Keluarga Zenfone 3 Diperkenalkan

Reading time:
June 3, 2016

zenfone 3 (3)

Harga resmi jajaran Zenfone 3

Hari ini, sehari sebelum Computex 2016 resmi dibuka, Asus, perusahaan teknologi ternama asal Taiwan, menggelar acara yang disebut sebagai Zenvolution. Acara ini mereka gunakan untuk menampilkan jajaran produk terbaru mereka, terutama yang terkait dengan dunia perangkat mobile, seperti laptop, tablet, dan smartphone. Banyak sekali yang menantikan acara ini, karena banyak kabar yang beredar yang menyebutkan bahwa Asus akan memperkenalkan penerus smartphone populer mereka, lini Zenfone, di sini.

Ternyata, kabar yang dipercaya banyak orang itu benar! Asus resmi memperkenalkan keluarga Zenfone 3, yang terdiri dari Zenfone 3, Zenfone 3 Deluxe, dan Zenfone 3 Ultra!

Zenfone 3 Deluxe

Perbandingan Zenfone 3 Ultra dengan Zenfone 3 Deluxe
Perbandingan Zenfone 3 Ultra dengan Zenfone 3 Deluxe

Smartphone pertama yang diperkenalkan Asus adalah Zenfone 3 Deluxe, yang merupakan varian Zenfone 3 dengan spesifikasi tertinggi untuk saat ini. Smartphone ini dilengkapi dengan SoC Snapdragon 820, dengan RAM 6 GB, dan storage 128 GB UFS 2.0. Perangkat ini menggunakan layar AMOLED 5.7 inci dengan resolusi Full HD, dengan screen to body ratio 79%.

Zenfone 3 Deluxe ini dilengkapi dengan kamera PixelMaster 3.0, dengan sensor Sony IMX318 23 MP, yang dilengkapi banyak sekali fitur. Fitur yang tersedia untuk mendukung PixelMaster 3.0 ini adalah Tri-Tech Auto-Focus yang memungkinkan pengguna mengunci gambar dalam waktu hanya 0.03 detik, baik di luar maupun dalam ruangan. Kamera ini juga dilengkapi dengan Dual-LED Flash, 4-axis Optical Image Stabilizer, dan 3-axis Electronic Image Stabilizer dengan Gyro Sensor. Terdapat juga fitur multiframe-fusion untuk menggabungkan 4-5 foto ke satu foto resolusi besar, hingga 92 MP.

Asus menggunakan bodi Pure Metal Technology,  yang memungkinkan Asus menggunakan bahan full anuminum unibody dengan antena tersembunyi. Smartphone ini mendukung fitur Quick Charge 3.0, dengan pengisian ulang baterai hingga 60% dapat diselesaikan dalam 39 menit. Konektor USB 3.0 Type-C tersedia juga di perangkat ini.

Berdasarkan informasi dari Asus, Zenfone 3 Deluxe ini akan dipasarkan mulai dari harga US$ 499. Asus juga akan menghadirkan edisi spesial yang disebut sebagai Artisan Edition, dengan cover belakang yang menarik, untuk lini ini. Perangkat ini dilengkapi juga dengan fingerprint scanner di bagian belakang.

Zenfone 3

Zenfone 3 Artisan Series
Zenfone 3 Artisan Series

Berikutnya, Asus memperkenalkan Zenfone 3. Perangkat ini menggunakan curved glass body yang membuatnya terlihat menarik. Untuk spesifikasi, Asus mengandalkan SoC Snapdragon 625 dengan RAM 4 GB untuk motor dari smartphone ini.

Asus tidak menyebutkan secara pasti ukuran layar dari perangkat ini. Hanya saja, mereka menyebutkan resolusi Full HD akan didukung layar Zenfone 3 ini, dengan jenis layar IPS. Melihat Asus yang tidak menyebutkan ukuran layar dari Zenfone 3 ini, bisa diperkirakan bahwa mereka akan menawarkannya dalam beberapa pilihan ukuran layar.

Nantinya, perangkat ini juga memiliki edisi spesial dengan desain cover yang lebih menarik, dengan sebutan Expression Series. Perangkat ini dilengkapi baterai 3000 mAh. Kamera dari smartphone ini menggunakan sensor 16 MP untuk kamera utama dan 8 MP untuk kamera selfie.

Nantinya, perangkat ini akan dipasarkan mulai dari harga US$ 249 untuk spesifikasi dengan RAM 3 GB dan storage 32 GB.

Aksesoris Zenfone
Aksesoris Zenfone

Zenfone 3 Ultra

Dibanding perangkat Zenfone 3 lainnya, perangkat yang satu ini memiliki layar besar berukuran 6.8 inci IPS, dengan resolusi Full HD. Untuk dapur pacunya sendiri, Zenfone 3 Ultra menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 652 dengan RAM 4 GB.

Zenfone 3 Ultra ini dilengkapi juga dengan kamera PixelMaster 3.0, dengan sensor dan fitur sama dengan Zenfone 3 Deluxe. Asus juga menghadirkan tata suara ekstra untuk perangkat ini dalam wujud SonicMaster 3.0, dengan Dual Five-magnet Stereo Speaker yang juga mendukung Cinematic 3D Surround Sound. Bodi dari perangkat ini juga menggunakan desain aluminum unibody dengan antena tersembunyi.

Asus melengkapi perangkat ini dengan baterai 4600 mAh, dengan fitur Quick Charge 3.0. Satu hal yang menarik, Asus menyebutkan perangkat ini bisa dioperasikan dalam Power Bank Mode untuk membagi daya ke perangkat lain. Konektor yang digunakan oleh perangkat ini adalah USB 3.0 Type C, dengan dukungan untuk Display Port via USB Type C.

Quick Charge 3.0
Kapasitas baterai besar dengan Quick Charge 3.0

Perangkat ini disebut akan dipasarkan di harga US$ 479, dengan RAM 4 GB dan storage 64 GB. Hanya saja, belum diketahui kapan perangkat keluarga Zenfone 3 ini akan mulai dipasarkan. Asus bisa jadi tengah merencanakan launching produk untuk beberapa region untuk peluncuran produk ini.

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…