No Man’s Sky Hadapi Masalah Karena Rumus Matematika

Reading time:
July 22, 2016
nms

Kesempatan untuk menikmati begitu banyak variasi dunia, hingga tak akan pernah ada cara untuk menjelajahi setiap dari mereka bahkan hingga akhir hidup Anda sendiri, itulah pesona yang hendak ditawarkan oleh game ambisius racikan Hello Games – No Man’s Sky. Tak hanya bertemu dengan ekosistem unik dan ragam cuaca ekstrim yang mengitarinya, game ini juga akan mengusung sisi aksi dan beragam aktivitas lainnya. Bagaimana caranya Hello Games membangun semesta seperti ini? Mereka mengaplikasikan sebuah rumus matematika yang disebut sebagai “Superformula”, yang ternyata kini punya hak paten. Benar sekali, ini jadi masalah baru lagi untuk No Man’s Sky.

Rumus Superformula racikan professor dari University of Antwerp – Johan Gielis yang memungkinkan desainer untuk menciptakan dunia yang banyak dengan resource terbatas ini memang jadi basis rumus yang digunakan Hello Games untuk membangun No Man’s Sky. Hal ini sempat ia akui lewat wawancara dengan The New Yorker tahun lalu. Satu yang tak diketahui Hello Games? Rumus tersebut ternyata sudah punya hak patennya sendiri sejak tahun 2002 silam. Perusahaan yang memegang hak paten tersebut – Genicap secara terbuka mengaku akan butuh negosiasi jika No Man’s Sky dilepas ke pasaran, mengingat penggunaan rumus matematika tersebut dilakukan tanpa izin mereka.

Menciptakan dunia acak lewat rumus matematika - Superformula yang sudah dipatenkan, Hello Games menjadi sorotan.
Menciptakan dunia acak lewat rumus matematika – Superformula yang sudah dipatenkan, Hello Games menjadi sorotan.

Hello Games sendiri masih belum angkat bicara soal hal ini, namun jika berakhir jadi kenyataan, tuntutan hukum Genicap tentu akan menimbulkan masalah baru untuk game yang sudah beberapa kali mengalami penundaan ini. No Man’s Sky sendiri rencananya akan dirilis pada 9 Agustus 2016 mendatang untuk Playstation 4 dan PC.

Source: Eurogamer

Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…