10 Kisah Cinta Segitiga Paling Populer di Video Game!

Reading time:
February 15, 2016

 

catherine-good-ending1

Anda tak perlu menonton sinetron Indonesia, drama India, atau telenovela jenis baru yang mungkin tengah jadi tontonan wajib Ibu Anda di rumah untuk mengerti apa itu cinta segitiga. Ia seolah sudah jadi sebuah hubungan klise yang seringkali mewarnai, tak hanya begitu banyak film komedi romantis Hollywood, tetapi juga video game untuk memperkuat plot yang ada, atau setidaknya – membuat hubungan antar para karakter yang ditawarkan terasa lebih menarik. Bahwa sejatinya, seorang karakter utama bukan sekedar mesin perang yang dengan mudahnya membunuh siapapun yang berusaha menghalangi aksinya dan hanya punya misi untuk menyelamatkan dunia atau melakukan apapun yang dituntut darinya. Bahwa pada akhirnya, seorang karakter utama, juga harus memiliki sebuah konflik pribadi yang kadang muncul dalam bentuk hubungannya dengan orang lain.

Maka kita mendapatkan begitu banyak kisah cinta yang begitu memorable di video game. Kisah karakter yang tak ragu bertarung dengan lusinan raksasa untuk membangkitkan wanita yang ia cintai, kisah karakter yang selalu memastikan dirinya selalu ada untuk orang yang ia kasihi walaupun ia tak pernah dikasihi, atau karakter yang tak pernah lelah untuk memastikan keselamatan sang tuan puteri yang tampaknya tak lelah diculik. Di satu sisi, cinta diproyeksikan video game sebagai sebuah bumbu yang begitu manis. Namun di sisi lain, tak jarang ia terlihat seperti sebuah awal untuk tragedi yang siap untuk meremukkan hati. Ia kadang berbalas, ia sering juga tak berbalas. Ia kadang bergerak satu arah, dua arah, atau bahkan tiga arah dengan alur yang seringkali berakhir tak jelas. Yang terakhir inilah yang jadi fokus list kita kali ini.

Lantas, dalam rangka hari Valentine yang baru saja berlangsung kemarin, kisah cinta segitiga apa saja yang menurut kami merupakan yang paling populer di video game? Berikut adalah list versi JagatPlay:

  1. Johnny Sasaki – Meryl – Solid Snake [Metal Gear Solid IV]

FkyBzih

Apa yang harus Anda lakukan jika orang yang Anda cintai, terlepas dari seberapa intensifnya usaha untuk menunjukkan perasaan Anda, ternyata membuatnya tak pernah berbalas? Kondisi inilah yang terjadi dengan Meryl Silverburgh – salah satu karakter wanita utama dari franchise racikan Kojima ini. Sejak seri pertama, Meryl dengan jelas memperlihatkan ketertarikannya pada sosok Solid Snake, namun tak pernah berujung pada sesuatu yang indah. Hingga pada akhirnya, ia muak. Rasa kesal yang ia lontarkan pada sosok Snake yang menua dan tak pernah membalas cintanya akhirnya membuat Meryl beralih pada sosok Johnny Sasaki yang ia nikahi di akhir cerita. Johnny secara konsisten membuktikan bahwa dirinya siap untuk melakukan apapun untuk membahagiakan Meryl. Walaupun pada akhirnya cinta mereka tak bisa menyatu, namun Anda selalu bisa melihat sosok Meryl yang seolah tak akan mudah melupakan sosok Solid Snake.

  1. Claude – Rena – Dias [Star Ocean 2]

rena lanford

Tak ada yang mengenal Anda lebih baik daripada teman masa kecil Anda yang masih terus berusaha mendampingi dan menjaga Anda, terlepas dari usia Anda yang sudah menua. Mereka selalu mengerti apa yang membuat Anda senang, apa yang membuat Anda marah, dan apa yang membuat Anda sedih. Kondisi inilah yang mungkin bisa dirangkum dari kisah cinta segitiga antara Dias Flac, Rena Lanford, dan Claude di Star Ocean 2: Second Evolution. Ia mejnadi salah satu bagian cerita yang membuat keseluruhan plot game yang satu ini berakhir menarik, apalagi lewat interaksi ketiganya yang mungkin akan meninggalkan senyum tersendiri di wajah Anda. Bagi para wanita, Dias mungkin sosok pria impian yang mungkin mereka idam-idamkan untuk menemani mereka di saat Valentine. Seorang pria yang hanya punya satu misi di dunia – memastikan wanita yang ia sayangi bahagia, bagaimanapun caranya.

  1. Jimmy – Marian – Billy [Double Dragon]

dd neo

Selama eksistensi Double Dragon, Marian – sang wanita yang selalu jadi fokus penculikan dan motivasi utama bagi kedua karakter utama untuk bergerak dan menghancurkan organisasi jahat apapun yang menawannya, selalu disebut-sebut sebagai pacar resmi Billy Lee.  Namun hal ini juga tidak selalu konsisten, mengingat perannya yang juga berubah menjadi pacar Jimmy di beberapa seri. Walaupun hampir tak berhubungan satu sama lain, namun ini menjadi jelas bahwa terlepas dari fakta siapapun yang sebenarnya dipilih Marian, salah satu karakter yang tidak dipilih tersebut memang punya perasaan kuat untuk juga menjadi kekasih wanita yang satu ini. Bahkan di salah satu seri – Double Dragon Neon, Jimmy dan Billy akan saling bertarung dalam pertempuran 1 vs 1 untuk mendapatkan dan memenangkan perhatian Marian. Persahabatan dan persaudaraan? Meh. Cinta nomor satu, bung!

  1. Sora – Kairi – Riku [Kingdom Hearts]

sora riku kairi

Memang sedikit membingungkan untuk menetapkan atau tidak menetapkan hubungan tiga karakter utama dari seri kerjasama Squaresoft dan Disney, Kingdom Hearts ini sebagai kisah percintaan atau sekedar persahabatan. Jika sekedar melihat tema utamanya, persahabatan mungkin jadi penjelasan yang paling logis. Walaupun demikian, ada ketegangan yang jelas bahwa memang Sora dan Riku, entah atas nama persahabatan atau lebih dari itu, berusaha menjadi pihak paling penting yang bisa diandalkan oleh sosok Kairi itu sendiri. Mereka punya satu tujuan yang sama, menjadi penyelamat, menjadi penjaga, dan memastikan wanita yang tumbuh dewasa di setiap seri terbaru ini tak lagi harus berujung menderita. Persahabatan? Naif-nya, iya. Namun semua aksi dan percakapan yang terjadi seolah melemparkan sinyal kuat, bahwa ada sesuatu yang lebih di interaksi antara ketiganya.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

November 22, 2023 - 0

Menjajal Pre-Alpha RIFTSTORM: Ini Beneran Game Indonesia??!

Aksi jajal demo pre-alpha RIFTSTORM kami membangkitkan rasa optimisme tinggi.
November 17, 2023 - 0

Menjajal DEMO Whisper Mountain Outbreak: Game Multiplayer Lokal Potensial!

Game Indonesia terbaru dari Toge Productions - Whisper Mountain Outbreak…
October 11, 2023 - 0

Menikmati Restoran Honkai Star Rail Jakarta: Si Kereta Bintang Akhirnya Tiba!

Restoran Honkai Star Rail akhirnya tiba di Jakarta! Bagaimana suasananya?
September 8, 2023 - 0

Review HoneyCome: Kelewat Nakal, Kelewat Mahal!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh HoneyCome? Mengapa kami menyebutnya sebagai…

PlayStation

November 23, 2023 - 0

Review Tales of Arise – Beyond The Dawn: Potensi yang Tak Digali!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Tales of Arise - Beyond…
November 13, 2023 - 0

Review Like a Dragon Gaiden: Seperti Sebuah Mimpi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Like a Dragon Gaiden: The…
November 8, 2023 - 0

Review Alan Wake 2: Game Supernatural Super!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Alan Wake 2 ini? Mengapa…
November 6, 2023 - 0

Review Call of Duty – Modern Warfare III (Campaign): Jelas Semakin Malas!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh mode campaign Call of Duty…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…