Review INSIDE: Misteri Tanpa Jawaban!

Reading time:
July 13, 2016
Inside Jagatplay (1)

Bergairahnya scene game indie di industri game memang jadi sebuah fenomena yang pantas kita rayakan. Mengapa? Karena berbeda dengan game-game raksasa yang biasanya sangat berorientasi pada bisnis, game-game indie biasanya masih  membuka ruang yang cukup luas untuk eksperimen beragam konsep yang belum pernah ada sebelumnya. Maka Anda bertemu dengan game-game seperti Her Story, Dragon – That Cancer, hingga yang super absurd tetapi juga memesona di saat yang sama sekelas Stanley Parable. Namun untuk urusan genre platformer, “kerasnya” pesona Limbo dari atmosfer dunia hingga mekanik gameplay yang ditawarkan membuat popularitas PlayDead meroket secara instan. Tak heran jika banyak yang menantikan kehadiran proyek terbaru mereka – Inside.

Namun ada satu lagi langkah yang menurut kami berhasil membuat Inside berakhir jadi sebuah game yang begitu menarik perhatian. Tak seperti banyak game racikan developer lain yang biasanya sudah diperkenalkan sejak jauh-jauh hari dan terus mendapatkan detail seiring waktu berjalan, Inside berhasil mempertahankan bungkus misterinya sejak pertama diperkenalkan 2 tahun lalu tanpa banyak detail dibagikan kepada publik. Yang Anda, saya, dan semua gamer seluruh dunia tahu hanyalah ia berkisah tentang perjalanan seorang anak ke dalam sebuah laboratorium raksasa dengan proyek rahasia yang menyeramkan. Seperti halnya Limbo, atmosfer yang begitu kelam dan mengundang lebih banyak pertanyaan jadi nilai jual utama. Ada rasa penasaran untuk mencari tahu apa yang sebenarnya yang tengah terjadi.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Inside ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah game yang menawarkan misteri tanpa jawaban? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Seperti sensasi yang mereka tawarkan di Limbo, tak ada jaminan Anda akan mengerti apa yang tengah terjadi ketika menyelesaikan Inside ini.
Seperti sensasi yang mereka tawarkan di Limbo, tak ada jaminan Anda akan mengerti apa yang tengah terjadi ketika menyelesaikan Inside ini.

Anda yang sudah sempat memainkan Limbo di masa lalu tampaknya sudah familiar dengan cara PlayDead “bekerja”. Developer yang satu ini memang terkenal tak pernah menawarkan plot secara eksplisit, dengan dukungan dialog atau ragam scene sinematik misalnya. Mereka lebih mendorong Anda untuk mencari tahu apa yang hendak mereka sampaikan lewat animasi karakter, reaksi yang mereka perlihatkan, dan akhirnya – cerita apa yang sebenarnya tengah terjadi.

Anda berperan sebagai seorang anak yang tak hanya berusaha bertahan hidup, tetapi juga memasuki sebuah tempat misterius.
Anda berperan sebagai seorang anak yang tak hanya berusaha bertahan hidup, tetapi juga memasuki sebuah tempat misterius.
“Apa yang sebenarnya tengah terjadi?” akan jadi kalimat pertanyaan yang terus berulang di kepala Anda.
Semakin dalam Anda masuk, semakin Anda mengerti bahwa ada yang salah dengan semua ini.
Semakin dalam Anda masuk, semakin Anda mengerti bahwa ada yang salah dengan semua ini.

Jadi, plot seperti apa yang ditawarkan oleh Inside ini? Bahkan hingga saat review ini ditulis, dengan beberapa pencarian yang sempat kamii lakukan, tak ada yang tahu pasti apa yang sebenarnya game ini tawarkan. Yang Anda tahu, Anda berperan sebagai seorang anak kecil yang seperti tengah terjebak di situasi dunia post-apocalyptic yang rumit. Terlepas dari bentuk Anda yang manusiawi, entah mengapa, Anda jadi target sekelompok orang yang sepertinya melakukan sebuah eksperimen rahasia untuk kepentingan yang juga tak jelas. Semakin dalam Anda masuk ke dalam badan penelitian ini, semakin banyak pertanyaan yang muncul. Anda bertemu dengan banyak hal yang tak akan pernah Anda perkirakan sebelumnya.

Alih-alih sebuah kesimpulan, game ini akan mendorong lebih banyak tanda tanya ke otak Anda.
Alih-alih sebuah kesimpulan, game ini akan mendorong lebih banyak tanda tanya ke otak Anda.

Apakah Anda akan punya kesimpulan yang jelas setelah berhasil menyelesaikan game yang hanya berdurasi sekitar 3-4 jam ini? Sayangnya tidak. Seperti halnya kami, besar kemungkinan Anda juga akan memanen lebih banyak pertanyaan dan misteri yang kemudian tumbuh menjadi lebih banyak teori dan spekulasi. Namun satu hal yang menarik, ini adalah jenis game yang akan berakhir membuat Anda berusaha mencari lebih banyak informasi, terlibat dalam ragam diskusi, dan kemudian menarik kesimpulan apa yang sebenarnya terjadi. Apakah Inside akan memukau semua jenis gamer? Untuk Anda yang mencari sebuah gam dengan konklusi jelas di sisi plot, ini sudah jadi catatan tersendiri.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…