Microsoft Sebut Pasar Smartphone Inspirasi Scorpio

Reading time:
July 12, 2016
xbox one logo

Pertarungan konsol generasi saat ini, terutama Playstation 4 dan Xbox One memang terhitung unik dan berbeda dengan generasi sebelumnya. Alih-alih sekedar menawarkan varian lebih kecil atau lebih ringan, sebuah iterasi konsol dengan performa lebih kuat siap memenuhi pasar gaming di masa depan. Playstation 4 sendiri punya PS4 Neo namun belum diumumkan hingga saat ini sementara Microsoft sudah bersiap dengan Project Scorpio yang menjanjikan pengalaman gaming mulus di resolusi 4K. Lantas, apa yang membuat kebijakan ini tiba-tiba muncul? Menurut Microsoft, Project Scorpio hanyalah sebuah respon dari sebuah tren yang memang ada di industri game saat ini. Sesuatu yang dimulai oleh perangkat ponsel pintar.

Hal ini diungkapkan oleh engineer Microsoft – Mike Ybarra dalam wawancara terbarunya dengan situs The Guardian. Ybarra mengaku bahwa Project Scorpio sebenarnya merupakan hasil inspirasi yang “dibaca” Microsoft dari model bisnis smartphone. Di pasar ponsel, ia melihat user selalu terbuka pada opsi untuk naik kelas ke produk yang lebih cepat dengan teknologi terbaru. Sementara di sisi lain, setiap aplikasi yang muncul juga harus bisa digunakan di varian manapun. Melihat tren seperti ini, Microsoft ingin mencapai hal yang sama dengan Project Scorpio.

Microsoft mengaku bahwa pendekatan Project Scorpio terinspirasi oleh model bisnis smartphone.
Microsoft mengaku bahwa pendekatan Project Scorpio terinspirasi oleh model bisnis smartphone.

Project Scorpio sendiri sudah diperkenalkan di ajang E3 2016 kemarin, namun belum punya tanggal rilis pasti sama sekali hingga saat ini. Ia disebut-sebut akan mampu menawarkan game-game terbaru di resolusi lebih tinggi, framerate lebih baik, hingga kualitas visualisasi yang lebih mumpuni.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah Anda tetap akan bertahan dengan konsol jika rilis teknologinya mulai mengikuti pasar mobile?

Source: GameSpot

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…