Game Masa Depan Akan Membaca Emosi Anda!

Author
David Novan
Reading time:
March 3, 2016
affectiva

Industri game selalu mencoba mengeksplorasi keintiman dalam pengalaman bermain gamer. Semakin immersive atau merasa seperti terlibat langsung di dalam game, maka gamer akan semakin mencintai game tersebut. Itu sebabnya industri ini selalu mencari cara untuk meningkatkan level immersive, salah satunya adalah dengan mengubah cara pandang ketika bermain melalui teknologi Virtual Reality atau VR. Namun, bagaimana bila suatu saat nanti Anda bisa memainkan game yang dapat membaca dan mengerti perasaan serta emosi ketika bermain?

Ternyata, masa di mana Anda dapat bermain game yang mengerti emosi yang muncul ketika itu sudah tiba. Melalui software yang dikembangkan oleh Affectiva, perusahaan startup yang berasal dari kelompok manusia berotak brilian MIT Media Lab, membaca emosi melalui raut muka dan mengintegrasikannya ke dalam game telah menjadi kenyataan. Bayangkan betapa banyak pengalaman baru ketika bermain game yang bisa didapatkan bila permainan berubah tergantung dari emosi Anda saat itu!

“Pada dasarnya, game dirancang untuk membawa kita menuju perjalanan emosional, tetapi saat ini tidak merasakan dan beradaptasi terhadap emosi pemainnya,” menurut pernyataan di Affectiva website. Ditambahkan, “Teknologi analisis dan perasa emosi kami mengubah industri gaming, memberikan developer beragam alat untuk membuat game yang lebih immersive dan menyediakan kemampuan unik bagi gamer untuk mengendalikan gameplay sesuai emosi mereka.” Affectiva menggunakan software dan webcam untuk menganalisa raut muka secara real-time untuk mengetahui emosi pemain, untuk kemudian memberikan informasi yang dibutuhkan untuk diproses ke dalam game.

Teknologi terbaru akan membuat video game dapat membaca emosi Anda dan beradaptasi dengannya. Sebuah level interaksi yang futuristik.
Teknologi terbaru akan membuat video game dapat membaca emosi Anda dan beradaptasi dengannya. Sebuah level interaksi yang futuristik.

Contoh aplikasi ke dalam game yang telah dikembangkan saat ini adalah Nevermind, game psikologi thriller. Menurut informasi dari Boston Globe, game ini akan menjadi semakin sulit seiring dengan rasa takut dan kecemasan pemainnya. Jadi, semakin takut Anda di dalam game ini, maka permainan akan semakin menekan Anda menuju rasa takut yang lebih besar. Aplikasi untuk “software perasa” ini tentu saja tidak terbatas pada game belaka. Software ini juga dapat digunakan untuk memperlihatkan apa yang sedang dirasakan oleh pengguna media sosial di depan layar monitornya. Jadi, ia tidak lagi bisa berbohong dengan menggunakan emoticon yang tidak sesuai dengan perasaan hatinya!

Bila teknologi ini berhasil diterima oleh industri gaming, maka dunia gaming akan bergeser memasuki tahap baru. Apalagi bila ditambahkan dengan teknologi VR, maka level immersive untuk gamer di masa depan akan begitu tinggi, sampai bisa jadi akan tercipta game pintar yang mampu menghibur Anda ketika sedang sedih! Maka pastinya akan semakin banyak gamer yang memilih menjadi jomblo atau penyendiri karena game jauh lebih pengertian dibandingkan manusia asli!

Source: GameSpot

 

Load Comments

PC Games

May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…
May 11, 2022 - 0

Review Rogue Legacy 2: Banyak Anak, Banyak Masalah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rogue Legacy 2 ini?…
April 21, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Jeremy Hinton (Xbox Asia)!

Menyambut rilis PC Game Pass untuk Indonesia, kami berkesempatan untuk…
April 18, 2022 - 0

Review Grammarian Ltd: Indo Versus Inggris!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Grammarian Ltd ini? Mengapa kami…

PlayStation

March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…
March 4, 2022 - 0

Preview Elden Ring: Senyum Merekah di Balik Tangis Darah!

Elden Ring akhirnya tersedia di pasaran dengan beberapa formula baru…

Nintendo

April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…