Playstation VR Tentukan Harga dan Rilis!

Reading time:
March 16, 2016

Dari semua teknologi Virtual Reality yang dirilis di tahun 2016 ini, Playstation VR memang bisa dibilang tampil sebagai yang paling unik. Bagaimana tidak? Berbeda dengan dua produk VR lain – Vive dan Rift – yang harus bersaing untuk merebut hati gamer PC, Playstation VR didesain untuk menyentuh pasar yang sangat berbeda – mereka yang sudah memilih Playstation 4 sebagai konsol utama. Sony memang terus mengklaim bahwa teknologi ini didesain dengan fokus untuk menghadirkan pengalaman VR yag optimal, tetapi juga terjangkau di saat yang sama. Setelah sempat menjadi misteri untuk waktu yang cukup lama, Sony akhirnya secara resmi mengumumkan harga pasti dan tanggal rilis untuk Playstation VR.

Dirilis Oktober 2016 mendatang, Playstation VR ditawarkan dengan harga USD 399.
Dirilis Oktober 2016 mendatang, Playstation VR ditawarkan dengan harga USD 399.

Playstation VR akan meluncur di bulan Oktober 2016 mendatang dengan harga jual USD 399 / Euro 399 / 349 GBP / 44,980 JPY, atau sekitar 5,2 juta Rupiah tanpa mempertimbangkan biaya impor dan sejenisnya. Harga yang di atas kertas tentu lebih murah dibandingkan HTC Vive dan Oculus Rift.

Namun sayangnya, Anda masih harus mengeluarkan uang ekstra untuk bisa menikmati peripheral “masa depan” yang satu ini. Sony mengkonfirmasikan bahwa Playstation VR butuh Playstation Camera, sebuah peripheral tambahan yang tak mereka sertakan dalam paket penjualan. Ini berarti, Anda harus membelinya secara terpisah. Mereka juga menyebut bahwa beberapa varian game hanya bisa dimainkan dengan kontroler sensor gerak mereka – PS Move, yang seperti bisa diprediksi, juga tak disertakan di dalamnya.

Isi konten paket penjualan. Sayangnya, terlepas dari keharusannya, Anda masih harus menyisakan dana untuk membeli Playstation Camera. Sony juga memastikan PS Move dibutuhkan untuk memainkan beberapa game VR tertentu.
Isi konten paket penjualan. Sayangnya, terlepas dari keharusannya, Anda masih harus menyisakan dana untuk membeli Playstation Camera. Sony juga memastikan PS Move dibutuhkan untuk memainkan beberapa game VR tertentu.

Jadi apa yang Anda dapatkan di dalamnya? Paket penjualan Playstation VR akan memuat headset itu sendiri, sebuah kotak processing berukuran sebesar Nintendo Wii, kabel power, earphones, 2 buah konektor HDMI (kotak ke headset), kabel HDMI (Playstation  ke kotak), dan sebuah kabel micro USB.

Di saat rilis Oktober 2016 nanti, Sony baru mengumumkan satu judul game perdana yang bisa dilirik – Playstation VR Worlds, sebuah paket komplilasi 5 buah game VR: The London Heist, Into the Deep, VR Luge, Danger Ball, dan Scavenger’s Odyssey dalam satu harga. Aplikasi gratis bernama The Playroom VR juga akan muncul sebagai opsi unduhan. Sony mengklaim bahwa ada lebih dari 230 dev. saat ini tengah sibuk mengembangkan konten untuk Playstation VR, dengan lebih dari 50 game akan dirilis sebelum tahun 2016 berakhir.

Lantas, spesifikasi seperti apa yang ia tawarkan? Berikut adalah list lengkapnya:

  • Screen Size:7″
  • Resolution: 1920×1080 (960×1080 per eye)
  • Refresh Rate: 120Hz, 90Hz
  • Latency: Less than 18ms
  • Sensors: 360 Degree Tracking/9LEDS
  • Field of View: Approximately 100 degress
  • Controller: Dualshock 4 & PS Move
Kerennya lagi? Ada fitur CInematic Mode di dalamnya, yang bisa menggantikan
Kerennya lagi? Ada fitur CInematic Mode di dalamnya, yang bisa menggantikan “layar televisi” Anda ketika masuk dalam sesi gaming konvensional atau sekedar menikmati konten film.

Satu hal yang paling menarik dan menurut kami, jadi nilai jual tersendiri untuk Playstation VR adalah hadirnya sebuah fitur yang mereka sebut sebagai Cinematic Mode. Apa itu? Intinya, mode ini akan memungkinkan Playstation VR Anda berfungsi layaknya sebuah “televisi layar lebar 16:9” yang berada tepat di mata Anda. Cinematic Mode didesain untuk bisa digunakan memainkan game-game Playstation 4 non-VR serta menonton film favorit Anda. Mode juga ini akan didesain dengan menghadirkan tiga tingkat mode zoom.

Tentu saja, masih sangat sulit diprediksi berapa harga peripheral yang satu ini begitu tiba di Indonesia nantinya. Namun tingkat harga yang lebih mahal, apalagi dengan kebutuhan peripheral tambahan yang mungkin tak dimiliki gamer Playstation 4 saat ini tentu mau tidak mau, jadi bahan pertimbangan tersendiri. Bagaimana dengan Anda sendiri? Tertarik menjajalnya?

Load Comments

PC Games

June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…
May 11, 2022 - 0

Review Rogue Legacy 2: Banyak Anak, Banyak Masalah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rogue Legacy 2 ini?…
April 21, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Jeremy Hinton (Xbox Asia)!

Menyambut rilis PC Game Pass untuk Indonesia, kami berkesempatan untuk…

PlayStation

March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…
March 4, 2022 - 0

Preview Elden Ring: Senyum Merekah di Balik Tangis Darah!

Elden Ring akhirnya tersedia di pasaran dengan beberapa formula baru…

Nintendo

April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…