Platinum Games Rayakan 10 Tahun Eksistensinya

Reading time:
February 2, 2016
platinum games logo

Tidak ada yang lebih pantas mendapatkan predikat sebagai salah satu developer game action hack and slash terbaik di industri game saat ini selain Platinum Games. Developer asal Jepang yang satu ini memang terkenal lewat proyek game action mereka yang semuanya berakhir dengan ciri khas utama yang kentara: sensasi action yang cepat dengan mekanik kompleks yang lebih menekankan pada timing dan akurasi menghindar. Game-game yang mereka racik, terlepas dari franchise apapun itu, selalu menawarakan sensasi yang cukup untuk membuat pecinta genre seperti ini luluh hati. Walaupun harus diakui, tak semua proyek tersebut dieksekusi dengan memesona di semua elemen yang ada, terutama cerita. Usia yang semakin tua makin membuat developer ini disegani.

Setelah melahirkan game-game keren seperti Bayonetta 2 dan Metal Gear Rising: Revengeance, serta proyek game epic SEGA yang sampai sekarang belum kunjung tiba di PC – Vanquish, Platinum Games kini berada di masa “puncak” kejayaannya. Talenta luar biasa yang mereka miliki akhirnya mengundang lebih banyak perhatian dan proyek, bahkan yang lahir sebagai game eksklusif. Kita membicarakan Nier Automata untuk Playstation 4, Scalebound untuk Xbox One, dan beragam game adaptasi kartun klasik dengan Activision. Talenta sama yang membuat developer yang satu ini akhirnya berhasil mencapai usianya yang ke-10 tahun! Eksis sejak tahun 2006 silam, Platinum Games mengungkapkan sedikit rasa syukur lewat pernyataan yang dirilis oleh sang CEO sendiri – Tatsuya Minami. Berikut adalah versi translasinya:

Platinum Games merayakan 10 tahun eksistensi mereka.
Platinum Games merayakan 10 tahun eksistensi mereka.

Halo semuanya. 10 tahun akhirnya sudah berlalu sejak Platinum Games pertama kali didirikan di tahun 2006 silam!

Walaupun perusahaan kami didirikan oleh orang-orang yang berpengalaman di industri video game, pengakuan terhadap kami di awal eksistensi hampir tidak ada. Kami juga tidak berada dalam posisi untuk bisa menyombongkan apapun terkait usaha untuk mengembangkan perusahaan kami. Saya masih ingat rasanya memulainya dengan begitu tenang, tanpa mendapatkan perhatian dari konsumen. Tapi tujuan kami jelas sejak awal, menciptakan sebuah game berkualitas tinggi dan kami terus berusaha untuk memenuhi tujuan tersebut.

Kami merilis game pertama kami di tahun 2009.  Kami menggunakan publisitas game tersebut untuk memperkenalkan diri kepada dunia, dan ketika game tersebut tiba di beragam retail, kami berhasil membangun profile jelas siapa sebenarnya kami sebagai sbeuah perusahaan. Kami merasa bahwa pendekatan kami yang masih bisa lugas terhadap proses pengembangan game seperti saat ini berkat dukungan para fans yang mencicipi game kami. Saya merasa sangat berterimakasih kepada semuanya yang sudah memberikan dukungan.

Di tahun-tahun terakhir ini, mungkin sedikit ambisius, kami mengadopsi slogan “Menguasai Dunia sebagai Wakil dari Jepang”. Jepang di masa lalu sempat memimpin industri video game, dan sulit rasanya untuk tidak mengakui bahwa ia memang kehilangan “staminanya” belakangan ini. Kami menggunakan kondisi ini untuk memotivasi dan menginspirasi diri kami sendiri. Jika ada kesimpulan yang bisa ditarik dari pernyataan ini, adalah betapa bergantungnya kami kepada keberlangsungan dukungan dari para fans. Kami akan terus meningkatkan semangat juang kami. Kami akan terus bekerja keras untuk merilis lebih banyak media hiburan kualitas tinggi kepada fans kami di seluruh dunia.

Platinum Games punya masa depan yang cerah, dan kami berharap, Anda bisa ikut bersama kami menyaksikannya.

Tatsuya Minami

President and CEO, PlatinumGames Inc.

Bersama dengan pernyataan ini, mereka juga merilis sebuah wallpaper yang berisikan karakter yang mereka racik selama 10 tahun. Anda bisa mengunduhnya di sini: 1440×1280, 1600×1200, 1920×1080, 744×1392 (mobile).

Sebagai salah satu fans game action racikan mereka, kami tentu saja merasa berbahagia melihat Platinum Games semakin mendapatkan pengakuan dan proyek game action untuk dikembangkan. Bagaimana dengan Anda sendiri? Dari semua game yang sempat diracik Platinum Games di masa lalu, manakah yang menurut Anda merupakan yang terbaik?

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…