Review CMStorm Sentinel III: Menyatukan Kenyamanan dan Respons Tinggi!

Author
David Novan
Reading time:
February 10, 2016
Bentuk ergonomis dan punya banyak fitur
Bentuk ergonomis dan punya banyak fitur

Kenyamanan merupakan satu poin yang sangat penting ketika membeli mouse untuk digunakan dalam keseharian. Terlebih lagi ketika Anda memilihnya untuk keperluan gaming, alias mouse gaming. Penekanan kenyamanan meningkat beberapa level untuk mouse gaming, karena penggunanya atau Anda nantinya akan menggunakannya dalam waktu sangat lama di satu saatnya. Berbeda dengan mouse biasa, gamer bersentuhan dengan mousenya jauh lebih lama dibandingkan pengguna biasa. Melihat pentingnya poin tersebut, CMStorm Sentinel III merancang mouse gaming terbarunya dengan proporsi luar biasa dalam aspek kenyamanannya.

Penggunaan cahaya yang tidak berlebihan memperlihatkan kesan elegan
Penggunaan cahaya yang tidak berlebihan memperlihatkan kesan elegan

Hanya dilihat dari bentuknya saja langsung terlihat betapa besarnya Sentinel III memikirkan kenyamanan penggunanya. Lekuk yang disesuaikan dengan kontur telapak tangan hanyalah satu elemen saja dalam usahanya untuk mengejar kepuasan penggunanya. Mouse gaming ini juga dilengkapi dengan beragam fitur yang sangat menarik untuk dijelajahi lebih lanjut. Semua itu tampaknya ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi gamer penggunanya, terutama dalam akses menuju tombol tambahan. Seharusnya bukan lagi rahasia bahwa gamer memerlukan lebih banyak tombol yang mudah diakses dalam permainan dibandingkan pengguna biasa.

Dukungan spesial untuk gamer tampaknya bukan hanya terbatas pada hardware belaka. Setelah kami eksplorasi lebih dalam, ternyata dukungan software dari mouse ini juga tidak main-main. Meskipun untuk mengaksesnya Anda perlu men-download sendiri dari website resminya (gaming.coolermaster.com), tetapi usaha Anda nantinya akan terbalaskan dengan baik. Sebab, software pendukungnya memiliki begitu banyak fungsi menarik yang memang dirancang untuk keperluan gaming.

Mouse ini ditujukan untuk pengguna tangan kanan
Mouse ini ditujukan untuk pengguna tangan kanan

Harganya sendiri juga tidak terlalu mahal untuk ukuran mouse gaming. Berbekal begitu banyak fitur menarik dan dukungan software yang mantap, CMStorm Sentinel III dibandrol dengan harga yang relatif murah, yaitu sekitar $60. Harga itu menurut kami cukup sepantar dengan fitur di dalamnya, fungsi yang biasanya ditemui pada mouse gaming seharga sejutaan.

Ergonomis

Bentuk Sentinel III merupakan salah satu kekuatan terbesarnya. Itu sebabnya mouse gaming ini mampu mendukung kegiatan gaming Anda untuk durasi yang lama. Rahasianya terletak pada bentuknya yang ergonomis alias nyaman di tangan. Lekuk yang dimiliki oleh Sentinel III seakan dirancang untuk mengikuti bentuk tangan Anda, mulai dari lekukan punggungnya hingga cekungan di sisi ibu jari. Hal inilah yang nantinya akan menjamin kenyamanan Anda ketika menggunakannya dalam waktu lama.

Lekuknya disesuaikan dengan kontur telapak tangan
Lekuknya disesuaikan dengan kontur telapak tangan

Sisi ergonomis yang begitu kental tersebut tentu saja memiliki kekurangan tersendiri. Berkat lekukannya yang dibuat dengan akurat, mouse gaming ini hanya cocok untuk digunakan oleh pengguna tangan kanan. Bila Anda adalah golongan pengguna kidal, maka kami sarankan untuk tidak menggunakan mouse ini. Alasannya mudah saja, lekukan itu sendiri yang akan membuat mouse ini tidak dapat digunakan oleh pengguna kidal.

Meskipun bentuknya terkesan aneh, tetapi bentuk inilah yang akan menjamin kenyamanan bermain
Meskipun bentuknya terkesan aneh, tetapi bentuk inilah yang akan menjamin kenyamanan bermain

Beralih ke bahan dari permukaan mouse ini, kami menemukan gesekan yang cukup mantap ketika digunakan. Bahan permukaan dengan kekuatan friksi tinggi tersebut menjamin permukaan tangan tetap mampu memijak dengan tegas. Kondisi ini juga tetap terjamin meskipun permukaan tangan basah karena keringat. Untuk menjamin kendali tinggi dari permukaan kesat tersebut, bahan serupa dapat ditemui pula untuk bagian sisi mouse dan tombol klik kanan serta kiri mouse.

Ketebalan mouse sangat pas dengan ukuran telapak tangan besar
Ketebalan mouse sangat pas dengan ukuran telapak tangan besar

Jaminan kesat ketika tangan basah juga dapat ditemui pada porsi mousewheel. Bahan yang digunakan untuk melapisi mousewheel adalah karet. Berkat karet tersebut, kami dapat dengan mudah mengatur gerakan roda tersebut ketika berada di tengah pertempuran. Selain itu, permukaan karet mousewheel juga memiliki alur seperti roda untuk menjamin kendali lebih besar lagi.

Tombol Storm TX dapat digunakan sebagai penambah fungsi shortcut tombol mouse
Tombol Storm TX dapat digunakan sebagai penambah fungsi shortcut tombol mouse

Delapan Tombol Mouse

Jumlah tombol yang dapat ditemui pada Sentinel III juga menjadi kelebihannya. Pada mouse gaming ini, Anda dapat menemui delapan tombol yang fungsinya dapat dikustomisasi sesuka hati. Bila dibandingkan dengan mouse gaming lain, Sentinel III memiliki satu tombol tambahan yang diposisikan di depan mousewheel. Ketika berbicara mengenai tombol tambahan, gamer selalu membutuhkan lebih banyak tombol di dalam sesi gamingnya. Apalagi bila tombol tersebut mudah diraih dan digunakan.

Bagian bawah lekukan sisi mouse dibuat lebih melebar supaya bisa mendukung bagian bawah ibu jari
Bagian bawah lekukan sisi mouse dibuat lebih melebar supaya bisa mendukung bagian bawah ibu jari

Tombol ekstra tersebut dalam prakteknya ternyata mudah dicapai dan digunakan. Bila Anda adalah pengguna yang memegang mouse seperti menggenggam, yaitu klik kiri menggunakan jari telunjuk, klik kanan dengan jari manis, dan jari tengah berada pada mousewheel, maka menggunakan mouse ini akan menjadi sangat mudah. Namun, untuk pengguna yang menggunakan jari tengah untuk klik kanan, maka meraih tombol tambahan tersebut membutuhkan usaha ekstra dan membiasakan diri.

Lekukan mouse membuatnya lebih mudah untuk diangkat menggunakan genggaman
Lekukan mouse membuatnya lebih mudah untuk diangkat menggunakan genggaman

Posisi tombol ibu jari juga perlu mendapatkan perhatian khusus. Ukuran dari tombol itu sebenarnya cukup besar. Masalahnya hanya berada pada posisinya di lekukan mouse. Ketika menggunakannya, kami harus membuang momen berharga untuk menggeser ibu jari ke atas untuk dapat menekannya. Jadi, pada penggunaan biasa, tombol itu tidak berada tepat di bawah ibu jari. Seperti yang pastinya juga Anda ketahui, hanya dibutuhkan momen singkat saja untuk menentukan apakah serangan melee Anda akan lebih cepat dibandingkan musuh di depan muka. Membuang momen untuk menggerakkan ibu jari bisa mengubah nasib Anda di dalam game shooter.

Bahan permukaan yang agak kasar menjamin tingginya grip ketika tangan berkeringat
Bahan permukaan yang agak kasar menjamin tingginya grip ketika tangan berkeringat

Tombol ibu jari tersebut juga memiliki fungsi lain yang cukup menarik. Pada tombol di bagian belakang, terdapat tulisan khusus yang mewakili fitur Storm TX. Fitur tersebut memberikan akses untuk shortcut tambahan. Hanya dengan menekan tombol tersebut, semua fungsi tombol mouse dapat diubah sesuai dengan pengaturan khusus di dalam software driver. Jadi, tujuh tombol mouse dapat berfungsi seperti biasa, untuk kemudian berubah fungsinya bila tombol Storm TX ditekan. Pada setiap tombol tersebut, Anda dapat memberikan fungsi baru atau memasangkannya dengan fungsi makro.

Tombol sisi mouse agak tinggi dari posisi ibu jari
Tombol sisi mouse agak tinggi dari posisi ibu jari

Fitur ini dapat berguna dengan efisien ketika Anda bermain game shooter dan strategi, terutama game real-time strategy berkecepatan tinggi seperti StarCraft. Beragam komando yang rumit dan membutuhkan banyak tekanan tombol keyboard dapat langsung dieksekusi hanya dengan menekan satu tombol saja. Bantuan seperti inilah yang membedakan mouse gaming dengan mouse biasa. Apalagi dalam dunia yang membutuhkan kecepatan pelaksanaan seperti pada game kompetitif. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, hanya dibutuhkan momen singkat saja untuk memisahkan antara menang dan kalah.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…