Cheater Bermunculan di The Division Beta versi PC!

Reading time:
February 1, 2016
the division gameplay e3 2014

Gamer yang memiliki PC high-end sebagai mesin gaming mereka, terlepas apakah mereka juga memiliki mesin gaming lain atau tidak, tentu menjadikannya sebagai prioritas ketika mencicipi game-game rilis multiplatform. Sebuah pilihan yang rasional mengingat ekstra performa yang ia tawarkan akan memungkinkan mereka untuk mencicipi game-game tersebut di kualitas visual lebih maksimal, apalagi dengan kesempatan mendapatkannya lebih murah secara digital. Namun untuk game-game yang berbasis multiplayer sebagai daya tarik utama, selalu ada satu ekstra pertimbangan lagi sebelum memutuskan untuk membeli versi PC-nya atau tidak. Benar sekali, kita tengah membicarakan cheater.

Dengan fleksibilitas yang ia tawarkan, cheater tampaknya sudah jadi bagian tak terpisahkan dari scene gaming PC. Sekuat apapun developer berusaha menyuntikkan beragam sistem anti-cheating, selalu ada celah untuk membobolnya. Hasilnya? Ia dimanfaatkan oleh gamer-gamer tak bertanggung jawab untuk melakukan apapun yang mereka inginkan, yang sekaligus membuat pengalaman bermain gamer yang lain menjadi berantakan. Hal ini jugalah yang terjadi dengan masa beta The Division yang baru meluncur untuk PC beberapa hari yang lalu. Cheater mulai bermunculan di platform yang satu ini.

Salah satu user Reddit membuat thread khusus terkait hal yang satu ini. Menyalahkan netcode yang ada, ia bisa memodifikasi beberapa elemen karakternya dengan menghasilkan efek yang cukup fatal. Ia bisa membuat karakternya punya peluru tak terbatas, kecepatan gerak tinggi, chance critical yang bisa diatur, tanpa recoil, medkits tak terbatas, dan sebagainya. Ia juga melemparkan beberapa bukti, termasuk gif yang kami sertakan di artikel ini untuk memperlihatkan bahwa apa yang ia klaim memang benar adanya. Apakah ini berarti Ubisoft “gagal” menyuntikkan sistem anti cheater yang mumpuni untuk The Division?

[gfycat data_id=”ConstantWatchfulChicken”]

Argumen lain menyebutkan bahwa sengaja memang masa beta ini tidak diperkuat dengan sistem anti-cheat untuk beberapa alasan. Pertama, bahwa ia lebih difokuskan untuk memeriksa bug dan masalah online, bukan cheat. Kedua, menyuntikkan sistem anti-cheat di masa beta seperti ini justru akan jadi sesuatu yang kontra produktif. Mereka yang hendak mengeluarkan program cheat khusus untuk The Division akan punya waktu lebih banyak untuk mempelajari dan membobol sistem ini jika masa beta sudah diperkuat dengan sistem anti-cheat sesungguhnya. Di salah satu live-stream pegawai Ubisoft, mereka juga memastikan akan ada pemeriksaan lebih intensif untuk masalah cheating di versi final nanti.

Apakah minimnya sistem anti-cheat di versi beta ini memang sesuatu yang disengaja oleh Ubisoft? Ataukah memang mereka tidak menyuntikkan “benteng pertahanan” yang cukup kuat? Apapun alasannya, Ubisoft memang seharusnya berfokus untuk memastikan hal ini tidak terjadi di rilis versi final nanti, terutama untuk versi PC.

The Division sendiri akan meluncur untuk Playstation 4, Xbox One, dan tentu saja  – PC di tanggal 8 Maret 2016 mendatang.

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…