerjanya, berikut spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk memainkan game ini:

  • Prosesor: Intel Core i5 2400s @ 2.5 GHz / AMD FX 6350 @ 3.9 GHz
  • Memory: 6 GB RAM
  • Graphics Card: NVIDIA GeForce GTX 660 / AMD Radeon R9 270

Penggunaan setting Ultra High dengan resolusi 1920×1080 ternyata dapat dijalankan dengan cukup baik pada kartu grafis ini. Berbekal frame rate sekitar 40 hingga 70 fps, kami dapat memastikan pengalaman bermain game ini tidak akan terganggu dan nyaman untuk mata pada waktu lama. Titik terendah frame rate biasanya terjadi ketika kami berada pada daerah dengan kecepatan tinggi, seperti bertarung di atas kereta api yang berjalan dan kereta kuda. Selain daerah tersebut, nilai terendah berada pada 50 fps.

 

PlayTest ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti (2) PlayTest ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti (3) PlayTest ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti (4)

Resolusi 4K ternyata cukup berat untuk dijalankan dengan baik oleh kartu grafis ini. Ketika kami memainkan game ini, setting yang digunakan berada pada Medium dengan beberapa opsi dimatikan. Sedangkan untuk frame rate sendiri, kami menemukan game ini berjalan pada kisaran 45 hingga 57 fps. Angka tersebut masih bisa masuk ke dalam kategori nyaman dimainkan. Momen titik terendah nilai fps juga terjadi pada bagian yang sama, yaitu ketika permainan berjalan pada kecepatan tinggi.

 

PlayTest ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti (5) PlayTest ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti (6) PlayTest ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti (7)
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…