Preview Uncharted 4 – A Thief’s End: Hype yang Terbayarkan!

Reading time:
May 11, 2016
Uncharted 4_ A Thief’s End™_20160510154631

Jika Anda bertanya kepada sebagian besar gamer yang menjadikan Playstation 4 sebagai platform gaming utama mereka, apa game yang paling mereka antisipasi tahun ini, maka nama “Uncharted 4: A Thief’s End” akan masuk ke dalam salah satu daftar jawaban yang mereka kemukakan. Sulit rasanya untuk tidak menanti dengan manis game eksklusif yang satu ini. Pertama? Tentu saja karena sepak terjang Naughty Dog yang sejauh ini belum pernah menelurkan game yang bisa dibilang, mengecewakan sama sekali. Kedua? Bahwa ia mengusung nama “Thief’s End” yang dikonfirmasikan memang akan menjadi seri yang mengakhiri sebuah era, sebuah petualangan terakhir untuk sosok Nathan Drake yang ikonik. Lantas, bagaimana kesan pertama yang ia tawarkan? Dua kata, luar biasa!

Kesan Pertama

Tidak ada kalimat yang tepat untuk menjelaskan kesan pertama yang ditawarkan Uncharted 4: A Thief’s End selain judul di atas. Sejak pertama kali Anda memainkan petualangan teranyar Nathan Drake ini, Anda sudah bisa mengetahui bahwa Sony dan Naughty Dog memang tak “main-man” mengembangkan game eksklusif yang satu ini.

Secara visual, ia terlihat menakjubkan. Detail lingkungan, karakter, ekspresi wajah, hingga voice acting yang tampil begitu hidup dan selama ini jadi kekuatan Naughty Dog tercermin di sini. Hampir semua hal yang Anda temukan di trailer, termasuk kualitas visual yang ada, bisa Anda temukan dan nikmati secara langsung dengan level memanjakan mata yang sama. Hype yang dibangun untuk Uncharted 4: A Thief’s End selama ini tak berakhir omong kosong. Ini adalah salah satu game yang akan mendefinisikan Playstation 4 itu sendiri. Beragam efek, dari cahaya hingga noda lumpur, membuatnya pantas masuk jajaran sebagai salah satu game konsol dengan kualitas visual terbaik sejauh ini.

Secara gameplay, sayangnya, tak banyak perkembangan. Anda masih akan bertemu dengan game third person shooter klasik yang mengandalkan sistem cover seperti halnya seri-seri Uncharted sebelumnya, dengan ekstra elemen stealth untuk resiko yang lebih minim di dalamnya. Namun bukan berarti Naughty Dog tak menawarkan sesuatu yang baru sama sekali di sini. Desain level kini hadir dalam pendekatan yang lebih terbuka dengan jalur alternatif yang lebih banyak. Beberapa level bahkan mengharuskan Anda untuk menyusurinya dengan sebuah kapal atau mobil dengan mekanisme gameplay uniknya masing-masing. Maka seperti seri-seri sebelumnya juga, Anda akan harus berhadapan dengan serangkaian puzzle yang akan membuat otak Anda berputar keras.

Namun tentu saja, kekuatan Naughty Dog selalu berpusat pada cerita. Untuk sebuah kisah yang kabarnya akan menjadi akhir dari semuanya, mereka meracik sebuah cerita yang terasa lebih personal. Fokus seolah beralih dari sebuah mimpi besar untuk menjadi penjelajah yang berhasil menemukan dan membuka misteri beragam harta karun dunia, menjadi sebuah kisah soal menjalani hidup sebagai seorang Nathan Drake yang sesungguhnya. Sebuah pendekatan yang kami pribadi, sambut dengan baik.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, apalagi mengingat kami belum menyentuh mode multiplayer-nya sama sekali, izinkan kami melemparkan segudang screenshot fresh from oven di bawah ini untuk membantu Anda mendapatkan sedikit gambaran soal kualitas visual seperti apa yang ia tawarkan. Kami sendiri masih belum menjajal Photo Mode yang juga disertakan di dalamnya. Semua gambar ini diambil dari sesi gameplay kami. Holy hell..

Klik Gambar untuk Memperbesar!

 

 

 

 

 

SPOILER! BEWARE!

 

 

 

 

Uncharted 4 jagatplay PART 1 (12) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (32) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (41) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (50) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (90) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (98) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (132) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (140) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (147) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (170) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (186) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (215) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (221) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (275) Uncharted 4 jagatplay PART 1 (288)
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…