Dev. Yakuza Masih Meragukan Pasar Barat

Author
David Novan
Reading time:
May 27, 2016
yakuza 67

Bagi gamer Jepang, seri game Yakuza merupakan salah satu franchise yang ditunggu kehadirannya. Sayangnya, game yang menceritakan kehidupan mafia Jepang yang disebut Yakuza tersebut sulit untuk dimainkan gamer yang tidak mengerti bahasa Jepang. Selain tidak selalu diterjemahkan ke bahasa Inggris, game yang telah diterjemahkan juga perlu waktu lama untuk dirilis. Ternyata, sulitnya gamer untuk menjangkau Yakuza berasal dari sikap pesimis developernya terhadap pasar barat.

Berbicara dengan Famitsu mengenai Yakuza, Toshihiro Nagoshi sebagai otak di balik franchise game tersebut, menyatakan Sega masih memikirkan bagaimana caranya untuk menarik minat gamer barat ke Yakuza. Nagoshi juga mengatakan meskipun fans di Eropa dan Amerika bertambah, hal itu bukan berarti positif, dan mereka masih harus memiliki rencana untuk menarik perhatian gamer di sana. Karena pada dasarnya Yakuza dibuat untuk demografi gamer lelaki Jepang, maka Sega tidak menganggap Amerika, Eropa, dan Asia sebagai pasar.

Terlepas dari antusiasme gamer barat terhadap judul itu, Dev. Yakuza
Terlepas dari antusiasme gamer barat terhadap judul itu, Dev. Yakuza masih melihatnya sebagai pasar yang meragukan.

Namun Nagoshi juga mengatakan karena game tersebut sempat sukses di Asia, ada kemungkinan Yakuza akan laku di belahan dunia lain. Akan tetapi, Nagoshi tetap pesimis dan mengatakan ada kemungkinan alasan gamer Asia membeli Yakuza berbeda dengan gamer Jepang. Itu sebabnya developer tersebut masih ingin menganalisanya. Nagoshi juga mengatakan bila ada perubahan terhadap core gameplay Yakuza supaya menarik perhatian pasar barat, hal itu tidak akan besar. Karena, ia ingin tetap mempertahankan nuansa game yang disukai gamer Jepang tersebut.

Source: Kotaku

 

Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

July 28, 2021 - 0

Review Scarlet Nexus: Gila Bercampur Seru!

Selama bukan sesuatu yang mereka adaptasikan dari anime populer misalnya,…
June 29, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yoko Taro (NieR Series)!

Menyebutnya sebagai salah satu developer paling eksentrik di industri game…
June 24, 2021 - 0

Preview Scarlet Nexus: Bak Menikmati Anime Aksi Berkualitas!

Komitmen Bandai Namco untuk menawarkan game-game dengan cita rasa anime…
June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…