PlayTest: Gaming Dengan NVIDIA GeForce GTX 1080 Founders Edition!

Author
David Novan
Reading time:
May 27, 2016

 

Playtest Nvidia GTX 1080 Founder Edition (1)

NVIDIA GeForce GTX 1080 Founders Edition yang kami siapkan untuk bermain di sesi Playtest kali ini mewakili kartu grafis dengan kekuatan kelas paling tinggi dari NVIDIA saat ini. Setelah akhirnya semua informasi mengenai graphics card ini sudah boleh dilepaskan ke khalayak umum, kami tentu saja sangat gatal untuk memainkan game terbaru di sana. Apakah akhirnya semua game yang kami gunakan pada Playtest dapat dimainkan dengan menggunakan setting paling tingginya dan di saat bersamaan menghasilkan pengalaman bermain yang nyaman?

Untuk itu, kami tentu saja perlu menyiapkan rig khusus untuk menjalankan NVIDIA GeForce GTX 1080 Founders Edition. Sebab tanpa perangkat pendukung yang memadai, kekuatan dari graphics card ini tentu saja akan tercekik. Bahkan kasarnya biaya yang kami keluarkan bisa jadi lebih dari harga kartu grafisnya sendiri, yang berkisar di harga 10 jutaan. Berikut spesifikasi PC gaming yang kami siapkan untuk bermain kali ini:

  • Prosesor: Intel Core i7 Extreme
  • RAM: 16GB DDR4
  • Graphics Card: NVIDIA GeForce GTX 1080 Founders Edition GDDR5X 8192MB

Seperti yang bisa Anda lihat sendiri, kami menggunakan prosesor terbaru dari Intel, dengan kode nama Core i7 Extreme. Sayangnya saat artikel ini dibuat, seri dari prosesor itu masih belum boleh diungkapkan setidaknya sampai minggu depan. Sedangkan untuk memory-nya, kami menyiapkan RAM berukuran 16GB demi menjamin mulusnya permainan, terutama untuk game dengan tema Open World dan RTS. Sebagai tambahan, karena kesiapan graphics card ini dalam memainkan resolusi 4K, maka kami juga akan menyertakannya dalam sesi kali ini.

Untuk gamenya sendiri, kami menyiapkan beberapa game yang mirip dengan sesi Playtest sebelumnya. Beberapa game yang kami gunakan tersebut terbukti masih cukup sulit untuk dapat dimainkan dengan setting tertingginya, terutama untuk PC gaming kelas atas biasa. Game tersebut adalah Tom Clancy’s the Division, Rise of The Tomb Raider, HITMAN, Ashes of The Singularity, dan Grand Theft Auto V. Hingga kini, Ashes of The Singularity masih terbukti menjadi game paling berat. Akankah graphics card ini mengubahnya?

The Division

Beragam detail grafis yang diperlihatkan pada game ini, beserta efek cahayanya, membuat The Division adalah game yang cukup berat dimainkan. Walaupun tampilannya tidak jauh berbea dengan visual di console ketika efek bayangannya tidak dinaikkan maksimum, tetap saja game ini tidak ringan. Seperti apa nantinya game ini berjalan pada NVIDIA GeForce GTX 1080 Founders Edition? Sebelum sampai ke sana, berikut spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk memainkan game ini:

  • Prosesor: Intel Core i5-2400 / AMD FX-6100
  • Memory: 6 GB
  • Graphics Card: NVIDIA GTX 560 2GB / AMD HD 7770 2GB
  • Storage: 40 GB

Menentukan setting yang akan kami gunakan untuk dimainkan pada resolusi 1920×1080 ternyata cukup mudah. Kami tinggal menaikkan semuanya ke posisi maksimum, dan kami juga menggunakan shadow Quality NVIDIA HFTS, opsi tertingginya. Ternyata setting yang paling maksimum tersebut sama sekali tidak membebani graphics card ini. Ketika bermain, kami menemukan frame ratenya berada pada kisaran 80 hingga 103 fps! Tentu saja pengalaman bermain kami menjadi sangat menyenangkan, tanpa adanya penurunan fps yang besar, dan di saat bersamaan bisa menikmati permainan dengan tingkatan terindahnya.

 

Playtest Nvidia GTX 1080 Founder Edition (2) Playtest Nvidia GTX 1080 Founder Edition (3) Playtest Nvidia GTX 1080 Founder Edition (4) Playtest Nvidia GTX 1080 Founder Edition (5) Playtest Nvidia GTX 1080 Founder Edition (6) Playtest Nvidia GTX 1080 Founder Edition (7) Playtest Nvidia GTX 1080 Founder Edition (8)

Sedangkan pada saat kami menggunakan resolusi 4K, kami menurunkan settingnya ke High. Permainan yang kami temui pada setting tersebut berada pada tingkatan frame rate 45 hingga 58 fps. Bahkan pada resolusi yang sangat besar seperti inipun, kami masih dapat bermain di setting High, yang biasanya tidak mungkin terjadi. Jalannya permainan ketika kami menggunakan kondisi ini ternyata masih nyaman. Kami sama sekali tidak menemukan kesulitan ketika navigasi dan menyerang musuh, bahkan ketika kondisi cuaca sedang buruk sekalipun.

 

Playtest Nvidia GTX 1080 Founder Edition (9) Playtest Nvidia GTX 1080 Founder Edition (10) Playtest Nvidia GTX 1080 Founder Edition (11) Playtest Nvidia GTX 1080 Founder Edition (12) Playtest Nvidia GTX 1080 Founder Edition (13) Playtest Nvidia GTX 1080 Founder Edition (14) Playtest Nvidia GTX 1080 Founder Edition (15)
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…

PlayStation

April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…
March 9, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Housemarque (RETURNAL)!

Housemarque dan rilis konsol terbaru Playstation memang jadi kombinasi tidak…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…