Sony Masih Ragu Soal Cross-Play Xbox One dan PS4

Author
David Novan
Reading time:
March 18, 2016

Pada awal minggu ini, Microsoft menyatakan akan membuka fitur bermain cross-platform dengan menggunakan Xbox One. Saat ini, berita mengenai realisasi fitur tersebut telah diambil oleh game Rocket League, memungkinkan pemain di Xbox One dan PC (Windows 10) dapat bermain bersama. Menurut rencana fitur tersebut akan dapat digunakan pada liburan musim semi ini. Lalu, bagaimana dengan kemungkinan cross-platform antara PS4 dan Xbox One, yang notabene adalah musuh bebuyutan? Bos Playstation Shuhei Yoshida menyatakan secara implisit bahwa hal itu “tidak akan terjadi.”

Berbicara dengan Eurogamer pada Game Developer Conference di San Fransisco, Yoshida menyatakan PC lebih mudah berintegrasi dengan console karena memiliki platform terbuka. Lain lagi bila berbicara untuk menghubungkan dua platform yang tertutup seperti Playstation dan Xbox. Untuk itu, diperlukan kerjasama yang rumit antara developer dan publisher demi mencari titik tengah dari arsitektur kedua platform.

Menyambut
Menyambut “undangan” Microsoft, Sony masih ragu soal fitur cross-play Xbox One dan PS4. Selain teknis, hal seperti kebijakan perusahaan dan aspek bisnis juga perlu dipikirkan.

Alasan lain yang dilontarkan oleh Yoshida mengenai hampir mustahilnya terjadi cross-platform antara PS4 dan Xbox One bukan berasal dari sisi teknis, melainkan politik dan bisnis. “Mengatasi aspek teknis mungkin adalah yang termudah. Kami juga harus melihat aspek kebijakan perusahaan dan bisnis,” tegas Yoshida. Melihat perseteruan abadi yang terjadi antara kedua mega korporasi di bidang console gaming tersebut, rasanya akan mustahil untuk dapat mencari kesepakatan bila sudah menyangkut “kebijakan dan bisnis.” Namun bila boleh bermimpi, tentunya akan sangat indah bila di masa depan semua gamer dapat terhubung ke dalam satu platform dan bermain bersama.

Source: Eurogamer

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…