PlayTest: Gaming dengan ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti!

Author
David Novan
Reading time:
December 21, 2015
PlayTest ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti (1)

Produk yang dikeluarkan oleh Republic of Gaming selalu menjadi primadona dari ASUS, terutama bila membicarakan mengenai perangkat gaming premium. Demikian pula halnya dengan graphics card kelas atas terbarunya, ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti yang mampu memperlihatkan kekuatan super besar. Sebagai produk kartu grafis kelas paling atas saat ini, tentunya siapapun yang membelinya hanya punya satu tujuan saja; bermain game terbaru dengan menggunakan setting maksimum tanpa adanya halangan. Hal itulah yang pada sesi PlayTest kali ini kami lakukan untuk Anda!

Kemampuan yang besar tentunya dibarengi pula dengan harga tinggi. Fakta tersebut juga terjadi pada graphics card ini. Demi membawa pulang kartu grafis ini, Anda harus siap untuk berkorban uang hingga 13 jutaan dan juga menyiapkan sistem PC gaming yang mampu menyamai kemampuannya. Nah, seperti yang dikatakan sebelumnya, Anda tentu akan menggunakannya untuk bermain game, tetapi mencobanya dalam game guna melihat kemampuannya sebelum membeli pastinya tidak mungkin terjadi. Itu sebabnya kami membantu Anda pada sesi kali ini, setidaknya memberikan gambaran mengenai kualitas grafis seperti apa yang bisa Anda temukan pada produk tersebut.

Berkat tingginya kemampuan graphics card ini, kami juga harus mengimbanginya dengan rig PC gaming yang tepat. Itu sebabnya kami menggunakan sistem PC gaming dengan kualitas prima pula, dibantu oleh beragam perangkat kelas atas. Pada kesempatan ini kami juga beruntung dapat menggunakan layar monitor resolusi 4K untuk melihat kemampuan dari kartu grafis ini secara maksimal. Berikut sistem PC gaming yang kami gunakan untuk memainkan sesi PlayTest kali ini:

  • Motherboard: Gigabyte X99 SOC Force
  • Prosesor: Intel Core i7 5960X @3.00 GHz
  • RAM: Kingston HyperX 16 GB DDR4
  • Graphics Card: ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti GDDR5 6144 MB
  • SSD: Kingston HyperX Fury 240 GB

Guna menarik kemampuan besar yang terkandung di dalam graphics card ini, kami telah menyiapkan lima game kelas atas terbaru. Bukan hanya game tersebut mampu memperlihatkan tampilan grafis kelas atas, tetapi yang terpenting adalah mereka merupakan game dalam Wishlist banyak kalangan gamer saat ini. Ketika Anda ingin membeli sistem gaming, tentunya mereka akan digunakan untuk memainkan game yang Anda inginkan. Melalui rasional tersebut, kami memutuskan untuk menggunakan Assassin’s Creed Syndicate, Call of Duty Black Ops 3, Fallout 4, The Witcher 3, dan Grand Theft Auto V pada sesi kali ini. Besar harapan kami PlayTest kali ini mampu memberikan gambaran mengenai kinerja kartu grafis ini dan membantu Anda memutuskan daftar belanja untuk PC gaming Anda.

Assassin’s Creed Syndicate

Game ini dapat berjalan dengan cukup baik ketika kami menggunakan setting tinggi. Meskipun game ini tidak memiliki permintaan monster seperti Assassin’s Creed Unity, tetapi tidak berarti ia mudah dijalankan. Hal ini terbukti dengan cukup banyak kartu grafis lain yang tidak mampu menjalankannya di setting tinggi. Sebelum melihat lebih detail mengenai kinerjanya, berikut spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk memainkan game ini:

  • Prosesor: Intel Core i5 2400s @ 2.5 GHz / AMD FX 6350 @ 3.9 GHz
  • Memory: 6 GB RAM
  • Graphics Card: NVIDIA GeForce GTX 660 / AMD Radeon R9 270

Penggunaan setting Ultra High dengan resolusi 1920×1080 ternyata dapat dijalankan dengan cukup baik pada kartu grafis ini. Berbekal frame rate sekitar 40 hingga 70 fps, kami dapat memastikan pengalaman bermain game ini tidak akan terganggu dan nyaman untuk mata pada waktu lama. Titik terendah frame rate biasanya terjadi ketika kami berada pada daerah dengan kecepatan tinggi, seperti bertarung di atas kereta api yang berjalan dan kereta kuda. Selain daerah tersebut, nilai terendah berada pada 50 fps.

 

PlayTest ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti (2) PlayTest ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti (3) PlayTest ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti (4)

Resolusi 4K ternyata cukup berat untuk dijalankan dengan baik oleh kartu grafis ini. Ketika kami memainkan game ini, setting yang digunakan berada pada Medium dengan beberapa opsi dimatikan. Sedangkan untuk frame rate sendiri, kami menemukan game ini berjalan pada kisaran 45 hingga 57 fps. Angka tersebut masih bisa masuk ke dalam kategori nyaman dimainkan. Momen titik terendah nilai fps juga terjadi pada bagian yang sama, yaitu ketika permainan berjalan pada kecepatan tinggi.

 

PlayTest ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti (5) PlayTest ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti (6) PlayTest ASUS ROG Matrix Platinum GTX 980 Ti (7)
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…
March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…