NBA 2K16 Dituntut 15 Milyar Rupiah Karena Tato

Reading time:
February 2, 2016
nba 2k16

Perlindungan terhadap produk kreativitas memang bukan hal yang main-main di beberapa negara maju. Ada usaha keras untuk melindungi mereka yang berhasil menelurkan produk-produk seperti ini di beragam industri yang ada, hanya untuk memastikan bahwa karya mereka tak akan “dicuri” tanpa membayar hak mereka. Musik, film, dan video game mungkin jadi tiga hal yang paling sering kita dengar dan dapatkan di media massa terkait isu seperti ini. Namun ada sesuatu yang unik terjadi di game olahraga tahunan racikan Take-Two Interactive – NBA 2K. Mereka harus berhadapan dengan sebuah gugatan hukum yang mungkin tak pernah mereka prediksi sebelumnya, dari tato untuk NBA 2K16.

Seperti yang kita tahu, untuk mengejar level visualisasi yang lebih realistis, Take-Two Interactive memang menghadirkan model karakter pemain yang luar biasa di NBA 2K16. Tak hanya sekedar detail wajah atau sekedar efek keringat di tubuh, mereka juga memastikan semua tato yang tersemat di tubuh mereka diproyeksikan dengan sebenarnya di dalam game. Sebuah pilihan yang ternyata berbuntut masalah baru. Beberapa desain tato pemain ini ternyata sudah terdaftar secara resmi sebagai produk dari salah satu studio ternama – Solid Oak Sketches.

Merasa desain tatonya digunakan tanpa izin, studio tato yang menangani beberapa pemain bintang NBA menuntut Take-Two untuk NBA 2K16.
Merasa desain tatonya digunakan tanpa izin, studio tato yang menangani beberapa pemain bintang NBA menuntut Take-Two untuk NBA 2K16.

Menurut laporan yang dirilis oleh Hollywood Reporter, Solid Oak Sketches memiliki hak guna atas 8 desain tato yang tersebar di beberapa pemain NBA, seperti Lebron James dan Kobe Bryant, yang juga dimunculkan di NBA 2K16 oleh 2K. Studio tato ini melemparkan gugatan hukum sekitar USD 1.144.000 atau sekitar 15 Milyar Rupiah. Take-Two sendiri masih belum memberikan komentar resmi apapun terkait gugatan hukum yang satu ini.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah gugatan hukum dari produk seperti “tato” ini adalah sesuatu yang bisa Anda pahami atau terlihat sangat mengada-ngada?

Source: Hollywood Reporter

Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

July 28, 2021 - 0

Review Scarlet Nexus: Gila Bercampur Seru!

Selama bukan sesuatu yang mereka adaptasikan dari anime populer misalnya,…
June 29, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yoko Taro (NieR Series)!

Menyebutnya sebagai salah satu developer paling eksentrik di industri game…
June 24, 2021 - 0

Preview Scarlet Nexus: Bak Menikmati Anime Aksi Berkualitas!

Komitmen Bandai Namco untuk menawarkan game-game dengan cita rasa anime…
June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…