Cheater Bermunculan di The Division Beta versi PC!

Reading time:
February 1, 2016
the division gameplay e3 2014

Gamer yang memiliki PC high-end sebagai mesin gaming mereka, terlepas apakah mereka juga memiliki mesin gaming lain atau tidak, tentu menjadikannya sebagai prioritas ketika mencicipi game-game rilis multiplatform. Sebuah pilihan yang rasional mengingat ekstra performa yang ia tawarkan akan memungkinkan mereka untuk mencicipi game-game tersebut di kualitas visual lebih maksimal, apalagi dengan kesempatan mendapatkannya lebih murah secara digital. Namun untuk game-game yang berbasis multiplayer sebagai daya tarik utama, selalu ada satu ekstra pertimbangan lagi sebelum memutuskan untuk membeli versi PC-nya atau tidak. Benar sekali, kita tengah membicarakan cheater.

Dengan fleksibilitas yang ia tawarkan, cheater tampaknya sudah jadi bagian tak terpisahkan dari scene gaming PC. Sekuat apapun developer berusaha menyuntikkan beragam sistem anti-cheating, selalu ada celah untuk membobolnya. Hasilnya? Ia dimanfaatkan oleh gamer-gamer tak bertanggung jawab untuk melakukan apapun yang mereka inginkan, yang sekaligus membuat pengalaman bermain gamer yang lain menjadi berantakan. Hal ini jugalah yang terjadi dengan masa beta The Division yang baru meluncur untuk PC beberapa hari yang lalu. Cheater mulai bermunculan di platform yang satu ini.

Salah satu user Reddit membuat thread khusus terkait hal yang satu ini. Menyalahkan netcode yang ada, ia bisa memodifikasi beberapa elemen karakternya dengan menghasilkan efek yang cukup fatal. Ia bisa membuat karakternya punya peluru tak terbatas, kecepatan gerak tinggi, chance critical yang bisa diatur, tanpa recoil, medkits tak terbatas, dan sebagainya. Ia juga melemparkan beberapa bukti, termasuk gif yang kami sertakan di artikel ini untuk memperlihatkan bahwa apa yang ia klaim memang benar adanya. Apakah ini berarti Ubisoft “gagal” menyuntikkan sistem anti cheater yang mumpuni untuk The Division?

[gfycat data_id=”ConstantWatchfulChicken”]

Argumen lain menyebutkan bahwa sengaja memang masa beta ini tidak diperkuat dengan sistem anti-cheat untuk beberapa alasan. Pertama, bahwa ia lebih difokuskan untuk memeriksa bug dan masalah online, bukan cheat. Kedua, menyuntikkan sistem anti-cheat di masa beta seperti ini justru akan jadi sesuatu yang kontra produktif. Mereka yang hendak mengeluarkan program cheat khusus untuk The Division akan punya waktu lebih banyak untuk mempelajari dan membobol sistem ini jika masa beta sudah diperkuat dengan sistem anti-cheat sesungguhnya. Di salah satu live-stream pegawai Ubisoft, mereka juga memastikan akan ada pemeriksaan lebih intensif untuk masalah cheating di versi final nanti.

Apakah minimnya sistem anti-cheat di versi beta ini memang sesuatu yang disengaja oleh Ubisoft? Ataukah memang mereka tidak menyuntikkan “benteng pertahanan” yang cukup kuat? Apapun alasannya, Ubisoft memang seharusnya berfokus untuk memastikan hal ini tidak terjadi di rilis versi final nanti, terutama untuk versi PC.

The Division sendiri akan meluncur untuk Playstation 4, Xbox One, dan tentu saja  – PC di tanggal 8 Maret 2016 mendatang.

Load Comments

PC Games

August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…

PlayStation

August 16, 2022 - 0

Review ROLLERDROME: Sepatu Roda Haus Darah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh ROLLEDROME? Mengapa kami menyebutnya…
August 15, 2022 - 0

Review Digimon Survive: Seru Iya, Bosan Juga Iya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Digimon Survive? Mengapa kami menyebutnya…
July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…