Industri Game Rayakan Matinya Paten Bandai Namco!

Reading time:
December 3, 2015
namco bandai logo1

Tahun 2015, dimana konsol atau PC sudah mulai dengan mudah menangani banyak tugas sekaligus di luar sekedar bermain game, dan video game mulai menyentuh angka puluhan GB tanpa kesulitan, Anda masih harus berhadapan dengan layar kosong setiap kali game Anda masuk ke dalam layar loading. “Now loading”, “Please Wait”, secara rasional, kita semua tampaknya setuju bahwa menunggu adalah salah satu aktivitas paling menyebalkan yang pernah ada. Bukankah saatnya video game mulai memikirkan cara untuk menyulap Loading Screen ini dengan sedikit aktivitas interaktif berupa mini-game dan sejenisnya? Sejujurnya, banyak developer memikirkan hal tersebut selama 2 dekade terakhir. Satu-satunya yang menghalangi mereka untuk mencapainya? Dua kata – Bandai Namco.

Benar sekali, di tahun 1995 silam, Bandai Namco berhasil mendaftarkan sebuah paten berusia 20 tahun di Amerika Serikat yang mengukuhkan bahwa hak guna untuk menyematkan sebuah mini game interaktif di dalam halaman loading game adalah milik mereka! Ini berarti semua game yang berusaha mengadopsi sistem yang sama harus meminta izin terlebih dahulu kepada Bandai Namco atau mungkin, membayar presentase uang dalam jumlah tertentu. Hal ini pertama kali mereka terapkan di Ridge Racer di Playstation. Paten ini secara tegas mencegah developer untuk memasukkan mini game terpisah yang berbeda dengan game utama di halaman loading yang ada.

Didaftarkan di tahun 1995 silam, paten mini game di layar loading milik Bandai Namco akhirnya berakhir tahun ini!
Didaftarkan di tahun 1995 silam, paten mini game di layar loading milik Bandai Namco akhirnya berakhir tahun ini!

Kini setelah penantian 20 tahun lamanya, paten ini akhirnya “berakhir” di tanggal 27 November 2015 kemarin. Ini berarti, tak ada lagi kewajiban untuk meminta izin atau membayar uang kepada Bandai Namco jika developer ingin menjajal opsi di loading screen game mereka. Untuk merayakan hari tersebut, sebuah event khusus bernama “Loading Screen Game Jam” dibentuk. Acara ini sendiri ditujukan untuk memicu kreativitas para developer soal mini game apa saja yang bisa mereka racik untuk loading screen game-game yang ada.

Apakah ini berarti kita akan menemukan lebih banyak mini game di dalam loading screen di masa depan? Atau para developer justru mulai berjuang untuk memastikan game mereka sebisa mungkin tak memuat loading screen sama sekali? Kita tunggu saja.

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…